Sambut Ramadhan dengan Suka Cita Bersama Keluarga

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Masing-masing orang muslim dalam menyambut bulan ramadhan memang memiliki style atau gaya yang berbeda-beda. Ada yang memaknainya dengan bulan yang penuh dengan nikmat sehingga harus berbeda perlakuannya dibandingkan bulan lainnya dan ada yang biasa saja.

Namun dari berbagai macam pemaknaan terhadap bulan ramadhan. Hal yang paling istimewa adalah ketika kita bisa menyambut bulan suci ramadhan bersama keluarga kita di rumah.

Bersama keluarga kita dapat menyambut bulan ramadhan dengan penuh suka cita. Selain itu, bulan ramadhan ini biasanya dijadikan sebagai waktu yang paling tepat untuk berkumpul dengan keluarga.

Selain dapat berkumpul bersama, berikut keuntungan lain jika anda menyambut bulan ramadhan bersama dengan keluarga:

  1. Menyantap sahur dan berbuka bersama

Jika anda termasuk anak kost atau merantau dan jauh dengan keluarga karena pekerjaan atau sekolah. Momen sahur dan berbuka puasa akan lebih nikmat ketika anda menjalankan puasa di rumah bersama keluarga. Karena anda tidak perlu susah-susah memasak makanan sendiri, tetapi sudah tersedia di meja makan. Dan tentunya akan lebih enak dan menyenangkan ketika dapat menyantap sahur dan berbuka bersama keluarga.

  1. Sebagai sarana untuk memperkuat kekeluargaan

Menyambut bulan ramadhan bersama keluarga dapat memperkuat nilai-nilai kekeluargaan diantara anggota keluarga.

  1. Keluarga sakinah saat ramadhan

Selain itu, ramadhan berrsama keluarga juga dapat digunakan sebagai waktu yang tepat dalam memulai proses menjadi keluarga yang sakinah mawaddah dan rahmah. Keluarga yang sakinah akan memanfaatkan bulan ramadhan menjadi waktu untuk beribadah dan bulan untuk pembinaan ketakwaan anggota keluarganya.

  1. Melaksanakan ibadah bersama

Melakukan hal yang baik memang tidak harus bergantung dengan orang lain. Tetapi ketika bisa menjalankan kebaikan bersama keluarga tentu akan lebih menyenangkan bukan. Ketika ramadhan anda dapat melakukan amalan bersama keluarga seperti shalat fardhu bersama, shalat tharawih, bertadarus bahkan shalat tahajud bersama.

  1. Sebagai sarana memberikan pendidikan

Bulan ramadhan juga dapat anda gunakan untuk memberikan pendidikan kepada keluarga dalam berbagai aspek. Baik pendidikan keilmuan maupun pendidikan praktek. Dan khususnya pendidikan mengenai menjalankan ibadah di bulan ramadhan dengan baik dan benar.

  1. Bulan ramadhan menjadi lebih bermakna

Ketika menjalankan ramadhan bersama keluarga akan memberikan makna yang lebih dibandingkan melaksanakannya sendiri. Dengan keluarga kita bisa melakukan semuanya secara bersama, sehingga puasa kita juga tidak hanya dimaknai dengan menahan haus dan lapar saja. Puasa akan menjadi lebih berkah. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here