Sayangi Mata dari Bahaya Sinar Laser

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mata adalah salah satu panca indra kita yang begitu penting, maka dari itu menjaganya tetap dalam keadaan terbaik sudah tentu harus dilakukan. Terlebih lagi karena mata memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi. Merawat dan menjaga mata juga tetap harus dengan cara yang tepat. Tetapi topik kita kali ini bukan tentang bagaimana merawat mata kita secara luas, melainkan dari bahaya yang ditimbulkan oleh sinar laser. Sinar laser belakangan ini memang begitu populer, terlebih ketika beberapa diantaranya dikemas dalam mainan atau bahkan pada alat digital tertentu. Karena hal inilah yang memungkinkan mata kita secara tidak sengaja terpapar oleh sinar laser. Lantas seberapa berbahaya sinar laser ini sebenarnya bagi mata kita?

Pada dasarnya ini bergantung pada intensitas sinar tersebut ketika mengenai mata kita. Terdapat frekuensi yang berbeda- beda  pada gelombang laser yang sering kita temui. Jika beberapa penelitian menyatakan bahwa paparan laser berbahaya bagi tubuh terutama untuk frekuensi yang tinggi dapat menyebabkan gangguan fungsi pada beberapa organ begitu juga yang dapat terjadi ketika sinar tersebut mengenai mata. Sinar laser pada skala kecil akan menimbulkan rasa silau pada mata, yang terburuk jika sinar laser mengenai retina adalah dapat menyebabkan kebutaan permanen.

Kebutaan oleh efek sinar laser ini terjadi karena retina mengalami kerusakan. Jika keadaan telah berada dalam fase ini maka tidak ada yang dapat dilakukan kecuali mengganti retina melalui donor retina. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk menghindari paparan laser sebagai upaya pencegahan tentunya. Upaya untuk dapat menghindarkan mata kita dari bahaya sinar laser tersebut diantaranya:

  1. Hindari penggunaan alat apapun yang menggunakan kombinasi sinar laser
  2. Gunkana kacamata anti radiasi ketika memang harus berhadapan dengan laser
  3. Redam sinar laser dengan lapisan kaca
  4. Menjaga kebersihan mata dan juga daya tahan mata tersebut dengan sehat
  5. Lakukan pemeriksaan secepatnya jika sekiranya terjadi paparan laser dimata

Mengingat bahwa mata memiliki daya tahan yang begitu rentan terutama sensitif terhadap alergi tidak hanya laser saja berbahaya bagi mata tetapi juga faktor lingkungan yang lain. Berikut ini beberapa tips agar mata tetap sehat dan tidak mudah mengalami kerusakan atau bahkan penyakit tertentu akibat paparan lingkungan luar:

  • Mengkonsumsi makanan sehat terutama makanan dengan kandungan vitamin A
  • Hindari polusi dari mata, dengan menggunakan pelindung mata
  • Berikan waktu istirahat cukup pada mata agar dapat tetap segar

Ketika mata kita memiliki daya tahan yang kuat maka paparan laser dalam skala kecil yang terkadang tidak sengaja terjadi dapat diatasi oleh mata. Hal ini juga sebagai wujud antisipasi karena tidak pernah kita dapat menduga akan terkena sinar laser dalam skala tertentu, kecuali pada tempat maupun komponen yang dapat kita hindari sejak awal. Memang mencegah selalu lebih baik dari mengobati.(WDA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY