Sayuran Mengatasi Sembelit

SehatFresh.com – Konstipasi atau sering disebut sembelit adalah kelainan pada sistem pencernaan di mana seorang manusia (atau mungkin juga pada hewan) mengalami pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya. Konstipasi yang cukup hebat disebut juga dengan obstipasi, apabila cukup parah dapat menyebabkan kanker usus yang berakibat fatal bagi penderitanya.

Bagi penderita sembelit, dibutuhkan makanan yang dapat memperlancar sembelit, serta mengandung serat yang tinggi. Berikut beberapa sayuran yang dapat mengatasi sembelit:

  • Brokoli
    Seperti halnya ubi jalar, brokoli juga merupakan sumber serat tinggi. Menyajikannya dalam menu makan Anda, baik sebagai sayuran ataupun lalapan mentah akan membantu mengatasi masalah susah Bbuang air besar pada diri.
  • Wortel

Wortel kaya betakaroten (vitamin A), zat gizi penting yang diperlukan oleh mata. Serat yang terkandung pada wortel menaikkan volume feses hingga 25% sehingga urusan ke belakang menjadi lancar.

  • Bayam

Bayam termasuk dalam jenis sayuran berserat, maka bayam juga dapat memperlancar buang air besar.

  • Kubis

Kubis, kol, kobis, atau kobis bulat adalah nama yang diberikan untuk tumbuhan sayuran daun yang populer.  Kubis segar mengandung banyak vitamin (A, beberapa B, C, dan E). Sayuran ini juga berserat tinggi sehingga dapat memperlancar buang air besar Anda.

  • Buncis

Buncis juga mengandung serat dan enzim yang cukup tinggi sehingga membantu lambung mencerna lebih baik. Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, buncis tentunya sangat baik dimasukkan dalam menu harian Anda. Serat yang baik mencegah Anda terserang konstipasi atau sembelit.

Tidak hanya sayuran, cara mengatasi sembelit juga bisa dilakukan dengan banyak minum air putih minimal delapan gelas per hari.

Sumber gambar : www.blog.eriknerum.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY