Sayuran yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Asam urat yaitu jenis penyakit persendian yang disebabkan karena menumpuknya kristal-kristal asam urat dalam sendi. Penyembuhan asam urat memang tidak bisa secara instan atau cepat. Akan tetapi, bagi Anda yang menderita sakit asam urat, sebaiknya menghindari jenis-jenis makanan yang mengandung zat purin tinggi untuk mengurangi serapan purin dalam tubuh. Karena jika zat purin dalam tubuh Anda tidak dikendalikan dapat memperparah kondisi asam urat Anda. Jenis sayuran yang aman dikonsumsi penderita asam urat yaitu sebagai berikut:

  1. Sayur Pare

Pare adalah jenis sayuran yang terkenal memiliki cita rasa sangat pahit. Pare juga jenis sayur untuk asam urat karena pare bisa meredakan pembengkakan asam urat karena memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi yaitu sekitar 40% AKG. Dimana vitamin C tersebut berperan sebagai anti-inflamasi untuk meredakan pembengkakan. Manfaat pare untuk kesehatan meliputi membantu mengobati diabetes, meningkatkan produksi insulin, mencegah obesitas dan dapat meredakan pembengkakan pada penderita asam urat.

  1. Daun Selada

Daun selada juga baik dikonsumsi oleh penderita asam urat tanpa menimbulkan efek yang memperparah asam urat. Daun selada kaya akan vitamin seperti vitamin A, C, E dan K. Selada juga mengandung zat- zat penting lainnya seperti etakaroten, seng, asam folat, magnesium, kalsium, zat besi, mangan, fosfor, dan natrium.

  1. Daun Serai

Daun serai berperan sebagai anti-inflamasi untuk mengatasi keluhan arthritis, radang saluran kemih dan juga asam urat. Daun serai memiliki sifat antiseptik sehingga dapat membersihkan tubuh Anda dari infeksi jamur, bakteri dan membersihkan darah dari limbah asam urat berbahaya. Tidak hanya itu saja, kandungan zat besi yang tinggi pada daun serai bermanfaat bagi penderita anemia. Serai yang dicampur dengan teh dapat membantu membersihkan detoksifikasi pankreas dan menurunkan tingkat gula darah.

  1. Seledri

Disamping sebagai penyedap masakan, daun seledri ternyata mampu menurunkan kadar asam urat dan kolesterol di dalam darah. Daun seledri merupakan bahan penyedap makanan, seperti pasta, sup, salad dan sebagainya.

  1. Sawi Hijau dan Sawi Putih

Sawi hijau baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi dan juga asam urat. Kandungan utama pada sawi hijau mencakup vitamin C, vitamin E, vitamin A, vitamin B, zat besi beta karoten, kalium, fosfor, zat besi, kalsium serta kandungan serat yang tinggi. Sawi putih hampir sebagian besar memiliki kandungan penting seperti sawi hijau. Sawi putih bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler dengan mencegah asupan radikal bebas berlebihan dalam tubuh. Manfaat sawi putih lainnya adalah untuk mengobati influenza, luka memar, rematik atau nyeri sendi dan bisul.

  1. Brokoli

Manfaat-manfaat penting pada brokoli antara lain, sebagai anti-kanker (mengurangi resiko kanker payudara, kanker usus, kanker paru-paru), anti penuaan, melancarkan sistem pencernaan, menjaga kekebalan tubuh, menjaga penglihatan, memperkuat tulang, mencegah anemia dan melindungi terhadap radiasi sinar ultraviolet. Manfaat yang tak kalah penting lainnya adalah bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat karena dapat mencegah racun yang masuk termasuk asam urat sebagai bentuk radikal bebas bagi tubuh. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here