SCOLIOSIS

DEFINISI
Scoliosis adalah kelengkungan tulang belakang menyamping yang paling sering terjadi pada percepatan pertumbuhan sebelum masa pubertas. Sementara scoliosis dapat disebabkan oleh kondisi seperti kelumpuhan cerebral dan kekurangan gisi otot, penyebab scoliosis secara pasti tidak diketahui.

Kebanyakan kasus scoliosis bersifat ringan, tetapi beberapa anak-anak mengembangkan kelainan tulang belakang yang semakin parah saat mereka tumbuh. Scoliosis yang parah dapat menonaktifkan. Lengkungan tulang belakang khususnya yang parah dapat mengurangi jumlah ruang dalam dada, sehingga sulit untuk paru-paru berfungsi dengan baik.

Anak-anak yang menderita scoliosis ringan dipantau secara teliti, biasanya dengan X-ray, untuk melihat jika lengkunnganya semakin parah. Dalam banyak kasus, tidak ada pengobatan yang diperlukan. Beberapa anak harus memakai penjepit untuk menghentikan lengkungan agar memburuk. Orang lain mungkin perlu operasi agar scoliosis tidak memburuk dan untuk meluruskan scoliosis yang parah.

GEJALA
Tanda-tanda dan gejala scoliosis dapat mencakup:

  • Bahu tidak rata
  • Satu bahu muncul lebih menonjol daripada yang lain
  • Pinggang tidak rata
  • Satu pinggul lebih tinggi daripada yang lain

Jika lengkungan scoliosis semakin buruk, tulang belakang juga akan memutar atau berbelit, selain lengkung sisi ke sisi. Hal ini menyebabkan tulang rusuk di satu sisi tubuh untuk tetap keluar lebih jauh daripada di sisi lain. Scoliosis parah dapat menyebabkan nyeri punggung dan kesulitan bernapas.

Kapan Anda harus menemui dokter
Segera temui dokter jika Anda melihat tanda-tanda atau gejala scoliosis pada anak Anda. Lengkungan yang ringan, namun dapat berkembang tanpa diketahui karena mereka muncul secara bertahap dan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Kadang-kadang, rekan guru, teman, dan team olahraga Anda adalah yorang pertama yang memperhatikan scoliosis tersebut.

PENYEBAB
Dokter tidak tahu apa yang menyebabkan kebanyakan jenis scoliosis, meskipun mungkin faktor keturunan terlibat, karena gangguan cenderung berjalan dalam keluarga. Jenis-jenis scoliosis yang lebih umum dapat disebabkan oleh:

  • Kondisi neuromuskular, seperti kelumpuhan cerebral atau kekurangan gizi otot
  • Cacat lahir yang mempengaruhi perkembangan tulang tulang belakang
  • Cedera atau infeksi tulang belakang

FAKTOR RESIKO
Faktor risiko untuk mengembangkan kebanyakan jenis scoliosis meliputi:

  • Usia. Tanda dan gejala biasanya dimulai selama Percepatan pertumbuhan yang terjadi hanya sebelum masa pubertas. Hal ini biasanya antara usia 9 dan 15 tahun.
  • Jenis kelamin. Meskipun laki-laki dan perempaun mengembangkan scoliosis ringan tingkat yang sama, gadis memiliki risiko yang lebih tinggi dari lengkungan scoliosis memburuk dan memerlukan perawatan.
  • Sejarah keluarga. Scoliosis dapat dijalankan dalam keluarga, tetapi kebanyakan anak-anak dengan scoliosis tidak memiliki riwayat penyakit dalam keluarga mereka.

KOMPLIKASI
Sementara kebanyakan orang dengan scoliosis memiliki bentuk gangguan yang ringan, scoliosis kadang-kadang dapat menyebabkan komplikasi, termasuk:

  • Kerusakan paru-paru dan hati. Dalam kasus scoliosis parah, rusuk dapat menekan paru-paru dan jantung, membuatnya lebih sulit untuk bernapas dan sulit bagi jantung untuk memompa.
  • Masalah punggung. Orang dewasa yang memiliki scoliosis semasa anak-anak lebih mungkin untuk memiliki kronis sakit punggung daripada orang-orang di populasi umum.
  • Penampilan. Selama scoliosis memburuk, dapat menyebabkan perubahan yang lebih terlihat termasuk bahu yang tidak rata, iga yang menonjol, pinggul tidak rata, dan pergeseran pinggang dan punggung ke samping. Individu dengan scoliosis sering menjadi kurang percaya diri dengan penampilan mereka.

PERSIAPAN SEBELUM KONSULTASI
Dokter anak Anda mungkin memeriksa scoliosis secara rutin disetiap kunjungan. Banyak sekolah yang juga memiliki program untuk pemutaran scoliosis. Pemeriksaan fisik sebelum partisipasi olahraga sering mendeteksi scoliosis. Jika Anda diberitahu bahwa anak Anda mungkin menderita scoliosis, segera menemui dokter untuk memastikan kondisi anak Anda.

Apa yang dapat Anda lakukan
Sebelum konsultasi, Tulislah sebuah daftar yang mencakup:

  • Deskripsi rinci tanda-tanda dan gejala anak Anda
  • Informasi tentang masalah medis anak Anda di masa lalu
  • Informasi tentang masalah medis yang cenderung diturunkan dalam keluarga Anda
  • Pertanyaan-pertanyaan yang Anda ingin tanyakan kepada dokter

Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter
Dokter dapat menanyakan beberapa pertanyaan berikut:

  • Kapan Anda pertama kali melihat masalahnya?
  • Apakah hal ini menyebabkan rasa sakit?
  • Apakah anak Anda mengalami kesulitan bernapas?
  • Adakah anggota keluarga Anda yang dirawat untuk kondisi scoliosis?
  • Apakah anak Anda tumbuh pesat selama enam bulan terakhir?

TES DAN DIAGNOSIS
Dokter awalnya akan mengambil riwayat medis secara lengkap dan mungkin mengajukan pertanyaan tentang pertumbuhan baru. Selama tes fisik, dokter Anda mungkin meminta anak Anda berdiri dan kemudian membungkuk ke depan dari pinggang, dengan lengan menggantung longgar, untuk melihat apakah salah satu sisi rusuk lebih menonjol daripada yang lain.

Dokter juga dapat melakukan pemeriksaan neurologis untuk memeriksa:

  • Kelemahan otot
  • Mati rasa
  • Refleks abnormal

Tes pencitraan
X-ray datar dapat mengkonfirmasikan diagnosis scoliosis dan mengungkapkan tingkat keparahan kelengkungan tulang belakang. Jika dokter mencurigai hal yang mendasari kondisi Anda seperti tumor sebagai penyebab scoliosis, dokter dapat merekomendasikan ter pencitraan tambahan, termasuk:

  • Magnetic resonance imaging (MRI). MRI menggunakan gelombang radio dan Medan magnet yang kuat untuk menghasilkan gambar yang sangat rinci akan tulang dan jaringan lunak.
  • Computerized tomography (CT). CT scan menggabungkan X-Ray yang diambil dari berbagai arah untuk menghasilkan gambar yang lebih rinci daripada X-ray datar.
  • Scan tulang. Scan tulang melibatkan injeksi bahan radioaktif, yang melakukan perjalanan ke bagian tulang Anda yang terluka atau penyembuhan.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN
Kebanyakan anak-anak dengan scoliosis memiliki lengkungan ringan dan mungkin tidak memerlukan pengobatan dengan penjepit atau operasi. Anak-anak yang menderita scoliosis ringan mungkin perlu pemeriksaan setiap empat sampai enam bulan untuk melihat jika ada perubahan pada lengkungan tulang belakang mereka.

Walaupun ada pedoman untuk lengkunagn ringan, sedang dan berat, keputusan untuk memulai perawatan selalu dibuat secara individual. Faktor yang perlu dipertimbangkan termasuk:

  • Jenis kelamin. Perempuan memiliki risiko yang lebih tinggi dalam perkembangan daripada anak laki-laki.
  • Tingkat keparahan lengkunagn. Lengkungan yang lebih besar lebih cenderung memburuk seiring dengan waktu.
  • Pola lengkungan. Lengkungan ganda, juga dikenal sebagai lengkungan bentuk S, cenderung memburuk daripada bentuk C.
  • Lokasi lengkungan. Lengkungan yang terletak di bagian pusat (dada) tulang belakang lebih sering memburuk daripada kurva di bagian atas atau bawah tulang belakang.
  • Kedewasaan. Jika tulang anak telah berhenti tumbuh, risiko perkembangan lengkungan lebih rendah. Itu juga berarti bahwa kawat gigi memiliki efek pada kebanyakan anak-anak dimana tulang mereka masih tumbuh.

Kawat gigi
Jika tulang anak Anda masih tumbuh dan ia telah menderita scoliosis moderat, dokter Anda dapat merekomendasikan penjepit. Memakai penjepit tidak akan menyembuhkan scoliosis, atau membalikkan lengkungan, tetapi biasanya mencegah perkembangan lengkungan lebih lanjut.

Kebanyakan Kawat gigi dipakai siang dan malam. Efektivitas penjepit meningkat dengan jumlah jam sehari ini dikenakan. Anak-anak yang memakai kawat gigi biasanya dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan dan memiliki beberapa batasan. Jika perlu, anak-anak dapat melepas landas penjepit untuk berpartisipasi dalam olahraga atau kegiatan fisik lainnya.

Kawat gigi dihentikan setelah tulang berhenti tumbuh. Hal ini biasanya terjadi:

  • Sekitar dua tahun setelah gadis mulai menstruasi
  • Ketika anak laki-laki perlu untuk bercukur setiap hari
  • Ketika tidak ada perubahan yang lebih tinggi

Kawat gigi terdiri dari dua jenis utama:

  • Penjepit ketiak atau jenis yang nyaman. Jenis penjepit terbuat dari bahan plastik yang modern dan dibentuk untuk menyesuaikan dengan tubuh. Juga disebut thoracolumbosacral orthosis, brace ketat ini hampir tak terlihat di bawah pakaian, karena cocok di bawah lengan dan sekitar rusuk, punggung dan pinggul. Kawat gigi ketiak tidak berguna untuk lengkungan di tulang belakang bagian atas atau leher.
  • Penjepit Milwaukee. Brace penuh-torso ini memiliki cincin leher dengan sisanya untuk dagu dan bagian belakang kepala. Penjepit memiliki palang datar di depan dan dua palang datar di belakang. Karena lebih rumit, kawat gigi Milwaukee biasanya digunakan hanya dalam situasi dimana penjepit ketiak tidak membantu.

Operasi
Scoliosis yang bersifat parah biasanya berkembang seiring dengan waktu, sehingga dokter mungkin menyarankan operasi scoliosis untuk mengurangi keparahan lengkungan tulang belakang dan mencegah agar tidak semakin buruk. Jenis yang paling umum operasi scoliosis disebut fusi tulang belakang.

Fusi tulang belakang, dokter bedah menghubungkan dua atau lebih tulang di tulang belakang (vertebra) secara bersama-sama, sehingga mereka tidak dapat bergerak secara independen. Potongan-potongan tulang seperti bahan ditempatkan antara vertebra. Logam batang, kait, sekrup atau kabel biasanya memegang bagian tulang punggung yang lurus dan sementara bahan tulang lama dan baru di sekering bersama-sama.

Pembedahan biasanya ditunda sampai setelah tulang berhenti tumbuh. Jika scoliosis maju dengan pesat di usia muda, ahli bedah dapat menginstal sebuah batang yang dapat menyesuaikan panjang sesuai pertumbuhan anak Anda. Tongkat ini tumbuh melekat pada bagian atas dan bawah tulang belakang yang melengkung, dan biasanya diperpanjang setiap enam bulan. Komplikasi dari operasi tulang belakang mungkin termasuk perdarahan, infeksi, sakit atau kerusakan saraf. Jarang terjadi, penyembuhan tulang gagal dan operasi lain mungkin diperlukan.

GAYA HIDUP DAN PERAWATAN DI RUMAH
Meskipun latihan terapi fisik tidak bisa menghentikan scoliosis, latihan umum atau berpartisipasi dalam olahraga mungkin memiliki manfaat meningkatkan keseluruhan kesehatan dan kesejahteraan Anda.

PENGOBATAN ALTERNATIF
Studi menunjukkan bahwa pengobatan untuk scoliosis berikut tidak efektif:

  • Chiropractic manipulasi
  • Stimulasi listrik otot
  • Biofeedback

CARA MENGATASI DAN DUKUNGAN
Mengatasi scoliosis adalah hal sulit bagi orang muda pada tahap yang sudah rumit. Remaja dibombardir dengan perubahan fisik dan tantangan emosional dan sosial. Diagnosis tambahan diagnosis scoliosis, kemarahan, ketidakamanan dan ketakutan dapat terjadi.

Kelompok dukungan memiliki dampak yang signifikan pada penerimaan anak atau scoliosis pada remaja, kawat gigi atau Bedah. Doronglah anak Anda untuk berbicara dengan teman-teman nya dan meminta dukungan mereka.

Mempertimbangkan bergabung dengan sebuah kelompok dukungan untuk orang tua dan anak-anak dengan scoliosis. Anggota kelompok dukungan dapat memberikan saran, pengalaman nyata dan membantu Anda berhubungan dengan orang lain dalam menghadapi tantangan yang sama.