Scrub Wajah Alami untuk Hilangkan Komedo

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Memiliki wajah yang bersih dan cantik tentunya sangat menjadi idaman semua wanita, tetapi apa jadinya ketika pada wajah anda nampak terlihat jelas komedo yang membuat tampilan menjadi kurang sempurna.

Selain pada jerawat komedo juga merupakan masalah kulit wajah yang bisa dialami oleh siapa saja. Terlebih lagi pada seseorang yang mempunyai wajah yang berminyak. Komedo sendiri terbentuk karena pori-pori kulit yang tersumbat oleh sel kulit mati, keratin, minyak atau kotoran lainnya. Hal tersebut disebabkan karena perubahan hormon dalam tubuh anda seperti jika pada masa pubertas. Kondisi ini juga dapat dialami ketika anda stres, merokok, dan malas untuk membersihkan muka atau seseorang yang mengkonsumsi alkohol dan kafein.

Ada beberapa cara untuk mengatasi komedo pada kulit wajah anda, cara ini alamiah yaitu dengan scrub alami. Meski scrub dapat menghilangkan komedo tetapi jika anda gunakan berlebihan malah akan mengakibatkan komedo yang lebih banyak, untuk itu gunakan scrub 2-3 kali dalam seminggu. Untuk mendapatkan hasil yang sesuai keinginan anda, ada beberapa cara untuk membuat scrub alami seperti:

  1. Campurkan garam dan lemon

Lemon di sini sangat efektif untuk membersihkan kotoran dan debu yang ada di wajah karena mengandung asam sitrus, sehingga mencegah komedo, tetapi juga jerawat. Aroma buah lemon juga membuat wajah lebih segar sedangkan garam mengandung sifat antibacterial yang dapat membunuh kuman dan batrei yang menyebabkan penyumbatan pada kulit.

  1. Perpaduan Brown sugar dan madu

Jenis bahan yang pali bagus digunakan yaitu madu yang mengandung antiseptik alami yang akan membunuh kuman dan bakteri penyumbat pori-pori. Juga dapat digunakan sebagai pelembab alami. Sedangkan brown sugar mampu mengelupaskan kulit mati serta mengandung alpha hydroxyl acids yang dapat menghilangkan racun dan kuman pada pori-pori wajah anda.

  1. Campurkan yogurt, oatmeal dan kulit jeruk

Oatmeal bahan yang  mampu menyerap kelebihan minyak dan mencegah komedo, dan kulit jeruk ini bisa menutrisi kulit anda sedang kan yogurt dapat digunakan untuk melembabkan kulit, ketiganya dicampurkan karena merupakan perpaduan bahan yang alami untuk kulit anda.

  1. Mencampurkan soda kue, dan perasan lemon dan susu bubuk

Cara ini untuk mengangkat kotoran serta sel-sel mati yang ada pada permukaan kulit wajah anda. Soda kue dapat membantu membersihkan wajah anda dari kotoran ataupun sel-sel kulit mati. Soda kue ini juga biasanya sering digunakan untuk menghilangkan komedo dan bekas jerawat. Campurkan dengan perasan lemon dan susu bubuk yang akan membantu pasta yang lembut di kulit wajah anda.

  1. Beras

Beras biasanya digunakan untuk bahan makan kita sehari-hari tetapi beras juga dapat di buat scrub tujuannya untuk membersihkan sel kulit mati dan komedo. Beras yang ingin dugunakan direndam terlebih dahulu semalam atau setidaknya kurang lebih 5 jam. Dan haluskan hingga menjadi adonan kental, kemudian gunakan untuk mengelupaskan kulit  mati denagn mengoleskan merata keseluruh wajah anda sambil menggosoknya secara perlahan dan bersihkan hingga bersih.

Ini lah 5 cara membuatan scrub yang alami yang dapat menghilangkan komedo dan bekas jerawat yang membandel yang dapat anda gunakan untuk perawatan muka secara alamiah. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here