Segarnya Nanas Bantu Atasi Batuk dan Flu

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Batuk dan flu bisa dikatakan penyakit langganan semua kalangan umumr. Terlebih saat musim hujan seperti saat ini. Karena begitu seringnya orang terkena batuk dan flu, kini banyak tersedia obat-obatan yang dijual bebas untuk mengatasi dua keluhan tersebut. Tapi, sebetulnya kita bisa memanfaatkan bahan alami. Salah satunya nanas. Buah yang manis dan segar ini telah diteliti dapat membantu mengatasi batuk dan flu yang menjengkelkan.

Kita tentu pernah melihat iklan berbagai obat dan suplemen kesehatan untuk batuk dan flu yang menekankan kandungan vitamin C yang tinggi. Memang vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang baik untuk menjaga sistem daya tahan tubuh sehingga dapat membantu penyembuhan batuk dan flu. Nanas memiliki kandungan vitamin C yang tinggi di mana satu porsi jus nanas dapat memenuhi 50 persen kebutuhan vitamin C harian.

Nanas juga mengandung mengandung bromelain, yaitu enzim yang memiliki sifat antiradang yang membantu melawan infeksi dan membunuh bakteri jahat dalam tubuh yang menjadi sumber penyakit. Minum jus nanas juga membantu menenangkan sakit tenggorokan dan membantu mengeluarkan lendir yang mengendap di dalamnya. Tak heran kalau nanas juga diyakini dapat membantu meringankan sinus akibat alergi. Masalah sinus sendiri merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami batuk berdahak.

Karena begitu bermanfaat, efek dari jus nanas segar disebut-sebut lima kali lebih efektif ketimbang sirup obat batuk. Untuk mendapatkan manfaatnya ini, nanas bisa dikonsumsi dengan cara dibuat jus, dimakan secara langsung, atau ditambahkan dalam masakan. Untuk mempercepat penyembuhan flu dan batuk, nanas bisa dibuat jus dan dikombinasikan dengan makanan lain yang juga baik untuk flu dan batuk, seperti lemon, jahe, dan madu. Pada orang yang sehat, nanas juga membantu menjaga daya tahan tubuh sehingga mengurangi kemungkinan tertular batuk dan flu dari orang lain. Terlebih nanas juga menyumbang asupan kalium dan mangan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan sel-sel tubuh.

Secara keseluruhan, nanas memang bermanfaat untuk batuk dan flu. Namun, penting untuk diketahui bahwa kandungan bromelain dalam nanas dapat berinteraksi dengan antibiotik jenis amoksisilin dan tetrasiklin. Jadi pastikan untuk tidak mengonsumsi nanas jika Anda menggunakan kedua obat tersebut. Selain itu, jika batuk atau flu yang diderita telah berlangsung lebih dari dua minggu. Segera periksakan diri dokter agar diketahui penyebab pastinya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY