Segudang Manfaat Mengonsumsi Coklat Hitam

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak orang menyukai cokelat karena rasanya yang enak dan bisa membuat jiwa menjadi rileks. Cokelat memang menjadi menu yang bisa merangsang hormon dopamine yang memberi rasa bahagia. Lalu apa saja manfaat dari kebiasaan mengkonsumsi cokelat hitam.

Apa Saja Manfaat dari Mengkonsumsi Cokelat Hitam?

  • Cokelat Hitam Mengandung Antioksidan

Kandungan antioksidan di dalam cokelat hitam sangat tinggi. Bahkan dilengkapi dengan senyawa organik aktif yang fungsinya sebagai antioksidan seperti flavanol, polifenol, dan katekin. Antioksidan sangat aktif sebagai radikal bebas bagi tubuh. Cokelat hitam juga banyak mengandung antioksidan yang jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan buah lainnya.

  • Cokelat Hitam Sangat Bernutrisi dan Mengandung Mineral Penting

Cokelat hitam memiliki kandungan kakao sangat tinggi sehingga sangat bergizi bagi tubuh. Serat di dalam cokelat hitam sangat besar. Selain itu di dalam cokelat hitam juga mengandung banyak nutrisi seperti mangan, magnesium, tembaga, fosfor, seng, selenium, dan kalium. Asam lemak pada cokelat hitam juga sangat besar seperti lemak jenuh dan tak jenuh tunggal. Selain itu di dalam cokelat juga mengandung theobronim dan kafein.

  • Cokelat Hitam dapat Memperlancar Pembuluh Darah

Flavanol yang terkandung dalam cokelat hitam dapat merangsang endothelium atau lapisan arteri untuk memproduksi nitrogen monoksida (NO). Fungsi dari NO ialah mengirimkan sinyal ke bagian arteri sehingga menjadi lebih rileks dan beban di aliran darah juga bisa menurun.

  • Cokelat Hitam dapat Mengatasi Penyakit Jantung dan Kardiovaskular

Cokelat hitam dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kardiovaskular. Cokelat hitam juga berperan aktif dalam meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dan menghambat oksidasi kolesterol LDL yang bisa menyumbat dan perlahan dapat merusak jaringan di area pembuluh darah.

  • Cokelat Hitam dapat Mengurangi Resistensi Insulin

Cokelat hitam dapat mengurangi resistensi insulin. Resistensi insulin ialah faktor yang dapat memunculkan berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes. Terlalu banyak mengkonsumsi cokelat sebanyak dua kali seminggu juga dapat membantu mengurangi pengapuran plak di area arteri hingga 32 persen.

  • Cokelat Hitam Meningkatkan Fungsi Otak

Peran kakao sangat baik dalam melancarkan aliran darah. Kakao juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Terlalu sering mengkonsumsi kakao yang tinggi flavanol selama 5 hari juga dapat memperlancar aliran darah ke otak.

Cokelat sangat bermanfaat bagi fungsi kognitif secara signifikan khususnya bagi orang usia lanjut. Zat stimulan seperti kafein dan teobromin di dalam cokelat juga dapat meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek.

Demikian informasi mengenai segudang manfaat ketika seseorang mengkonsumsi cokelat hitam. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here