Sehat Dengan Makan Dark Chocolate

SehatFresh.com – Dark chocolate (cokelat hitam) menawarkan manfaat kesehatan lebih dari cokelat susu atau cokelat putih. Cokelat hitam sarat dengan nutrisi dan manfaat positif yang baik bagi kesehatan. Dibuat dari biji pohon kakao, cokelat hitam adalah salah satu makanan yang menjadi sumber antioksidan terbaik. Studi menunjukkan bahwa cokelat hitam dapat meningkatkan secara keseluruhan.

  • Menangkal radikal bebas

Cokelat hitam sarat dengan senyawa organik yang aktif secara biologis dan berfungsi sebagai antioksidan. Ini termasuk polifenol, flavonoid, dan katekin. Antioksidan membantu mencegah kerusakan dalam tubuh yang disebabkan oleh stres oksidatif dan radikal bebas. Menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam Januari 2005 isu “American Journal of Clinical Nutrition”, polifenol dapat mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes dan osteoporosis. Sebuah artikel dalam jurnal “Experimental Biology and Medicine” pada Februari 2007 juga menyebutkan bahwa antioksidan yang ditemukan dalam cokelat juga dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh secara keseluruhan.

  • Meningkatkan sirkulasi darah

Senyawa bioaktif dalam kakao dapat meningkatkan aliran darah di arteri dan menyebabkan penurunan kecil tapi signifikan secara statistik pada tekanan darah. Flavonoid dalam cokelat hitam dapat merangsang endotel, lapisan arteri, untuk meningkatkan nitric oxide (NO) atau oksida nitrat. Salah satu fungsi dari NO adalah untuk mengirim sinyal ke arteri untuk rileks, yang menurunkan resistensi terhadap aliran darah dan mengurangi tekanan darah.

  • Menjaga kesehatan kardiovaskular

Senyawa-senyawa dalam cokelat hitam memberi efek perlindungan terhadap efek oksidasi kolesterol jahat. Ini berarti lebih sedikit kolesterol yang menyumbat arteri sehingga risiko penyakit jantung pun menurun.

  • Menjaga kesehatan kulit

Flavonoid dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan aliran darah ke kulit serta meningkatkan kepadatan dan kelembaban kulit.

  • Meningkatkan fungsi otak

Dark chocolate juga dapat meningkatkan fungsi otak. Kakao dapat secara signifikan meningkatkan fungsi kognitif pada orang lanjut usia dengan gangguan mental. Hal ini juga meningkatkan kemahiran verbal dan beberapa faktor risiko penyakit. Kakao juga mengandung zat stimulan seperti kafein dan theobromine, yang dapat meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek.

Kendati menyehatkan, bukan berarti bisa dikonsumsi semaunya setiap hari. Pasalnya, kandungan kalorinya cukup tinggi. Untuk alasan ini, cokelat hitam sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedang (satu ons per hari). Untuk mendapatkan manfaat sehatnya, pilih cokelat hitam dengan kandungan setidaknya 70% kakao. Semakin gelap warnanya, semakin sedikit kandungan gulanya.

Satu ons cokelat hitam dengan 60-69 persen kakao memiliki 164 kalori, 11 gram lemak dan 15 gram karbohidrat total serta menyediakan 2 gram protein dan 2 gram serat. Jumlah tersebut bisa berubah tergantung pada padatan kakao. Umumnya, satu ons cokelat hitam dengan 45-59 persen kakao memiliki 155 kalori dan 14 gram gula. Dalam cokelat dengan 70-85 persen kakao, kalori meningkat menjadi 170 tapi gula menurun menjadi sekitar 7 gram.

Sumber gambar : boombastis.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY