Sehat Jiwa Raga Berkat Yoga

SehatFresh.com – Yoga adalah latihan yang menggabungkan pose fisik, kendali pernapasan, dan meditasi atau relaksasi. Yoga memberikan manfaat fisik dan mental yang membantu Anda mendapatkan ketenangan tubuh dan pikiran. Yoga terdiri dari berbagai macam gaya, bentuk, dan intensitas. Secara umum, komponen inti dari semua gaya yoga adalah :

  • Pose : Pose atau postur adalah serangkaian gerakan yang dirancang untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas. Pose berkisar dari yang sederhana seperti berbaring di lantai hingga pose sulit yang mengharuskan Anda melakukan peregangan batas-batas fisik.
  • Pernapasan : Kendali pernapasan adalah bagian penting ketika berlatih yoga. Yoga mengajarkan bahwa mengendalikan pernapasan dapat membantu mengontrol tubuh dan menenangkan pikiran.
  • Meditasi atau relaksasi. Dalam yoga, Anda dapat menggabungkan meditasi atau relaksasi. Meditasi dapat membantu Anda belajar untuk menjadi lebih sadar dan menyadari situasi dan kondisi sekarang ini, bukan mengeluhkan atau menghindarinya.

Teknik-teknik relaksasi yang tergabung dalam yoga dapat mengurangi nyeri kronis, seperti nyeri punggung bawah, arthritis, sakit kepala, dan carpal tunnel syndrome. Manfaat fisik lainnya adalah meningkatkan fleksibilitas, meningkatkan kekuatan dan kekencangan otot, meningkatkan respirasi, energi dan vitalitas, menjaga metabolisme yang seimbang, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan peredaran darah, dan meningkatkan kinerja atletik.

Yoga, di mana di dalamnya ada penggabungan meditasi dan pernapasan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan mental seseorang. Manfaat mentalnya yang paling populer adalah membantu seseorang mengatasi stres. Di kehidupan saat ini, stres menjadi sesuatu yang sulit terhindarkan, terutama bila dikaitkan dengan beban pekerjaan. Stres seringkali ditandai dengan sakit leher atau punggung, masalah tidur, sakit kepala, penyalahgunaan narkoba, dan sulit berkonsentrasi. Yoga dapat membantu Anda mengembangkan keterampilan coping dan merangsang pandangan diri yang lebih positif terhadap kehidupan.

Yoga umumnya dianggap aman untuk kebanyakan orang sehat ketika dipraktekkan di bawah bimbingan instruktur terlatih. Tapi, yoga mungkin menimbulkan risiko pada orang-orang dengan kondisi, seperti cakram hernia, risiko penggumpalan darah, glaucoma, masalah keseimbangan, osteoporosis parah, tekanan darah yang tidak terkendali, dan kehamilan. Meskipun yoga umumnya aman dan disarankan untuk ibu hamil, pose tertentu mungkin harus dihindari karena dinilai berisiko. Oleh karenanya, yoga pada saat hamil juga sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter kandungan.

Secara keseluruhan, risiko efek samping ataupun cedera dari yoga cukup rendah. Namun, setiap orang memiliki tubuh yang berbeda dengan kemampuan yang berbeda. Maka dari itu, sebaiknya lakukan latihan yoga di bawah bimbingan instruktur terlatih, agar teknik dan gerakannya lebih tepat dan terarah, sehingga hasilnya pun lebih maksimal. Memilih instruktur yang berpengalaman dan yang mengerti kebutuhan juga penting untuk keefektifan berlatih yoga.

Sumber gambar : www.1000macammanfaat.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY