Sehatkan Jantung Janin Dengan Berolahraga

SehatFresh.com – Kehamilan adalah salah satu hal yang ditunggu oleh pasangan suami istri yang menginginkan memiliki buah hati. Menjaga kesehatan dan kebugaran selama kehamilan sangat penting untuk diperhatikan. Sayangnya, masih banyak ibu hamil yang ragu untuk melakukan olahraga saat hamil. Padahal rajin berolahraga saat hamil dapat memberi manfaat yang tidak hanya baik untuk ibu, tapi untuk janin juga.

Seperti diketahui salah satu manfaat populer dari olahraga adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Berolaharaga dapat membantu membakar sehingga menurunkan kadar gula darah dan aktifitas jantung memompa darah menjadi lebih lancar. Olahraga saat hamil ternyata bukan hanya memberi manfaat kesehatan bagi ibu saja melainkan juga berdampak baik pada kesehatan janin yang ada dalam kandungan.

Menurut penelitian dari California State University dan University of Greifswald di Jerman, olahraga dapat meningkatkan fungsi otot pembuluh darah pada janin, sehingga menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler seperti serangan jantung, dan stroke pada bayi hingga dewasa nanti. Ketika ibu berolahraga, otot polos dalam pembuluh darah janin akan berkembang dengan baik. Fungsi pembuluh darah yang meningkat akan berdampak jangka panjang hingga anak dewasa, sehingga dapat menekan risiko pengembangan penyakit kardiovaskuler nantinya. Jika otot jantung lebih kuat, detak jantung juga menurun sehingga jantung tidak perlu berupaya terlalu keras untuk menjalankan fungsinya dalam memompa darah.

Sebuah studi di Amerika Serikat, menyebutkan bahwa ibu yang berolahraga selama kehamilan, termasuk yang baru melakukannya di tiga bulan terakhir kehamilan, berarti sudah melindungi jantung milik bayi yang dikandungnya. Tekanan darah tinggi merupakan faktor utama yang memengaruhi kesehatan jantung. Penelitian lain juga menunjukkan bayi yang memiliki berat badan kecil saat lahir, lebih berisiko mengalami penyakit jantung koroner dan stroke di kemudian hari. Namun, kecenderungan tersebut dapat diubah melalui aktifitas yang dilakukan ibu saat menjalani kehamilan.

Banyak yang masih ragu akan keamanan olahraga saat hamil. Maka dari itu, sebaiknya konsultasikan pada dokter kandungan Anda untuk mendapatkan rekomendasi olahraga yang aman saat hamil. Ibu hamil bisa mulai membiasakan diri dengan melakukan olahraga ringan sekitar 30 menit setiap harinya, seperti berjalan kaki atau yoga. Selain bermanfaat bagi kesehatan jantung ibu dan bayi, olahraga saat hamil juga akan memudahkan proses persalinan nantinya.

Sumber gambar : imagefriend.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY