Seks Rutin Membuat Jiwa Lebih Sehat

SehatFresh.com – Melakukan hubungan intim adalah salah satu cara untuk menunjukkan rasa cinta kepada pasangan. Membahas tentang seks, manfaatnya ternyata bukan hanya sekedar memberi kepuasan secara fisik, melainkan juga bermanfaat bagi kesehatan jiwa seseorang. Berhubungan seks secara rutin bisa membuat Anda dan pasangan merasakan ketenangan batin sehingga membuat jiwa lebih sehat.

Dalam penelitiannya, ahli seksologi, Dr Alice Landas mengungkap bahwa ketika Anda melakukan hubungan seks, maka tubuh akan memproduksi hormon oksitosin yang dapat meredakan ketegangan. Oksitosin disebut juga dengan ‘hormon cinta’ tersebut memiliki peranan penting dalam memperkuat ikatan antarpasangan karena berpengaruh pada suasana hati. Seks merupakan cara ampuh untuk menjaga keintiman pasangan.

Berhubungan seks dengan pasangan memang dapat membuat “melayang-layang” karena kepuasan yang diperoleh saat melakukan hubungan intim tersebut. Hal ini terjadi karena ketika berhubungan intim, maka tubuh akan melepaskan senyawa dopamin. Senyawa tersebut merupakan neurotransmiter yang membantu mengontrol pusat kepuasan dan kesenangan di otak. Di samping itu, hormon oksitoksin juga memungkinkan seseorang untuk tidur lebih nyenyak. Dengan kualitas tidur yang baik, maka keadaan pikiran juga secara otomatis akan lebih sehat dibandingkan dengan orang yang kerap alami masalah tidur.

Sebuah studi terhadap 4.000 wanita di Amerika mengungkap bahwa wanita yang paling aktif secara seksual diketahui lebih bahagia, memiliki tingkat stres terendah, dan kondisi mental yang baik. Penelitian lain juga telah mencoba mencari hubungan, antara hubungan seks dan ketenangan pikiran, dan hasilnya menunjukkan bahwa melakukan hubungan seks secara rutin bisa menjauhkan seseorang dari kecenderungan stres.

Ketika Anda dibebani kondisi stres baik karena pekerjaan, kondisi keuangan, atau masalah lainnya, sebaiknya Anda pikirkan untuk melakukan hubungan seks bersama pasangan tercinta. Hasil penelitian membuktikan bahwa orang yang melakukan hubungan secara rutin, cenderung memiliki tingkat stres yang lebih rendah. Ketika melakukan seks, Anda dapat merasakan kepuasan dan kebahagiaan sehingga bisa menghilangkan rasa penat dalam pikiran.

Untuk mendapat manfaatnya baik secara fisik mau pun psikis, mulailah wujudkan seks sehat dengan mengatur jadwal yang tepat secara teratur dan tentunya dilakukan bersama pasangan yang sah dan cara seks yang sehat. Orang yang dapat memenuhi kebutuhan seksualnya secara seimbang dinilai akan lebih bisa mengendalikan diri dalam menghadapi berbagai permasalahan akibat tekanan emosional yang membebaninya.

Sumber gambar : www.soepeno.web.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY