Seks Sehat Didukung Kebersihan Tubuh Yang Baik

SehatFresh.com – Berhubungan intim tentunya merupakan momen yang sangat romantis dan personal. Namun, bercinta bukan hanya masalah sebatas foreplay, penetrasi, orgasme dan semuanya selesai. Ada etika dalam bercinta yang mungkin kurang Anda perhatikan, namun berkontribusi besar saat Anda bercinta, salah satunya pentingnya menjaga kebersihan terutama kebersihan organ intim.

Organ intim adalah organ tubuh yang paling sibuk saat berhubungan intim. Oleh karena itu, menjaga kebersihan organ intim adalah hal yang wajib dan tidak boleh diabaikan. Menjaga kebersihan tubuh dan organ intim dapat menghindarkan Anda dan pasangan dari penyakit. Berhubungan seksual dengan tubuh yang bersih akan membuat Anda lebih ekspresif dan semakin nyaman dalam mencoba berbagai gaya.

Berikut ini adalah cara menjaga kebersihan tubuh agar aktifitas seksual Anda dan pasangan lebih sehat:

Merapikan rambut kemaluan
Salah satu hal yang perlu Anda lakukan adalah merapikan bulu kelamin. Cukur dan rapikanlah rambut kemaluan untuk mencegah agar tidak menjadi sarang bakteri. Anda tidak disarankan untuk mencukurnya hingga habis karena rambut kemaluan juga diperlukan untuk pertumbuhan bakteri baik yang menjaga kesehatan organ vital Anda. Hal ini akan menjadi lebih penting jika Anda berada di daerah yang panas di mana tubuh lebih banyak mengeluarkan keringat. Kondisi tersebut semakin meningkatkan potensi perkembangbiakan bakteri.

Mencuci tangan
Sebelum dan setelah berhubungan intim, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dan kuku Anda. Pasalnya, tangan adalah sumber penyakit karena sering berinteraksi dengan banyak benda. Menjaga kebersihan tangan dapat mencegah terjadinya perpindahan kuman dan bakteri dari tangan ke daerah kelamin.

Buang air kecil
Terlepas dari hebatnya kenikmatan yang didapat setelah bercinta, perlu diingat bahwa sebelum dan setelah berhubungan seksual sebaiknya segeralah buang air kecil. Hal ini dapat mengurangi risiko infeksi saluran kemih dan memudahkan pembersihan bakteri yang mungkin masuk pada saat berhubungan seks.

Menjaga kebersihan vagina
Untuk menjaga kebersihan vagina, sebaiknya Anda selalu membasuhnya dengan air bersih. Anda tidak disarankan untuk terlalu sering menggunakan sabun pembersih khusus vagina. Meskipun produsen menyatakan bahwa produk tersebut dapat menjaga kesehatan daerah kewanitaan, namun sabun tersebut justru dapat memengaruhi keseimbangan kadar pH sehingga membuat vagina menjadi kering serta rentan iritasi. Saat membersihkan vagina, basuhlah dari depan ke belakang, kemudian gunakan handuk bersih untuk mengeringkannya.

Menjaga kebersihan penis
Sama seperti wanita, pria juga harus sadar mengenai pentingnya menjaga kebersihan alat kelamin mereka. Bagi Anda yang sudah disunat, bersihkan penis dengan cara membasuhnya perlahan dengan air hangat setiap kali mandi. Jangan lupa untuk membersihkan pangkal penis dan testis, di mana keringat dan rambut kemaluan tercampur sehingga bisa memicu timbulnya bau jika tidak dibersihkan dengan benar.

Sumber gambar : hypnotherapynewcastleanxiety.co.uk

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY