Seks Teratur Kurangi Kanker Prostat

SehatFresh.com – Berhubungan seks secara rutin dan teratur dengan pasangan ternyata menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan, penelitian menyebutkan bahwa hasrat untuk berhubungan intim sebenarnya sudah mampu menjadi energi positif yang mendorong naiknya sistem kekebalan tubuh sehingga Anda terhindar dari berbagai ancaman termasuk salah satunya kanker. Untuk pria dewasa, seks bukan hanya sekedar membahagiakan pasangan dan mendapat kepuasan, melainkan juga bisa menurunkan risiko terkena kanker prostat.

Kanker prostat merupakan ancaman yang menakutkan bagi sebagian besar pria. Hal ini dikarenakan kanker tersebut menyerang prostat, merupakan salah satu organ reproduksi pria. Kanker berawal ketika sel prostat mengalami mutasi dan mulai berkembang tidak terkendali. Sel kanker dapat menyebar dari prostat ke bagian tubuh lainnya. Kanker prostat dapat menimbulkan rasa sakit, kesulitan buang air kecil, disfungsi ereksi dan gejala lainnya. Pada tahun 2012, World Cancer Research Fund International telah mencatat lebih dari 1,1 juta kasus kanker prostat di seluruh dunia. Kanker prostat umumnya jarang menyerang pria yang berusia di bawah 45 tahun kecuali bila anggota keluarganya yang memiliki riwayat penyakit tersebut.

Penelitian telah mengungkap bahwa ejakulasi secara teratur dapat meminimalisir risiko penyakit bagi pria, terutama kanker prostat. Para peneliti dari Harvard Medical School yang meneliti studi ini menduga bahwa ejakulasi dapat membersihkan racun-racun dan hormon yang berpotensi menjadi kanker. Sementara itu, penelitian lain juga mengatakan bahwa pengeluaran sperma secara teratur dapat mengurangi penumpukan sel-sel lama yang mungkin dapat memicu kanker pada kelenjar prostat dan memungkinkan sel-sel baru untuk berkembang.

Pada tahun 1991, sebuah studi telah dilakukan dengan melibatkan sekitar 32.000 pria sehat selama 18 tahun. Para reponden pria tersebut diminta menyebutkan frekuensi rata-rata mereka berejakulasi pada usia 20 hingga 29, dan usia 40 hingga 49 tahun. Hasilnya, 3.839 orang yang terlibat dalam penelitian didiagnosis terkena kanker prostat. Pria yang berusia 40-49 tahun yang mengalami ejakulasi 21 kali atau lebih dalam sebulan dinilai memiliki penurunan risiko kanker prostat sebesar 22 persen. Kaum pria pada rentang usia ini dianjurkan untuk melakukan hubungan seksual 20 kali dalam sebulan.

Penelitian mengenai keterkaitan frekuensi bercinta dengan kanker prostat ini bukan kali yang pertama. Penelitian dari University of Montreal juga menemukan bahwa pria yang rutin berhubungan seksual dapat menurunkan risiko kanker prostat hingga 28 persen. Tentu saja aktifitas seksual tersebut dianjurkan untuk dilakukan dengan pasangan yang sah. Karena jika Anda sering bergonta-ganti pasangan, justru hanya akan menimbulkan masalah baru, seperti peningkatan risiko HIV/AIDS.

Sumber gambar : plus.google.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY