Seksual Timbul Karena Tekanan Darah Tinggi

SehatFresh.com¬† –¬†Anjuran kesehatan untuk menjaga tekanan darah tetap di bawah kontrol tentunya sudah tidak asing di telinga kita. Pasalnya, tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung koroner, gagal jantung, stroke, dan gagal ginjal. Selain masalah-masalah tersebut, tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan masalah dalam kehidupan seksual.

Saat darah bergerak melalui arteri, ada sejumlah kekuatan di sepanjang dinding arteri. Gaya ini adalah tekanan darah. Semakin tinggi tekanan darah, darah semakin dipaksa memberikan tekanan terhadap dinding tersebut. Seiring waktu, tekanan darah tinggi dapat merusak lapisan pembuluh darah yang mengarah ke penumpukan plak dan aterosklerosis (pengerasan arteri). Ketika ini terjadi, darah menjadi lebih sulit mengalir ke bagian penting dari tubuh.

Karena aliran darah ke penis merupakan mekanisme penting untuk ereksi, banyak pria dengan tekanan darah tinggi mengembangkan disfungsi ereksi, yang berarti mereka tidak bisa mendapatkan atau mempertahankan ereksi. Pria dengan tekanan darah tinggi juga mungkin memiliki masalah dengan ejakulasi dan libido. Selain pada pria, berkurangnya aliran darah ke alat kelamin juga dapat menjadi masalah bagi wanita. Ini bisa memengaruhi gairah, lubrikasi vagina dan orgasme.

Tekanan darah tinggi dan masalah kesehatan yang lain yang berkaitan dapat memengaruhi kehidupan seks pria dan wanita, bahkan melemahkan hubungan diantara keduanya. Pasangan mungkin kurang bergairah untuk seks, atau mungkin tidak merasa puas secara seksual. Sayangnya, obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan masalah seksual.

Umumnya, obat-obatan hipertensi seperti diuretik (pil air) bisa mengurangi kekuatan darah yang mengalir ke jaringan organ seksual. Akibatnya, organ seksual tidak mendapatkan pasokan darah yang memadai untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi. Menurut sejumlah ahli, diuretik mengandung zat-zat aktif yang sering kali menyebabkan ejakulasi dini bahkan disfungsi ereksi pada penggunanya.

Jika kondisi tekanan darah tinggi Anda dalam kondisi yang mengkhawatirkan, maka segeralah memeriksakan diri ke dokter agar dapat diidentifikasi akar penyebabnya. Penting juga untuk menjaga pola makan dengan menghindari jenis makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah. Karena beberapa obat hipertensi umumnya terkait dengan masalah seksual, tanyakan pada dokter apakah ada langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi efek samping dari obat tersebut.

Sumber gambar : kumpulan-askep.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY