SELULIT

DEFINSI
Selulit adalah istilah untuk daging yang kental, berlesung Pipit pada paha, pinggul, bokong dan perut. Selulit paling umum pada perempuan remaja dan dewasa. Selulit bukan kondisi medis yang serius, tapi itu bisa tak sedap dipandang. Selulit mungkin membuat Anda sadar diri untuk mengenakan celana pendek atau baju renang.

Banyak perawatan selulit, termasuk pijat atau krim selulit, mengiklankan hasil yang luar biasa. Sebagian besar pengobatan ini tidak bisa menguranginya. Peneliti sedang mempelajari perawatan medis yang mungkin. Sementara itu, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk sedikit mengurangi munculnya selulit.

GEJALA
Selulit tampak seperti kulit berlesung Pipit atau bergelombang. Ini kadang-kadang digambarkan seperti memiliki keju atau tekstur kupasan jeruk. Selulit ringan dapat dilihat hanya ketika mencubit kulit, lesung pitpit muncul di kulit terjepit. Selulit yang lebih parah membuat kulit tampak kusut dan bergelombang dengan wilayah puncak dan lembah.

Selulit paling umum di sekitar paha dan bokong, tetapi dapat ditemukan pada payudara, perut bagian bawah dan lengan atas.

Kapan Anda harus menemui dokter
Selulit bukan kondisi medis yang serius, dan pengobatan tidak diperlukan. Pada kenyataannya, banyak dokter mempertimbangkan selulit sebagai kejadian yang normal. Namun, jika Anda peduli tentang penampilan kulit Anda, temui dokter umum, dokter kulit atau dokter bedah plastik.

PENYEBAB
Selulit disebabkan oleh tali penghubung berseratyang menambatkan kulit untuk otot dasar, dengan segala lemak yang terletak diantaranya. Selama sel-sel lemak menumpuk, mereka mendorong kulit, sementara kabel yang panjang dan sulit menurun. Hal ini menciptakan permukaan tidak merata atau lesung pit tersebut

FAKTOR RESIKO
Selulit jauh lebih umum pada wanita dibandingkan pada pria. Pada kenyataannya, sebagian besar perempuan memiliki beberapa selulit. Hal ini karena lemak wanita biasanya didistribusikan di paha, pinggul dan pantat, hal yang umum untuk selulit. Selulit juga lebih umum dengan penuaan, ketika kulit kehilangan elastisitas.

Berat badan dapat membuat selulit lebih terlihat, tetapi beberapa orang ramping juga memiliki selulit. Cenderung adanya turunan dalam keluarga, sehingga genetik mungkin memainkan peran terbesar dalam mengembangkan selulit. Gaya hidup tidak aktif juga dapat meningkatkan kesempatan Anda memiliki selulit, seperti kehamilan.

PERSIAPAN SEBELUM KONSULTASI
Mempersiapkan daftar pertanyaan akan membantu Anda berkonsultasi secara efektif. Untuk selulit, beberapa pertanyaan dasar yang dapat Anda tanyaakan kepada dokter meliputi:

  • Apa tindakan terbaik yang dapat Saya lakukan?
  • Adakah pro dan kontra dai masing-masing perawatan?
  • Bagaimana dengan biaya perawatan??
  • Apa hasil yang bisa saya harapkan?
  • Apa jenis tindak lanjut yang dapat Saya lakukan?

PERAWATAN DAN PENGOBATAN
Penurunan Berat badan
Menurunkan Berat badan, melalui makan sehat dan latihan rutin mungkin adalah perawatan selulit yang paling bermanfaat. Kehilangan beberapa pound dan memperkuat otot-otot kaki, paha, bokong dan perut Anda dapat mengurangi penampilan kulit berlesung Pipit. Manfaat dari penurunan berat badan saja terbatas, namun. Meskipun selulit mungkin kurang terlihat setelah kehilangan berat badan, hal itu tidak akan membuat gejala ini hilang sepenuhnya.

Laser dan sistem radiofrekuensi
Pengobatan yang paling menjanjikan adalah salah satu yang menggunakan sistem frekuensi radio dan laser. Satu sistem yang menggabungkan jaringan pijat, teknologi frekuensi radio, dan cahaya inframerah untuk mengobati selulit. Sistem lain memberikan pijat gabungan jaringan dengan dioda laser energi. Ketiga Sistem menggunakan radiofrekuensi pada tingkat yang mendalam dan dangkal secara bersamaan untuk mengobati selulit. Semua tiga sistem menawarkan perbaikan selulit setelah serangkaian perawatan. Hasil dapat berlangsung hingga enam bulan.

Sedot lemak
Beberapa orang mungkin berfikir untuk sedot lemak sebagai pengobatan selulit. Selama sedot lemak, dokter bedah menyisipkan sebuah tabung sempit di bawah kulit Anda melalui sayatan kecil dan kemudian mengisap lemak keluar. Meskipun sedot lemak dapat membentuk tubuh, itu tidak akan menghilangkan selulit, dan hal itu mungkin membuat selulit tampak buruk. Laser membantu dalam sedot lemak adalah hal yang baru, pengobatan kurang invasif ini menghancurkan sel-sel lemak sementara mengencangkan kulit dan mungkin akan lebih efektif pengobatan untuk selulit.

Pengobatan topikal
Oleskan 0,3 persen retinol krim dua kali sehari telah terbukti untuk mengurangi tampilan selulit setelah enam bulan.

PENGOBATAN ALTERNATIF
Banyak perangkat, produk, dan krim yang mengklaim untuk mengobati selulit. Tapi ada sedikit atau tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung klaim ini. Jika Anda menemukan pengobatan selulit yang mengurangi kulit Anda, hasilnya cenderung tidak bertahan lama.
Berikut ini adalah beberapa pengobatan selulit yang diiklankan. Perlu diingat bahwa pengobatan ini belum terbukti efektif dalam menghilangkan selulit.

  • Pijat kuat. Beberapa perawatan selulit berdasarkan konsep bahwa pijat kuat akan meningkatkan aliran darah, menghilangkan racun dan mengurangi kelebihan cairan di daerah-daerah rawan selulit. Salah satu metode khususnya, Endermologie (juga disebut sebagai Lipomassage), menggunakan mesin genggam mengaduk kulit antara rol. Anda mungkin melihat sedikit perbaikan untuk kulit setelah perawatan ini, tetapi hasilnya biasanya tidak lama.
  • Mesotherapy. Prosedur ini melibatkan larutan suntikan yang mungkin berisi kombinasi aminofilin, hormon, enzim, herbal ekstrak, vitamin dan mineral di bawah kulit. Perawatan ini dapat menyebabkan beberapa efek yang tidak diinginkan, termasuk infeksi, ruam, dan kontur kulit bergelombang atau tidak merata.
  • Krim Selulit . Krim yang mengandung berbagai bahan, seperti vitamin, mineral, herbal ekstrak dan antioksidan, yang sering dipasarkan sebagai obat untuk selulit. Tapi tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa krim ini digunakan sendiri menawarkan perbaikan. Dalam beberapa kasus, bahan dalam produk ini menyebabkan reaksi kulit atau ruam.