Sembelit saat Puasa dan Cara Mengatasi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sembelit atau susah buang air besar (BAB) merupakan gangguan pada tubuh yang sering dialami oleh sebagian orang ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Dalam bahasa medis, sembelit disebut dengan konstipasi yaitu gangguan pencernaan seseorang yang mengakibatkan fases menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan.

Pada dasarnya sembelit yang dialami oleh orang yang berpuasa disebabkan oleh kurangnya serat dan cairan tubuh. Tapi selain itu, berikut merupakan penyebab sembelit pada orang berpuasa :

  1. Kurangnya konsumsi air putih

Seperti yang telah disebutkan, kekurangan cairan adalah salah satu penyebab suit BAB. Pada saat berpuasa, kadang orang lupa untuk meminum air putih demi memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Kebutuhan harian air putih pada tubuh adalah sekitar 1,8 liter atau 2 liter per hari. Jika dihitung per gelas, maka tubuh setidaknya membutuhkan air putih sebanyak 6-8 gelas per hari.

  1. Asupan serat yang kurang

Penyebab dasar terjadinya sembelit yang kedua adalah kurangnya serat yang dikonsumsi. Saat berpuasa, orang biasanya lebih memilih mengkonsumsi makanan yang lazim dimakan saat berpuasa. Kolak atau gorengan saat berbuka dan nasi dengan lauk saat sahur.

Komposisi serat yaang minim dalam makanan tersebut membuat kebutuhan serat pada tubuh tidak terpenuhi. Demi mengatasi kurangnya serat, Anda bisa mulai mengonsumsi buah dan sayur yang mampu membantu memenuhi kebutuhan serat pada tubuh.

  1. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak dan minum susu

Menu takjil yang menjadi kegemaran adalah gorengan. Tanpa Anda sadari, gorengan memiliki kandungan lemak yang tidak baik untuk tubuh. Meminum susu sebenarnya baik, tapi apabila Anda terlalu banyak mengkonsumsi susu saat berpuasa dapat membuat pencernaan Anda menjadi lambat. Lebih baik, ganti susu Anda dengan air putih.

  1. Terlalu sering menahan BAB

Menahan BAB bukanlah kebiasaan yang baik dan harus segera ditinggalkan. Semakin sering Anda menahan BAB, fases pada usus akan menumpuk dan menjadi keras. Bisa dipastikan dengan fases yang keras, Anda akan mengalami gangguan sembelit.

Dengan mengetahui penyebab terjadinya sembelit pada orang yang berpuasa, berikut cara mengatasi sembelit tersebut :

  • Pastikan kebutuhan cairan tubuh Anda terpenuhi dengan meminum tidak kurang dari 6 gelas per hari.
  • Mulai kebiasaan berbuka dengan air putih hangat.
  • Kurangi makanan berlemak. Lebih baik, ganti makanan berlemak dengn mengkonsumsi lebih banyak serat. Serat bisa berasal dari gandum, beras merah, sayuaran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan.
  • Hindari segala macam produk susu, alkohol, rokok dan minuman yang mengandung kafein.
  • Jangan menahan BAB. Usahakan bila rasa ingin buang air besar datang, Anda langsung pergi ke toilet dan membuang kotoran tersebut.
  • Jangan menggunakan obat pencahar sembarangan. Bila mengalami sembelit, lebih baik periksakan ke dokter agar mendapat obat yang tepat untuk Anda konsumsi.

Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here