Senangnya Belajar Mencintai Diri Sendiri

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menghargai orang lain merupakan hal yang wajar dan sering dilakukan. Terkadang Anda lebih sibuk untuk mengkritik dan mengomentari orang lain, hingga lupa dengan keberadaan diri sendiri. Apakah benar demikian? Jangan berkecil hati, tidak ada batasan waktu untuk mulai belajar mencintai diri sendiri.

Perlu Anda ketahui, ada beberapa sebab mengapa seseorang kurang bisa mencintai diri sendiri. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Kurangnya mengenal diri sendiri
  • Tidak memahami kekurangan dan kelebihan yang dimiliki
  • Kurangnya instropeksi diri
  • Pesimis dan kurangnya optimistis
  • Lebih bangga dengan kemampuan orang lain
  • Meinset atau pemahaman diri yang salah
  • Keluarga bukan menjadi prioritas utama

Mampukah Anda untuk mulai lebih mencintai diri sendiri? Tentunya Anda harus mampu untuk memulainya. Cara mencintai diri sendiri dapat dilakukan dengan cara yang paling sederhana sekalipun berikut ulasannya:

  1. Belajar bangga terhadap kemampuan yang Anda miliki

Tentu setiap individu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tidak perlu cemas dengan kemampuan orang lain. Yakinkan bahwa diri Anda juga punya kelebihan yang dapat Anda banggakan.

  1. Jangan benci kelemahan yang ada pada diri anda

Kelemahan bukan suatu kecacatan yang akan membuat Anda tidak bisa melakukan kegiatan apapun. Belajarlah merubah pemikiran, bahwa Anda masih punya kelebihan dan kesempatan untuk mengasahnya. hal yang menantang yaitu Anda mampu merubah kelemahan menjadi sebuah kelebihan.

  1. Minimalkan sikap membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Setiap individu tidak bisa disamakan karena mempunyai kemampuan dan kelebihan yang berbeda-beda. Begitupun dengan diri Anda, kelebihan yang Anda punya tidak bisa disamakan dengan orang lain.

  1. Berikan semangat untuk diri Anda

Berapa kali anda memberikan semangat untuk diri Anda? Berikan semangat dan dorongan diri dalam kegiatan sehari-hari. Semangat dalam memanage waktu sangat penting karena akan membuat Anda lebih disiplin dan mempunyai tanggung jawab waktu untuk diri Anda sendiri.

  1. Mulailah bersyukur dan menghargai diri Anda sendiri

Lihatlah fisik Anda, perbedaan fisik antara satu orang dengan orang lainnya memang berbeda-beda. Tidak dipungkiri banyak orang terpuruk karena fisik dirinya berbeda dengan orang lain, semisal lumpuh atau kehilangan salah satu anggota badan. Belajarlah bersyukur atas apa yang ada sekarang, jika mampu bersyukur atas diri anda maka Anda tentunya mampu untuk mencintai tubuh Anda sendiri.

  1. Belajar memaafkan diri sendiri

Memaafkan diri sendiri memang lebih sulit dilakukan dibandingkan dengan memaafkan orang lain. Jika Anda melakukan kesalahan di masa lalu, sebaiknya mulailah mencoba untuk memaafkan diri Anda sendiri dan memulai untuk membuka lembaran baru. Anda dapat berusaha memberikan yang terbaik dengan meminimalkan melakukan kesalahan.

  1. Belajar menghargai orang lain dan menjadi pribadi yang baik

Salah satu cara agar belajar mencintai diri yaitu dengan berusaha menghargai orang lain. Maka orang lainpun akan menghargai Anda. Carilah cara agar orang lain mampu bangga bersahabat dengan Anda. Mencintai diri sendiri dapat dimulai dengan menjadi pribadi yang baik, misalnya dengan senyuman, ceria, tidak cepat marah dan dapat menjadi inspirasi orang lain.

Cara mudah yang dapat dilakukan :

Mulailah instropeksi dan nilai sendiri bagaimana kekurangan dan kelebihan termasuk kemampuan yang Anda miliki. Kemudian buatlah list/daftar kekurangan dan kelebihan. Tempel di tempat yang setiap saat Anda lihat. Kemudian mulailah mencoba untuk memperbaikinya satu per satu. (MLD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here