SENGATAN KALAJENGKIKNG

DEFINISI
Sengatan kalajengking meski terasa menyakitkan, namun kebanyakan kasus ini tidak berbahaya. Sekitar 30 spesies kalajengking, sekitar 1.500 diperkiraan dapat menimbulkan sengatan yang berpotensi fatal. Di Amerika Serikat, hanya kulit kalajengking yang ditemukan terutama di padang pasir barat daya, memiliki racun yang cukup manjur untuk menyebabkan gejala yang parah. Di tempat lain, sengatan kalajengking mematikan terjadi terutama di Meksiko, Amerika Selatan dan Afrika, Timur Tengah dan India.

Sengatan kalajengking paling serius pada anak-anak, remaja dewasa dan hewan peliharaan. Di Amerika Serikat, orang dewasa yang sehat biasanya tidak memerlukan pengobatan untuk sengatan kalajengking, tetapi jika anak Anda tersengat, segeralah mencari perawatan medis.

GEJALA
Kebanyakan Sengatan kalajengking di Amerika Serikat hanya menyebabkan tanda dan gejala yang kecil, seperti rasa sakit dan kehangatan pada bagian yang tersengat. Racun dari kulit kalajengking, asli Arizona, New Mexico dan sisi California Sungai Colorado, lebih beracun dan bisa mengancam kehidupan, terutama pada anak-anak.

Tanda dan gejala ringan mungkin termasuk:

  • Sakit, yang bisa meningkat
  • Mati rasa dan kesemutan di daerah sekitar sengatan
  • Sedikit pembengkakan di daerah sekitar sengatan

Tanda dan gejala yang lebih parah mungkin termasuk:

  • Otot berkedut atau labrakan
  • Gerakan kepala, leher dan mata yang tidak biasa
  • Mengeluarkan Air liur
  • Berkeringat
  • Muntah
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi) atau tekanan darah rendah (hipotensi)
  • Denyut jantung semakin cepat (takikardia) atau denyut jantung tidak teratur (aritmia)
  • Kegelisahan atau kecemasan atau menangis sedih (pada anak-anak)

Kapan Anda harus menemui dokter
Alangakh baik jika Anda selalu menjaga diri Anda agar selalu aman. Jika Anda atau anak Anda diseengat, ikuti petunjuk ini:

  • Jika Anda khawatir tentang sengatan kalajengking bahkan jika reaksi kecil, hubungi pusat kontrol racun local untuk mendapatkan saran. Untuk mencapai pusat kontrol racun di AS, hubungi membantu racun di 800-222-1222.
  • Mendapatkan perawatan medis segera setiap kali anak disengat oleh kalajengking.
  • Jika Anda sudah tersengat, dapatkan perawatan yang tepat jika Anda mulai mengalami gejala yang luas.
  • Mencari perhatian medis segera jika Anda atau anak Anda disengat saat bepergian di negara lain.

PENYEBAB
Kalajengking adalah Arthropoda lebih mirip sejenis serangga, laba-laba dan Crustacea. Kalajengking rata-rata berukuran panjang sekitar 3 inci (7.6 cm), tetapi spesies yang berbeda bisa lebih kecil atau lebih besar. Kalajengking memiliki delapan kaki dan sepasang pejepit seperti kepiting. Mereka tepatnya menyengat daripada menggigit, menggunakan sengat di ekor mereka. Racun itu sendiri berisi campuran kompleks racun yang mempengaruhi sistem saraf (neurotoxins).

Kalajengking adalah makhluk nocturnal yang menolak menyengat kecuali dipicu atau diserang. Mereka dapat mengontrol jumlah racun yang mereka lepaskan tergantung pada pada ancaman yang mereka rasakan jadi sengatan beberapa mungkin hampir seluruhnya tanpa bisa.

FAKTOR RESIKO
Faktor-faktor tertentu dapat meningkatkan risiko sengatan kalajengking:

  • Lokasi. Di Amerika Serikat, kalajengking terutama tinggal di padang gurun barat daya, khususnya Arizona. Di seluruh dunia, mereka ditemukan paling sering di Meksiko, Utara dan selatan Afrika, Amerika Selatan, Timur Tengah dan India.
  • Lingkungan. Kalajengking hidup di bawah batu, kayu dan kulit pohon. Anda cenderung menemui mereka terutama ketika Anda hiking atau berkemah. Kulit Kalajengking juga bisa ada di rumah, yang paling umum mereka bersembunyi di kayu bakar, ember sampah, linen tempat tidur dan sepatu.
  • Musim. Kalajengking paling aktif di musim semi dan musim panas, ketika suhu malam melayang-layang di atas 70 F (21 C).
  • Perjalanan. Tidak hanya Apakah Anda lebih cenderung untuk menghadapi kalajengking berbahaya saat bepergian di negara berkembang, Anda mungkin membawa mereka pulang bersama Anda. Kalajengking dapat bersembunyi di pakaian, koper dan container pengiriman.

KOMPLIKASI
Sama halnya dengan sengatan serangga, seperti lebah dan tawon, Anda dapat memiliki reaksi alergi terhadap sengatan kalajengking, kadang-kadang dengan gejalacukup parah hingga ganas (anafilaksis). Tanda dan gejala mirip dengan sengatan lebah dan dapat menyertakan gatal-gatal, masalah pernapasan, dan mual dan muntah. Reaksi alergi mungkin salah dikaitkan dengan racun, yang dapat menyebabkan gejala berbeda, tetapi juga gejala berbahaya.

Orang dengan usia lanjut ata tua dan yang sangat muda paling mungkin mati jika terkena gigitan kalajengking beracun apabila tidak diobati. Penyebabnya adalah biasanya jantung atau kegagalan pernafasan yang terjadi beberapa jam setelah sengatan. Sangat sedikit kematian dari sengatan kalajengking yang dilaporkan di Amerika Serikat.

PERSIAPAN SEBELUM KONSULTASI
Jika Anda dapat menemukan Kalajengking yang menyengat Anda atau anak Anda, bawalah ke rumah sakit. Mengidentifikasi jenis kalajengking mungkin membuat perawatan lebih mudah.

TES DAN DIAGNOSIS
Sejarah dan gejala ini biasanya diperlukan dokter untuk membuat diagnosis. Jika Anda memiliki gejala yang parah, Anda mungkin memiliki tes darah atau tes pencitraan untuk memeriksa efek dari racun pada hati, jantung, paru-paru dan organ lain.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN
Kebanyakan sengatan kalajengking tidak memerlukan perawatan medis. Tapi jika gejala parah, perawatan suportif di rumah sakit biasanya diperlukan. Selain istirahat, ini mungkin termasuk obat penenang untuk kejang otot dan obat-obatan intravena untuk mengelola tekanan darah tinggi, agitasi dan rasa sakit.

Antivenin baru (Anascorp) banyak tersedia di Meksiko, dimana tingkat kematian dari kulit sengatan kalajengking tinggi. Ini kurang digunakan di Amerika Serikat karena resiko kematian rendah dari sengatan kulit kalajengking. Namun, dianjurkan bahwa orang-orang dengan gejala yang parah menerima antivenin.

GAYA HIDUP DAN PERAWATAN DI RUMAH
Jika Anda atau anak Anda disengat kalajengking, ikuti saran berikut ini. Orang dewasa yang sehat mungkin tidak perlu perawatan lebih lanjut, dan tips ini dapat membantu anak-anak tetap aman sampai mereka melihat dokter:

  • Bersihkan luka dengan sabun dan air.
  • Menerapkan kompres dingin ke daerah yang terkena untuk meringankan rasa sakit dan memperlambat penyebaran racun. Ini paling efektif dalam dua jam pertama setelah sengatan terjadi.
  • Menjaga peningkatan ektremitas pada jantung Anda.
  • Cobalah untuk tetap tenang sehingga racun menyebar lebih lambat.
  • Jangan mengkonsumsi makanan atau cairan jika Anda mengalami kesulitan menelan.
  • Obat penghilang gejala nyeri tanpa resep, seperti ibuprofen (Motrin IB, Motrin anak-anak), dapat membantu mengurangi rasa ketidaknyamanan. Tapi hindari menggunakan obat-obatan narkotika, yang dapat menekan pernapasan.
  • Periksa catatan imunisasi anak Anda atau pastikan vaksin tetanus yang terbaru

PENCEGAHAN
Kalajengking cenderung untuk menghindari kontak. Jika Anda tinggal di daerah di mana kalajengking umumnya berada, mencegah kesempatan pertemuan dengan melakukan hal berikut:

  • Membersihkan sampah, batang kayu, papan, batu, batu bata dan benda-benda lain yang akan membuat tempat persembunyian yang bagus untuk kalajengking dari sekitar rumah Anda.
  • Selalu memangkas ruput dengan tepat, dan memangkas semak-semak dan cabang-cabang pohon menggantung, yang dapat memberikan jalan menuju atap Anda.
  • Mendempol retak, menginstal lubang air di sekitar pintu dan jendela, dan memperbaiki dinding yang berlubang.
  • Jangan menyimpan kayu bakar di dalam rumah Anda.
  • Ketika hiking atau berkemah, mengenakan lengan panjang dan celana dan memeriksa kantong tidur Anda sebelum Anda menggunakannya. Memeriksa pakaian Anda dan kocok keluar sepatu Anda sebelum Anda memasangnya. Selalu memakai sepatu.
  • Ketika bepergian di negara-negara lain, terutama jika Anda sedang berkemah atau tinggal di akomodasikan, goncang pakaian, selimut, dan paket Andadengan sering dan tidur di bawah jaring nyamuk. Jika Anda memiliki alergi untuk sengatan serangga, bawalah epinefrin injector, seperti EpiPen.

Jika Anda menemukan kalajengking dekat rumah atau perkemahan Anda, menggunakan penjepit untuk mengangkatnya.