Sepuluh Dampak Kurang Tidur Bagi Kesehatan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kualitas tidur yang kurang baik bisa memberikan dampak negatif bagi seseorang. Tidur merupakan aktivitas yang cukup penting karena dapat menyebabkan terjadinya proses pemulihan pada tubuh manusia. Lantas apa dampaknya jika seseorang mengalami kurang tidur?

Kenapa tidur itu penting?

Menurut Peter (1985: 10) tidur adalah suatu keadaan yang sederhana. Ketika seseorang dalam keadaan tidur, sedikit sekali yang bisa diingat secara normal. Bisa dikatakan dalam tidur seluruh sistem dalam tubuh manusia mengurangi kegiatannya.

Apabila proses pemulihan mengalami hambatan, akibatnya bisa menyebabkan organ tubuh manusia tidak mampu bekerja secara maksimal. Situasi tersebut menyebabkan seseorang yang kurang tidur akan cepat mengalami kelelahan hingga mengalami penurunan konsentrasi (Ulimudiin, 2011).

Ketika  tidur, otak memperbaiki kualitas “dirinya” sendiri sekaligus merangsang pembentukan sistem kekebalan. Tidur merupakan sebuah reflek yang rumit. Dalam tidur mensyaratkan relaksasi serta sejumlah kondisi lain. Fasilitasi dalam proses tersebut dikenal dengan istilah tidur higinis (Rafknowledge, 2004: 23- 24).

Dampak negatif kurang tidur bagi kesehatan

Seseorang yang kurang tidur bisa berdampak pada kesehatan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa bahaya atau masalah yang muncul akibat seseorang kurang tidur.

  • Gangguan prestasi belajar

Kurang tidur dapat menyebabkan kurangnya kemampuan kognitif pada siswa. Hal ini dikarenakan otak kurang konsentrasi, sehingga tidak dapat memiliki ingatan yang baik. Selain itu seseorang juga tak dapat menggunakan penalaran dengan baik, sehingga sulit menemukan solusi terhadap masalah tertentu.

  • Kecelakaan lalu lintas di jalan

Mengantuk akibat kurang tidur bisa menjadi faktor penyebab kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Mengantuk ketika mengendara dapat memberikan efek halusinasi hingga perasaan was-was yang rendah.

  • Menurunkan libido

Kurang tidur dapat mengakibatkan masalah pada rendahnya tingkat libido. Situasi tersebut dapat diakibatkan karena tubuh kekurangan energi yang cukup.

  • Menurunkan tingkat testosteron pada pria

Pria yang kurang tidur terancam memiliki kadar testosteron rendah. Kondisi tersebut dikarenakan seseorang memiliki keinginan seksual yang rendah, sehingga tingkat kesuburan juga rendah.

  • Mudah mengalami depresi

Kurang tidur dapat menyebabkan depresi yang berat. Gejala yang sering dialami seperti lebih sensitif, kecemasan berlebihan, gampang tersinggung hingga kondisi badan tidak sehat.

  • Penampilan kulit kurang sehat

Seseorang yang kurang tidur memiliki kecenderungan berpenampilan pucat, kurang cerah, loyo, keriput hingga munculnya garis halus pada kulit.

  • Menyebabkan obesitas

Saat tubuh kurang tidur, biasanya nafsu makan dan rasa lapar lebih besar. Situasi tersebut lantas bisa membuat seseorang ingin makan dan menyebabkan kegemukan.

  • Pelupa

Kurang tidur rupanya bisa membuat seseorang menjadi pelupa.

  • Emosi tidak stabil

Dampak kurang tidur bisa menyebabkan terganggunya fungsi otak, sehingga emosi tidak stabil.

  • Dapat mengalami tekanan darah tinggi

Hal tersebut diakibatkan karena tidur dapat menetralkan sistem pembuluh darah, sehingga kerja jantung lebih maksimal. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here