Sepuluh Latihan Mengencangkan Bokong dengan Olahraga

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi pembaca yang masih mengalami masalah pada bokong, sepertinya perlu menyimak informasi berikut. Tidak dipungkiri jika kesehatan tubuh berkaitan dengan pola makan sehat. Makanan yang baik merupakan bagian dari gaya hidup sehat, guna memperoleh kebugaran. Sayur dan buah-buahan dianggap memiliki kontribusi positif untuk kesehatan tubuh, tidak terkecuali untuk menjaga bokong agar tetap kencang.

Selain pola makan sehat, olahraga juga diperlukan untuk memperkencang otot bokong. Otot bokong terdiri dari gluteus minimus, gluteus maximus, dan gluteus medius. Menjaga kekuatan otot sangat penting dilakukan, terlebih dengan bertambahnya usia seseorang yang secara alamiah menyebabkan penurunan massa otot (Andersen, 1999). Lantas latihan apa saja yang bisa dilakukan untuk mengencangkan bokong?

  1. Latihan squats. Squats (jongkok) rupanya bisa memperkuat otot bokong, pinggul, paha, hingga punggung bawah. Latihan tersebut mudah dilakukan. Latihan ini tidak membutuhkan peralatan, kecuali jika pembaca ingin menambahkan beban.
  2. Latihan lunges. Latihan tersebut dapat mengencangkan otot- bokong dan paha. Latihan tersebut dapat meningkatkan keseimbangan serta memperkuat otot inti. Caranya dengan berdiri tegak, kemudian membuka kaki selebar pinggul. Jari-jari kaki lantas menunjuk lurus ke arah depan. Kemudian dengan perlahan-lahan, tekuk lutut. Selama tiga detik tahan posisi ini. Selanjutnya melangkah maju dan mundur, secara perlahan-lahan.
  3. Latihan butt lift. Ini merupakan latihan mengangkat untuk kekuatan bokong. Kegiatan ini bermanfaat menguatkan otot bokong dan punggung bawah, sekaligus menjaga kekencangannya.
  4. Latihan berbaring dengan satu kaki di atas. Latihan ini bisa membantu mengencangkan otot bokong, pinggul, dan paha. Latihan ini juga bisa melatih otot perut bawah.
  5. Latihan step-up. Latihan sederhana ini berguna untuk otot di kaki dan bokong. Target utama latihan ini adalah otot paha depan, paha belakang dan gluteal pada bokong. Caranya tempatkan bangku di depan. Kemudian berdir di depan bangku tersebut dengan punggung, kaki selebar pinggu serta lengan lurus. Kemudian langkahkan kaki perlahan menuju bangku, begitulah seterusnya.
  6. Latihan hamstring curl. Latihan ini berfokus pada gluteus maximus serta otot hamstring. Latihan ini juga bermanfaat untuk mengencangkan otot perut dan punggung bawah. Caranya berbaring telentang, dengan bola latihan di bawah tumit. Tempatkan lengan di samping untuk topangan. Pelan-pelan tarik pinggul, dengan lutut sedikit ditekuk, dan tahan pinggul dalam beberapa waktu.
  7. Latihan yoga matahari. Yoga matahari merupakan salah satu set, dari 12 postur yoga. Pose yang berbeda yakni kompres, peregangan, dan pengencangan otot utama tubuh.
  8. Latihan utkatasana. Utkatasana merupakan gerakan yoga yang membantu mengencangkan otot bokong serta kaki. Yoga ini juga bermanfaat untuk mengencangkan otot di paha bagian dalam, luar, dan belakang.
  9. Latihan berenang. Rupanya berenang cukup efektif membuat ramping dan mengencangkan kaki, paha, dan bokong. Lakukan secara teratur, kemungkinan bokong yang indah akan dimiliki.
  10. Latihan jogging. Jogging merupakan salah satu latihan yang efektif untuk kesehatan. Jogging juga baik untuk mengencangkan otot-otot pada kaki, paha hingga bokong.

Untuk mengencangkan bokong, pembaca tidak harus melakukan kesepuluh latihan tersebut. Pilihlah latihan yang cocok dan bisa dilakukan secara konsisten. Terpenting untuk menghasilkan bokong kencang dan indah, dibutuhkan waktu yang lama sehingga harus rajin melakukan olahraga. (Apras).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY