Sepuluh Manfaat Meditasi untuk Kesehatan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Meditasi merupakan salah satu teknik relaksasi dengan cara melepaskan semua beban pikiran, baik dari hal yang mencemaskan atau menyenangkan. Kegiatan meditasi mungkin sudah banyak dilakukan oleh beberapa golongan masyarakat, terutama di Indonesia. Meditasi ini harus dilakukan secara berulang-ulang agar bisa menciptakan suasana batin seperti yang diharapkan.

Meditasi dapat dilakukan di mana pun atau kapan pun, dan masuk aktivitas yang biasa dilakukan sebagian orang terutama mereka yang telah merasakan manfaat terhadap kegiatan olah pernafasan ini. Berikut ini 10 manfaat meditasi bagi kesehatan :

  1. Dapat mengurangi stres. Stres berkepanjangan dapat berakibat buruk bagi kesehatan, pada umumnya disebabkan oleh berbagai masalah yang terasa menghimpit dalam hidup. Melakukan meditasi bisa menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi stres.
  2. Mengurangi perasaan cemas, depresi, dan emosi negatif. Kecemasan dapat dialami seseorang saat berhadapan dengan situasi tertentu dan membuat seseorang mengalami tekanan sehingga membuat nafas terasa pendek atau sesak. Untuk mengatasi bisa melakukan meditasi atau oleh nafas untuk dapat memperoleh ketenangan.
  3. Mengurangi tekanan darah dan menurunkan berat badan. Tekanan darah berlebih atau memiliki berat badan berlebih kurang baik bagi kesehatan tubuh. Meditasi bisa menjadi salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi berat badan
  4. Melancarkan peredaran darah. Meditasi yang dilakukan secara rutin membuat peredaran darah dalam tubuh lebih lancar sehingga tubuh akan terasa lebih segar, menurunkan stres sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari penyakit.
  5. Meningkatkan daya ingat. Dalam sebuah hasil penelitian yang dilakukan di Universitas California, bahwa meditasi berfungsi meningkatkan daya ingat sehingga dapat menghasilkan pemikiran cermerlang untuk pencapaian lebih baik dan berarti dalam hidup.
  6. Melancarkan pencernaan. Meditasi bisa membuat kondisi perut menjadi tenang seperti mengkonsumsi manfaat buah-buahan yang mengandung serat, begitu pula dengan organ-organ yang ada di dalamnya. Dengan melakukan meditasi gangguan pencernaan bisa teratasi karena proses penyerapan makanan dalam perut yang tenang berjalan secara optimal.
  7. Menghindarkan insomnia. Orang yang terbiasa dengan meditasi akan membuatnya terhindar dari insomnia. Hal itu dikarenakan manfaat meditasi sebelum tidur dibutuhkan pikiran yang tenang dan nyaman agar bisa tidur nyenyak. Orang yang terbiasa meditasi mudah dalam melakukan hal tersebut.
  8. Terbebas dari PMS. Setiap bulannya pasti wanita akan kedatangan tamu. Sebelum kedatangan tamu, wanita akan merasakan gejala PMS. Gejala PMS itu memengaruhi fisik dan juga psikis. Namun gejala psikislah yang sering mengganggu wanita. Misalnya mudah marah atau emosi, bad mood, dan masih banyak lagi lainnya. Manfaat meditasi untuk mengatasi PMS adalah sebagai berikut ini :
  • Membuat tubuh menjadi rileks dan tenang.
  • Kondisi tubuh yang tenang akan berpengaruh ke fisik.
  • Perut tidak terasa nyeri.
  • Mood menjadi lebih baik.
  • Menenangkan hati dan juga pikiran.
  1. Awet muda. Meditasi bermanfaat untuk membuat seseoang awet muda. Penyebabnya adalah sebagai berikut ini :
  • Pernapasan yang dilakukan saat meditasi berfungsi sebagai melepas stres.
  • Orang yang terbebas dari stress akan lebih awet muda.
  • Orang dengan stress yang rendah terhindar dari kerusakan kulit atau lapisan kulit, kulit terhindar dari kekriputan dan aliran darah menjadi lancar.
  1. Meningkatkan konsentrasi. Bagi seseorang yang mudah lupa, meningkatkan daya ingat dan juga konsentrasi bisa dilakukan dengan cara meditasi. Saat seseorang bermeditasi, orang tersebut telah terbiasa untuk konsentrasi dan berusaha fokus memusatkan pikiran pada salah satu cita yang ingin dia capai.

Disamping beberapa manfaat yang telah disebutkan, masih banyak manfaat lain yang dapat diperoleh dari sebuah aktivitas meditasi asal dilakukan secara teratur.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY