SERANGAN TIDUR

DEFINISI
Narkolepsi adalah gangguan tidur kronis yang ditandai dengan rasa kantuk yang berlebihan di siang hari dan serangan tidur secara tiba-tiba. Orang-orang dengan narkolepsi sering merasa sulit untuk tetap terjaga untuk jangka waktu tertentu, terlepas dari keadaan. Narkolepsi dapat menyebabkan gangguan serius dalam rutinitas harian Anda.

Berlawanan dengan apa yang dipercaya beberapa orang, narkolepsi tidak berhubungan dengan depresi, gangguan kejang, pingsan, kurangnya tidur atau kondisi lain yang dapat menyebabkan pola tidur abnormal. Narkolepsi adalah suatu kondisi kronis yang tidak ada obatnya. Namun, obat-obatan dan perubahan gaya hidup dapat membantu Anda mengelola gejala. Dukungan dari orang lain, keluarga, teman, majikan, guru dapat membantu Anda mengatasi narkolepsi.

GEJALA
Gejala narkolepsi paling sering mulai antara usia 10 dan 25 tahun. Mereka dapat semakin buruk untuk beberapa tahun pertama, dan kemudian berlanjut. Mereka termasuk:

  • Rasa kantuk berlebihan di siang hari. Orang-orang dengan narkolepsi tertidur tanpa peringatan, di mana saja, Kapan saja. Misalnya, Anda mungkin tiba-tiba mengangguk sambil bekerja atau berbicara dengan teman-teman. Anda dapat tidur selama beberapa menit atau sampai setengah jam sebelum bangun dan merasa segar, tetapi akhirnya Anda jatuh tertidur lagi. Anda juga mungkin mengalami penurunan kewaspadaan sepanjang hari. Rasa kantuk berlebihan di siang hari biasanya gejala pertama yang muncul dan paling sering mengganggu, sehingga sulit bagi Anda untuk berkonsentrasi dan berfungsi sepenuhnya.
  • Kehilangan kekuatan otot secara tiba-tiba. Kondisi ini disebut cataplexy, dapat menyebabkan sejumlah perubahan fisik, dari kelemahan otot dan dapat berlangsung selama beberapa detik untuk beberapa menit. Cataplexy tak terkendali dan dipicu oleh emosi yang intens, yang biasanya positif seperti tawa atau kegembiraan, tapi kadang-kadang takut, kejutan atau kemarahan. Sebagai contoh, kepala Anda mungkin terkulai tak terkendali atau lutut Anda mungkin tiba-tiba gesper ketika Anda tertawa. Beberapa orang dengan narkolepsi mengalami hanya satu atau dua episode cataplexy per tahun, sementara yang lain memiliki banyak episode setiap hari. Tidak semua orang dengan narkolepsi mengalamai cataplexy.
  • Kelumpuhan saat tidur. Orang dengan narkolepsi sering mengalami ketidakmampuan sementara untuk memindahkan atau berbicara sementara jatuh tertidur atau bangun. Episode ini biasanya berangsung singkat, sekitar satu atau dua menit tetapi dapat menimbulkan hal yang menakutkan. Anda mungkin menyadari kondisi dan tidak memiliki kesulitan mengingat sesudahnya, bahkan jika Anda tidak punya kendali atas apa yang terjadi kepada Anda. Kelumpuhan tidur ini meniru jenis kelumpuhan sementara yang biasanya terjadi selama tidur gerakan mata cepat (REM), periode tidur selama bermimpi. Imobilitas sementara ini selama tidur REM dapat mencegah tubuh Anda bertindak keluar aktivitas impian. Tidak semua orang dengan kelumpuhan tidur memiliki narkolepsi. Banyak orang tanpa narkolepsi mengalami beberapa episode kelumpuhan tidur, terutama orang dewasa muda.
  • Halusinasi. Halusinasi ini disebut hypnagogic halusinasi jika terjadi ketika Anda jatuh tertidur dan hypnopompic halusinasi jika terjadi setelah bangun. Karena Anda mungkin setengah terjaga ketika Anda mulai bermimpi, Anda mengalami impian Anda sebagai realitas, dan mereka mungkin sangat jelas dan menakutkan

Karakteristik lain
Orang dengan narkolepsi mungkin memiliki gangguan tidur lainnya, seperti apnea tidur obstruktif, suatu kondisi di mana pernapasan mulai dan berhenti sepanjang malam, Sindrom kaki dan bahkan insomnia. Orang-orang dengan narkolepsi juga dapat bertindak keluar impian mereka di malam hari dengan lengan mereka yang meronta-ronta atau menendang dan menjerit.

Beberapa episode serangan tidur singkat, bertahan dalam beberapa detik. Beberapa orang dengan narkolepsi mengalami perilaku otomatis selama episode singkat ini. Sebagai contoh, Anda mungkin tertidur sambil melakukan tugas yang Anda biasanya Anda lakukan, seperti menulis, mengetik atau mengemudi, dan Anda terus berfungsi saat tidur. Ketika Anda terbangun, Anda tidak dapat mengingat apa yang Anda lakukan, dan Anda mungkin tidak melakukannya juga.

Kapan Anda harus menemui dokter
Segeralah menemui dokter Anda jika Anda mengalami kantuk berlebihan di siang hari yang mengganggu kehidupan pribadi atau profesional Anda.

PENYEBAB
Penyebab pasti gangguan narkolepsi tidak diketahui. Genetik mungkin memainkan peran. Faktor-faktor lain, seperti infeksi, dapat berkontribusi pada pengembangan narkolepsi.

Pola tidur vs narkolepsi
Proses normal tertidur dimulai dengan sebuah fase yang disebut non gerakan cepat dan acak mata tidur (NREM). Selama fase ini, gelombang otak Anda jauh lebih lambat. Setelah satu jam atau lebih dari NREM tidur, terjadi perubahan aktivitas otak, dan gerakan cepat dan acak mata (REM) mulai terjadi. Kebanyakan bermimpi terjadi selama tidur REM.

Pada narkolepsi, namun, Anda mungkin tiba-tiba memasuki REM tidur tanpa mengalami NREM tidur pertama kali, baik di malam hari dan siang hari. Beberapa karakteristik dari REM tidur, seperti tiba-tiba kelemahan otot, kelumpuhan tidur dan impian hidup, terjadi selama tahap tidur lain pada orang dengan narkolepsi.

Peran zat kimia otak
Hypocretin adalah zat kimia yang penting pada otak yang membantu mengatur untuk terjaga dan REM tidur. Orang dengan narkolepsi memiliki tingkat rendah neurokimia dalam cairan tulang belakang mereka. Zat ini sangat rendah pada orang-orang yang mengalami cataplexy. Hal yang menyebabkan hilangnya sel-sel yang memproduksi hypocretin di otak tidak diketahui secara jelas, tapi ahli menduga hal ini karena reaksi autoimun.

KOMPLIKASI
Kesalahpahaman akan kondisi yang umum
Narkolepsi dapat menyebabkan masalah serius bagi Anda secara profesional dan Pribadi. Orang lain mungkin melihat Anda sebagai orang pemalas, lesu atau kasar. Kinerja Anda mungkin terganggu di sekolah atau saat bekerja.

Gangguan dengan hubungan intim
Kantuk ekstrim dapat menyebabkan dorongan seks yang rendah atau impotensi, dan orang-orang dengan narkolepsi mungkin bahkan jatuh tertidur saat berhubungan seks. Masalah yang disebabkan oleh disfungsi seksual dapat menjadi lebih rumit dengan kesulitan emosional. Perasaan yang intens, seperti kemarahan atau sukacita, dapat memicu beberapa tanda-tanda narkolepsi seperti cataplexy, menyebabkan orang-orang yang terkena dampak untuk menarik diri dari interaksi emosional.

Fisik
Serangan tidur dapat mengakibatkan kerugian fisik pada orang-orang dengan narkolepsi. Anda berada pada peningkatan risiko kecelakaan mobil jika Anda memiliki serangan saat mengemudi. Risiko luka dan luka bakar lebih besar jika Anda jatuh tertidur sambil menyiapkan makanan.

Obesitas
Orang-orang dengan narkolepsi dua kali lebih mungkin untuk mengalami kelebihan berat badan. Berat badan mungkin berhubungan dengan tidak aktif, makan, kekurangan hypocretin atau kombinasi faktor lainya.

PERSIAPAN SEBELUM MENEMUI DOKTER
Anda mungkin akan memulai dengan melihat dokter keluarga Anda atau dokter umum. Namun, dalam beberapa kasus ketika Anda menelepon untuk mengatur janji temu, Anda dapat dirujuk ke dokter spesialis tidur. Berikut adalah beberapa informasi untuk membantu Anda mempersiapkan diri untuk konsultasi.

Apa yang dapat Anda lakukan

  • Menyadari batasan pra-janji. Pada saat Anda membuat janji, pastikan untuk bertanya apakah ada sesuatu yang perlu Anda lakukan sebelumnya.
  • Tuliskan gejala yang Anda alami, termasuk apapun yang mungkin tampak tidak terkait dengan alasan yang Anda jadwalkan janji konsultasi.
  • Tuliskan kunci informasi pribadi, termasuk besar tekanan atau perubahan dalam hidup Anda.
  • Buatlah daftar semua obat-obatan, vitamin atau suplemen Anda gunakan.
  • Ajaklah salah seorang anggota keluarga Anda atau teman Anda saat berkonsultasi karena mereka dapat membantu Anda mendengarkan informasi peting yang disampaikan oleh dokter.
  • Menuliskan pertanyaan untuk Anda tanyakan kepada dokter.

Mempersiapkan daftar pertanyaan akan membantu Anda berkonsultasi secara efektif. Urutkan daftar pertanyaan dari yang paling penting. Untuk narkolepsi, beberapa pertanyaan dasar yang dapat Anda tanyakan kepada dokter meliputi:

  • Apa penyebab utama gejala atau kondisi yang saya miliki?
  • Adakah penyebab lainya?
  • Jenis tes apa yang saya butuhkan?
  • Apakah saya perlu sebuah studi mengenai tidur?
  • Apakah kondisi saya hanya berlangsung sementara atau kronis?
  • Apa tindakan terbaik yang dapat Saya lakukan?
  • Apakah alternatif pendekatan utama yang Anda sarankan untuk Saya?
  • Saya memiliki kondisi kesehatan lainnya. Bagaimana cara terbaik saya dalam menanganinya secaa bersamaan?
  • Apakah ada batasan yang perlu Saya ikuti?
  • Adaah alternatif obat-obatan generik yang Anda resepkan untuk Saya?
  • Adakah brosur atau bahan cetak lainya seta website yang dapat Saya pedomani di rumah?

Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan lainnya selama konsultasi.

Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter
Dokter cenderung untuk menanyakan beberapa pertanyaan, termasuk:

  • Kapan Anda mulai mengalami gejala?
  • Apakah gejala-gejala Anda berlangsung secara terus-menerus atau hanya sesekali?
  • Seberapa sering Anda tertidur dalam sehari?
  • Seberapa parahkah gejala yang Anda miliki?
  • Apa yang tampaknya untuk mengurangi gejala Anda?
  • Apa yang tampaknya memperburuk gejala Anda?
  • Apakah ada naggota keluarga Anda memiliki gejala yang serupa?

TES DAN DIAGNOSIS
Dokter dapat membuat diagnosis awal narkolepsi berdasarkan kantuk berlebihan di siang hari dan tiba-tiba kehilangan kekuatan otot (cataplexy). Setelah diagnosis awal, dokter dapat mengarahkan Anda ke spesialis tidur untuk evaluasi lebih lanjut.

Diagnosis formal mungkin memerlukan bermalam di pusat tidur, di mana Anda melakukan analisis mendalam dari tidur Anda oleh tim spesialis. Metode mendiagnosis narkolepsi dan menentukan keparahan meliputi:

  • Riwayat atau sejarah tidur. Dokter akan bertanya kepada Anda untuk sejarah rincian tidur Anda. Bagian dari sejarah melibatkan mengisi skala kantuk Epworth, yang menggunakan serangkaian pertanyaan singkat untuk mengukur kantuk Anda. Misalnya, Anda menunjukkan skala bernomor yang mengangambarkan besar kemungkinan Anda akan tertidur dalam situasi tertentu, seperti duduk setelah makan siang.
  • Catatan Tidur. Anda mungkin diminta untuk menyimpan buku harian mengenai rincian pola tidur Anda selama seminggu atau dua, sehingga dokter dapat membandingkan bagaimana pola tidur dan kewaspadaan. Sering kali, selain log tidur ini, dokter akan meminta Anda untuk memakai actigraph. Perangkat ini memiliki tampilan dan nuansa dari jam tangan. Ini mengukur periode aktivitas dan istirahat dan menyediakan ukuran langsung bagaimana dan Kapan Anda tidur.
  • Studies. Tes ini mengukur berbagai sinyal selama tidur menggunakan elektroda yang ditempatkan pada kulit kepala Anda. Untuk tes ini, Anda harus menghabiskan satu malam di fasilitas medis. Tes ini mengukur aktivitas listrik dari otak (electroencephalogram) dan jantung (Elektrokardiogram) dan gerakan otot (electromyogram) dan mata (electro-oculogram) Anda. Hal ini juga memonitor pernapasan Anda.
  • Beberapa tes latensi tidur. Tes ini mengukur berapa lama waktu yang diperlukan untuk tertidur selama sehari. Anda akan diminta untuk mengambil empat atau lima kali tidur, tidur siang setiap dua jam terpisah. Spesialis akan mengamati pola tidur Anda. Orang yang memiliki narkolepsi tertidur mudah dan masuk ke dalam gerakan mata cepat dan acak (REM).
  • Tes Hypocretin. Kebanyakan orang dengan narkolepsi memiliki tingkat rendah zat kimia ini dalam otak yang mengatur REM tidur. Tes ini mengukur tingkat hypocretin dalam cairan yang mengelilingi sumsum tulang belakang. Sampel cairan tulang belakang Anda diperoleh dengan pungsi lumbal (menyadap tulang belakang), yang mana jarum dimasukkan ke dalam tulang belakang lebih rendah untuk menarik cairan tulang belakang.

Tes ini juga dapat membantu dokter mengesampingkan penyebab tanda-tanda dan gejala lain. Gangguan tidur lainnya, seperti apnea tidur, dapat menyebabkan kantuk berlebihan di siang hari.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN
Tidak ada obatnya untuk narkolepsi, tapi obat-obatan dan perubahan gaya hidup dapat membantu Anda mengelola gejala.

Obat
Pengobatan untuk narkolepsi meliputi:

  • Stimulan. Obat yang merangsang sistem saraf pusat yang merupakan pengobatan utama untuk membantu orang dengan narkolepsi tetap terjaga selama sehari. Dokter sering mencoba Modafinil (Provigil) atau armodafinil (Nuvigil) pertama kali untuk narkolepsi karena tidak menimbulkan kecanduan seperti stimulant remaja dan tidak menghasilkan stimulan remaja tertinggi dan terendah. Efek samping dari Modafinil secara tidak seperti biasa, tetapi mereka mungkin termasuk sakit kepala, mual, atau mulut kering. Beberapa orang perlu pengobatan dengan methylphenidate (konser, Ritalin) atau berbagai amfetamin. Obat-obat ini sangat efektif tetapi kadang-kadang dapat menyebabkan efek samping seperti gugup dan palpitasi jantung dan kecanduan.
  • Inhibitor reuptake serotonin selektif (SSRI) atau inhibitor reuptake serotonin dan norepinefrin (SNRIs). Dokter sering meresepkan obat-obat ini, yang menekan REM tidur, untuk membantu meringankan gejala cataplexy, hypnagogic halusinasi dan kelumpuhan tidur. Mereka termasuk fluoxetine (Prozac, Sarafem) dan venlafaxine (Effexor XR). Efek samping dapat mencakup disfungsi seksual dan masalah pencernaan.
  • Antidepresan trisiklik. Antidepresan remaja ini, seperti protriptyline (Vivactil), imipramine (Tofranil) dan clomipramine (Anafranil), efektif untuk cataplexy, tetapi banyak orang mengeluh akan efek sampingnya, seperti mulut kering dan kepala ringan.
  • Natrium oxybate (Xyrem). Obat ini sangat efektif untuk cataplexy. Natrium oxybate membantu untuk meningkatkan tidur di malam hari, yang seringkali kurang dalam narkolepsi. Dosis tinggi juga dapat membantu mengontrol kantuk di siang hari. Itu harus diambil dalam dua dosis, satu pada waktu tidur dan satu empat jam kemudian. Xyrem dapat memiliki efek samping yang serius, seperti mual, mengompol dan memburuknya tidur saat berjalan. Mengambil natrium oxybate dengan lain obat tidur, obat penghilang gejala nyeri obat bius atau alkohol dapat menyebabkan kesulitan bernapas, koma dan kematian.

Jika Anda memiliki masalah kesehatan lainnya, seperti tekanan darah tinggi atau diabetes, tanyakan kepada dokter bagaimana obat-obatan yang Anda ambil untuk kondisi Anda apakah dapat berinteraksi dengan obat-oabatan yang diambil untuk narkolepsi.

Jenis Obat-obatan tanpa resep tertentu , seperti obat alergi dan dingin, dapat menyebabkan kantuk. Jika Anda memiliki narkolepsi, dokter Anda mungkin akan menyarankan agar Anda menghindari minum obat ini. Perawatan yang lebih efektif sedang diselidiki seperti narkolepsi termasuk penggantian hypocretin, terapi gen hypocretin, transplantasi sel induk, kulit suhu manipulasi dan imunoterapi, tetapi perlu diteliti lebih lanjut akan keefektifan mereka.

GAYA HIDUP DAN PERAWATAN DI RUMAH
Modifikasi gaya hidup penting dalam mengelola gejala narkolepsi. Anda dapat mengambil manfaat dari langkah-langkah berikut:

  • Menempel jadwal. Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk diakhir pekan.
  • Tidur siang. Jadwal tidur siang yang singkat secara berkala sepanjang hari. Tidur 20 menit adalah hal strategis pada siang hari yang dapat menyegarkan dan mengurangi kantuk selama satu sampai tiga jam. Beberapa orang mungkin perlu kembali tidur.
  • Menghindari nikotin dan alkohol. Menggunakan zat ini, terutama pada malam hari, dapat memperburuk tanda dan gejala.
  • Latihan atau olahraga secara teratur. Biasakan latihan setidaknya empat sampai lima jam sebelum tidur mungkin membantu Anda merasa lebih terjaga selama hari dan tidur lebih nyenyak di malam hari.

CARA MENGATASI DAN DUKUNGAN
Berurusan dengan narkolepsi dapat menimbulkan rasa khawatir dan kewalahan. Membuat penyesuaian dalam jadwal harian Anda dapat membantu mengurangi gejala. Pertimbangkan langkah berikut:

  • Membicarakan gangguan yang Anda miliki. Memberitahu majikan atau guru tentang kondisi Anda dan bekerja sama dengan mereka untuk menemukan cara mengakomodasi kebutuhan Anda. Ini mungkin termasuk tidur siang hari, memutuskan tugas yang monoton, rekaman pertemuan atau kelas, berdiri selama pertemuan atau kuliah, dan berjalan cepat beberapa kali disepanjang hari. Amerika dengan Disabilities Act melarang diskriminasi terhadap pekerja dengan narkolepsi dan mensyaratkan pemberi kerja untuk menyediakan akomodasi yang wajar kepada karyawan yang memenuhi syarat.
  • Usahaka agar Anda selalu Aman. Jika Anda harus berkendara jarak jauh, diskusikan dengan dengan dokter untuk menetapkan jadwal obat yang memastikan kemungkinan terbesar Anda terjaga selama berkendara. Berhenti untuk tidur siang dan istirahat setiap kali Anda merasa mengantuk. Jangan mengemudi jika Anda merasa kantuk yang Anda miliki tak bisa dikendalikan
    Kelompok-kelompok pendukung dan konseling serta orang-oarang terdekat Anda dapat membantu Anda mengatasi narkolepsi. Tanyakan kepada dokter untuk membantu Anda menemukan kelompok atau konselor berkualitas di daerah Anda.