Sering Kembung Saat Hamil

SehatFresh.com – Selama kehamilan, tubuh mengalami perubahan dalam banyak hal. Salah satu perubahan yang terjadi semenjak awal kehamilan adalah melambatnya saluran pencernaan secara signifikan. Ini untuk membantu tubuh mengekstrak nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Sayangnya, hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan seperti kembung dan gas setelah makan.

Selama kehamilan, hormon memperlambat saluran pencernaan. Ini berkaitan dengan meningkatnya kadar hormon progesteron yang menyebabkan pergerakan usus menjadi lambat. Akibatnta, makanan di usus menjadi lebih lama guna memaksimalkan efisiensi proses pencernaan dan penyerapannya sehingga tubuh menarik lebih banyak nutrisi dan menyerapnya ke dalam aliran darah. Sayangnya, semakin lama makanan menetap dalam saluran pencernaan, semakin besar kemungkinan ibu hamil mengalami kembung, gas, sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

Sensasi kembung berasal dari pembentukan gas dalam usus. Usus mengandung banyak bakteri  yang sifatnya alamiah dan non-patogenik. Bakteri tersebut bertahan dengan mencerna potongan makanan yang tidak dapat dicerna yang melewati sistem pencernaan. Selain mencerna, bakteri juga menghasilkan produk gas sampingan yang mengarah ke pembentukan gelembung gas dan sensasi gas atau kembung. Usus yang menjadi lambat selama kehamilan memungkinkan bakteri untuk mencerna sejumlah besar bahan makanan dan dengan demikian dihasilkan pula gas dalam jumlah besar.

Bayi di dalam rahim yang makin berkembang dan menekan perut juga dapat membuat pencernaan melambat. Alasan lain mengapa ibu hamil sering kembung setelah makan adalah jika ibu mengonsumsi vitamin prenatal dengan makanan. Menurut Heidi Murkoff dan Sharon Mazel dalam buku “What To Expect When You’re Expecting”, vitamin prenatal mengandung sejumlah besar zat besi, yang bisa memperburuk perlambatan yang berhubungan dengan kehamilan pada saluran pencernaan.

Meskipun sulit untuk menghindari perlambatan pencernaan selama kehamilan, namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut kembung saat hamil diantaranya :

  • Minumbanyak air, untukmembantumempercepat prosespencernaandanmengurangi pembentukangas.
  • Kunyah makanan hingga lembut dan tidak berbicara apabila sedang makan agar tidak banyak udara yang masuk ke dalam perut.
  • Tidak makan dalam jumlah besar, sebaiknya dalam jumlah kecil tapi lebih sering.
  • Hindari makanan atau minuman yang memiliki kandungan banyak gas yang dapat seperti kol, tape, durian, soda dan lain lain.
  • Berolahraga secara teratur seperti jalan di pagi hari guna melancarkan pencernaan dan pernapasan.

Sumber gambar : doctormums.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY