SERVIKS TIDAK KOMPETEN

DEFINISI
Leher rahim tidak kompeten, juga disebut insufisiensi serviks, adalah suatu kondisi yang terjadi ketika jaringan serviks lemah menyebabkan atau memberikan kontribusi untuk kelahiran prematur atau hilangnya kehamilan yang sehat.

Sebelum kehamilan, leher rahim Anda, bagian bawah rahim yang menghubungkan ke vagina biasanya tertutup dan kaku. Selama kehamilan berlanjut dan Anda mempersiapkan untuk kelahirkan, leher rahim secara bertahap melentur, menurun panjang (effaces) dan membuka (melebar). Jika Anda memiliki leher rahim yang tidak kompeten, leher rahim Anda mungkin mulai membuka terlalu cepat yang menyebabkan Anda melahirkan terlalu dini.

Leher rahim tidak kompeten bisa sulit untuk didiagnosa dan sebagai akibatnya, pengobatan. Jika leher rahim mulai membuka lebih awal, penyedia layanan kesehatan mungkin menyarankan pengobatan pencegahan selama kehamilan, seringkali penggunaan ultrasound atau prosedur yang menutup leher rahim dengan jahitan yang kuat (serviks cerclage).

GEJALA
Jika Anda memiliki leher rahim yang tidak kompeten, Anda mungkin tidak mengalami tanda-tanda atau gejala seperti leher rahim Anda mulai membuka selama awal kehamilan. Ketidaknyamanan yang ringan atau bercak selama beberapa hari atau beberapa minggu adalah hal yang mungkin, namun, mulai terjadi antara 14 dan 20 minggu kehamilan. Anda akan mengalami :

  • Sensasi tekanan panggul
  • Sakit punggung
  • Kram perut ringan
  • Perubahan dalam vagina
  • Perdarahan ringan

FAKTOR RESIKO
Berbagai faktor yang dapat meningkatkan risiko leher rahim tidak kompeten. Sebagai contoh:

  • Kondisi bawaan. Kelainan rahim dan kelainan genetik yang mempengaruhi jenis protein berserat yang membentuk jaringan penghubung tubuh Anda (kolagen) mungkin menyebabkan leher rahim tidak kompeten. Paparan dietilstilbestrol (DES), bentuk sintetis hormon estrogen, sebelum kelahiran juga telah dikaitkan dengan insufisiensi serviks.
  • Serviks trauma. Jika Anda mengalami robekan serviks selama kehamilan sebelumnya dan persalinan, Anda bisa memiliki leher rahim tidak kompeten. Prosedur bedah lainnya melibatkan leher rahim, seperti yang berkaitan dengan tes Pap yang abnormal, dapat menyebabkan kerusakan yang berkontribusi insufisiensi serviks.
  • Dilatasi dan kuret (D & C). Prosedur ini digunakan untuk mendiagnosa atau mengobati berbagai kondisi rahim seperti perdarahan berat atau untuk menghapus lapisan rahim setelah keguguran atau aborsi. Pada kesempatan langka ini dapat menyebabkan kerusakan struktural leher rahim.

KOMPLIKASI
Leher rahim tidak kompeten menimbulkan risiko untuk kehamilan Anda terutama selama trimester kedua, termasuk:

  • Kelahiran prematur
  • Keguguran

PERSIAPAN SEBELUM KONSULTASI
Jika Anda hamil dan memiliki faktor risiko apapun untuk leher rahim tidak kompeten atau Anda mengalami gejala apapun selama trimester kedua yang menunjukkan Anda mungkin memiliki leher rahim tidak kompeten, berkonsultasilah dengan penyedia layanan kesehatan Anda sesegera mungkin. Tergantung dari keadaannya, Anda mungkin perlu perawatan medis segera.

Berikut adalah beberapa informasi untuk membantu Anda bersiap-siap untuk konsultasi, serta mengetahui apa yang bisa Anda harapkan dari penyedia layanan kesehatan Anda.

Apa yang dapat Anda lakukan
Sebelum konsultasi, lakukan hal-hal berikut:

  • Bertanya tentang batasan pra-janji. Dalam kebanyakan kasus Anda akan segera diperiksa. Jika itu tidak terjadi, tanyakan apakah Anda harus membatasi aktivitas Anda sementara Anda menunggu jadwal konsultasi.
  • Ajaklah salah seorang nagota keluarga atau teman Anda saat konsultasi karena mereka dapt membantu Anda mengatasi rasa cemas dan mendengarkkan semua informasi penting yang disampaikan oleh dokter.
  • Menuliskan pertanyaan untuk ditanyakan kepada penyedia layanan kesehatan. Dengan cara itu, Anda tidak akan lupa hal penting yang harus Anda tanyakan, dan Anda dapat berkonsultasi secara efektif.

Berikut adalah beberapa pertanyaan dasar untuk ditanyakan kepada penyedia layanan kesehatan mengenai leher rahim tidak kompeten. Jika ada pertanyaan tambahan, jangan ragu untuk menanyakannya.

  • Apakah leher rahim saya mulai membuka? Jika demikian, berapa banyak?
  • Apakah ada sesuatu yang dapat saya lakukan untuk membantu memperpanjang masa kehamilan saya?
  • Apakah ada perawatan yang dapat memperpanjang kehamilan saya atau membantu bayi Saya?
  • Apakah saya perlu istirahat? Jika demikian, untuk berapa lama? Apa saja jenis kegiatan yang bisa saya lakukan? Apakah saya perlu untuk berada di rumah sakit?
  • Apa tanda-tanda atau gejala yang harus meminta saya untuk menelepon Anda?
  • Apa tanda-tanda atau gejala yang dapat Saya jadikan sebagai acuan untuk pergi ke rumah sakit?
  • Apa yang terjadi pada bayi saya jika dia lahir sekarang? Apa yang bisa saya harapkan?

Apa yang bisa Anda harapkan dari penyedia layanan kesehatan Anda
Penyedia layanan kesehatan Anda cenderung menanyakan beberapa pertanyaan, termasuk:

  • Kapan Anda pertama kali melihat tanda-tanda atau gejala Anda?
  • Apakah Anda memiliki kontraksi atau perubahan dalam vagina Anda?
  • Apakah Anda memiliki kehamilan, keguguran atau operasi serviks sebelumnya yang tidak Saya ketahui?
  • Berapa lama Anda samapi di rumah sakit dalam keadaan darurat, termasuk waktu untuk mengurus anak, transportasi, dan berbagai hal lainya?
  • Apakah Anda memiliki teman-teman atau orang-orang terdekat yang peduli jika Anda butuh istirahat?

TES DAN DIAGNOSIS
Leher rahim tidak kompeten hanya dapat dideteksi selama kehamilan, dan bahkan diagnosis kemudian akan menimbulkan kesulitan terutama selama kehamilan pertama. Untuk membantu mendiagnosa leher rahim tidak kompeten, penyedia layanan kesehatan akan membuat dokumen jika Anda mengalami gejala apapun.

Selain itu, penyedia layanan kesehatan akan bertanya tentang riwayat kesehatan Anda. Pastikan untuk memberitahu penyedia layanan kesehatan jika Anda mengalami hal buruk selama trimester kedua kehamilan atau Anda memiliki cairan (tetesan) serviks selama kehamilan dan pengiriman sebelumnya.

Penyedia layanan kesehatan Anda mungkin menentukan Anda memiliki leher rahim tidak kompeten jika Anda memiliki:

  • Sejarah dilatasi serviks yang menyakitkan dan pengiriman trimester kedua
  • Sejarah singkat kehamilan dan persalinan pada kehamilan sebelumnya
  • Kemajuan serviks dilatasi dan dasarnya sebelum Minggu ke 24 kehamilan tanpa kontraksi menyakitkan, perdarahan, membarn pecah atau infeksi.

Tes dan prosedur untuk membantu mendiagnosa leher rahim tidak kompeten selama trimester kedua meliputi:

  • USG transvaginal. Jika selaput janin tidak di saluran leher rahim atau vagina, penyedia layanan kesehatan akan menggunakan USG transvaginal untuk mengevaluasi panjang leher rahim Anda, menentukan berapa banyak leher rahim telah melebar dan memeriksa selaput janin. Selama jenis ultrasound ini, transduser ramping ditempatkan di vagina untuk mengirimkan gelombang suara dan mengumpulkan pantulan serviks dan rahim yang lebih rendah pada monitor.
  • Pemeriksaan panggul. Dokter akan memeriksa leher rahim Anda untuk melihat jika kantung ketuban sudah mulai menonjol melalui pembukaan (prolaps janin membran). Jika selaput janin di saluran leher rahim atau vagina, Anda memiliki leher rahim tidak kompeten. Penyedia layanan kesehatan akan memeriksa bukti setiap kondisi bawaan atau cairan serviks yang mungkin menyebabkan leher rahim tidak kompeten. Dokter juga akan memeriksa kontraksi dan, jika perlu, memantau mereka.
  • Tes laboratorium. Jika selaput janin terlihat dan USG menunjukkan tanda-tanda peradangan, tetapi Anda tidak memiliki gejala infeksi, dokter mungkin menguji sampel dari cairan ketuban (amniosentesis) untuk mendiagnosa atau menyingkirkan infeksi dan cairan kantung ketuban (chorioamnionitis).

Tidak ada tes apapun yang bisa dilakukan sebelum kehamilan untuk dipercaya memperkirakan leher rahim tidak kompeten. Namun, beberapa tes tertentu yang dilakukan sebelum kehamilan dapat membantu mendeteksi kelainan rahim yang mungkin menyebabkan leher rahim tidak kompeten. Misalnya, dokter mungkin menyarankan USG atau magnetic resonance imaging (MRI) yaitu sebuah prosedur yang menggunakan Medan magnet dan gelombang radio untuk menciptakan gambaranrincidari organ dan jaringan dalam tubuh Anda. Dalam beberapa kasus, hysterosalpingography yaitu sebuah prosedur yang menggunakan sinar-x untuk memeriksa bagian dalam rahim, tuba falopi, dan daerah sekitarnya akan dianjurkan.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN
Perawatan atau pendekatan untuk mengelola leher rahim tidak kompeten termasuk:

  • Suplementasi progesteron. Jika Anda memiliki sejarah kelahiran prematur, dokter mungkin menyarankan mingguan gambar bentuk hormon progesteron yang disebut hydroxyprogesterone caproate (Makena) selama trimester kedua. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan penggunaan terbaik dari progesteron dalam insufisiensi serviks. Saat ini, perawatan progesteron tampaknya tidak akan membantu untuk kehamilan kembar atau lebih.
  • Serial ultrasound. Jika Anda memiliki sejarah awal kelahiran prematur, atau Anda memiliki kerusakan serviks dalam persalianan atau operasi sebelumnya, dokter mungkin memulai pemantauan panjang leher rahim Anda secara hati-hati dengan memberi Anda ultrasound setiap dua minggu dari minggu ke15 sampai Minggu ke 24 kehamilan. Jika leher rahim mulai membuka atau menjadi lebih pendek dari panjang tertentu, dokter menyarankan serviks cerclage.
  • Serviks cerclage. Jika kehamilan Anda kurang dari 24 minggu atau memiliki sejarah awal kelahiran prematur dan USG menunjukkan bahwa rahim Anda membuka, prosedur bedah yang dikenal sebagai cerclage serviks bisa membantu mencegah kelahiran prematur. Selama prosedur ini, leher rahim yang dijahit ditutup dengan jahitan yang kuat. Jahitan akan dihapus selama satu bulan terakhir kehamilan atau selama persalinan.

Jika Anda memiliki sejarah kelahiran prematur yang mungkin karena kekurangan serviks, dokter mungkin juga merekomendasikan serviks cerclage sebelum leher rahim mulai membuka (profilaksis cerclage). Prosedur ini biasanya dilakukan sebelum Minggu ke14 kehamilan.

Cerclage serviks tidak sesuai untuk semua orang pada risiko kelahiran prematur. Misalnya, prosedur tidak dianjurkan untuk wanita yang hamil kembar atau lebih. Pastikan untuk berbicara dengan dokter mengenai risiko dan manfaat dari serviks cerclage. Dokter mungkin juga merekomendasikan penggunaan perangkat yang sesuai di dalam vagina dan dirancang untuk menahan rahim agar tetap di tempat (pessary). Pessary dapat digunakan untuk membantu mengurangi tekanan pada leher rahim. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah pessary adalah pengobatan yang efektif untuk insufisiensi serviks.

GAYA HIDUP DAN PERAWATAN DI RUMAH
Jika Anda memiliki leher rahim tidak kompeten, penyedia layanan kesehatan Anda mungkin menyarankan membatasi aktivitas seksual atau membatasi kegiatan fisik tertentu. Istirahat mungkin diresepkan dalam beberapa kasus, meskipun bukan obat, terbukti untuk mencegah kelahiran prematur.

CARA MENGATASI DAN DUKUNGAN
Adalah hal yang cukup sulit mengetahui bahwa Andam emiliki leher rahim yang tidak kompeten. Itu mungkin membuat Anda merasa cemas tentang kehamilan Anda dan takut akan masa depan Anda. Tanyakan kepada dokter mengenai saran tentang cara-cara yang aman untuk bersantai.

Jika Anda melahirkan prematur, Anda mungkin juga merasa bahwa Anda melakukan sesuatu yang menyebabkan kelahiran prematur atau bahwa Anda bisa berbuat lebih banyak untuk mencegahnya. Jika Anda mengalami perasaan bersalah, berbicaralah dengan pasangan Anda dan orang-orang terdekat, dan juga sebagai penyedia layanan kesehatan Anda. Cobalah untuk memfokuskan energi untuk merawat dan mengenal anak Anda.

PENCEGAHAN
Anda tidak dapat mencegah leher rahim tidak kompeten, tetapi ada banyak yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan kesehatan, kehamilan normal. Seperti:

  • Mencari perawatan pralahir reguler. Kunjungan Prenatal dapat membantu penyedia layanan kesehatan memantau kesehatan Anda dan kesehatan bayi Anda. Menyebutkan tanda-tanda atau gejala yang menjadi perhatian Anda, bahkan jika mereka tampak tidak penting. Pemeriksaan gigi secara teratur selama kehamilan juga penting.
  • Makan makanan yang sehat. Selama kehamilan, Anda akan memerlukan lebih banyak asam folat, kalsium, zat besi dan nutrisi penting lainnya. Vitamin Prenatal harian, idealnya mulai beberapa bulan sebelum konsepsi dapat membantu mengisi kesenjangan apapun Diet.
  • Menambah berat badan dengan bijak. Mendapatkan berat badan yang tepat dapat mendukung kesehatan bayi Anda. Peningkatan Berat badan pon 25-35 (sekitar 11 sampai 16 kilogram) sering dianjurkan untuk wanita yang memiliki berat badan yang sehat sebelum kehamilan.
  • Hindari bahan-bahan yang berisiko. Jika Anda Merokok, berhenti. Alkohol dan obat-oabata terlarang. Selain itu, obat-obatan tanpa resep lainya perlu Anda waspadai. Tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan Anda sebelum mengambil obat atau suplemen.

Jika Anda memiliki leher rahim tidak kompeten selama satu hitungan terakhir, Anda berada pada risiko kelahiran prematur atau keguguran pada kehamilan berikutnya. Jika Anda mempertimbangkan untuk hamil, berbicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk memahami risiko dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan kehamilan yang sehat.