Si Kecil Demam? Redakan dengan Makanan Ini!

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Demam pada anak menjadi salah satu gangguan kesehatan yang paling sering terjadi. Terlebih bila kondisi cuaca yang tak menentu. Belum lagi lingkungan sekitar yang polutif dapat meningkatkan potensi anak terserang demam. Namun, demam dapat diatasi dengan memberikan asupan tertentu kepada si kecil.

Jika anak Anda terserang demam, janganlah panik. Tunda juga untuk langsung memberinya obat penurun demam. Ada cara yang lebih sederhana dan mudah untuk meredam demam pada anak, yakni melalui makanan.

Berikut jenis makanan untuk meredakan demam anak:

  • Sayur lobak

Sayur lobak menjadi salah satu jenis makanan untuk meredakan demam pada anak. Ketika si kecil terkena demam, maka cobalah untuk menyajikan makanan ini dengan berbagai olahan. Sayur lobak bisa membantu mengatasi peradangan pada saat demam. Sayur lobak juga mengandung nutrisi, seperti zat anti imflamasi, vitamin C, dan antioksidan alami untuk membantu mengatasi peradangan dan menurunkan demam pada anak. Sayur lobak juga bermanfaat dalam meningkatkan imun anak sehingga nantinya lebih kebal terhadap infeksi penyakit. Sajikan sayur lobak selagi hangat untuk membantu meredakan gejala demam pada anak Anda. Sayur lobak bisa menjadi menu makan siang atau malam bagi si kecil ketika demam. Saat menyajikan sayur lobak, Anda bisa mengombinasikannya dengan yang lain, seperti wortel dan daging ayam.

  • Madu

Madu tidak hanya dapat menurunkan demam, namun juga batuk dan pilek. Para peneliti menyebutkan, madu dapat menjadi salah satu obat alami yang terbaik untuk mengobati batuk di malam hari. Sebuah penelitian dalam jurnal Pediatrics menemukan, anak-anak yang meminum dua sendok teh madu 30 menit sebelum tidur, frekuensi dan tingkat keparahan batuk si anak pada malam hari berkurang. Namun, hindari memberikan madu pada anak di bawah usia 12 bulan karena kemungkinan tersedak dan terkena infeksi bakteri Botulism.

  • Semangka

Buah yang satu ini kaya akan kandungan nutrisi dan tentunya mengandung banyak air. Kandungan nutrisi pada semangka di antaranya adalah vitamin C, betakaroten dan nutrisi penting lainnya. Manfaat semangka ialah membantu mengatasi peradangan dan menurunkan demam pada anak. Kandungan vitamin C di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem imun anak.  Selain itu, kandungan airnya akan menghindarkan si kecil dari dehidrasi ketika demam.

  • Aneka jus

Selain dimakan langsung, sejumlah buah-buahan juga cocok dijadikan jus untuk meredam demam pada anak, misalnya blewah dan pisang. Ini karena dalam jus buah juga ditemukan kandungan vitamin dan mineral. Pasien demam akan membutuhkan asupan vitamin C untuk kinerja daya tahan tubuh mereka. Selain itu, vitamin B, E, dan K pada jus buah dapat mengatasi infeksi serta memberi cukup energi untuk menyuplai proses penyembuhan sel. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY