Sikapi Kecanduan Game Online pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Perkembangan teknologi masa kini mampu memberikan banyak dampak baik positif maupun negatif. Tentu saja yang serba praktis dapat menjadi salah satu point positif tetapi dengan adanya akses online diberbagai aspek kehidupan terkadang membuat kita merasa dimanjakan.

Begitu juga yang dirasakan para gamer, menikmati game secara online menjadi pilihan mengisi waktu paling asyik. Tetapi akan berbeda ceritanya ketika pada akhirnya mengisi seluruh waktu dengan bermain game online. Apalagi jika sudah mulai memanfaatkan waktu produktif untuk bermain game, ini merupakan indikasi kecanduan game. Tidak dapat dipungkiri game yang berkembang saat ini memang sangat menarik dan membuat pemainnya sulit untuk berhenti, tetapi akan sangat baik jika mampu memanage waktu bermain dengan baik, tanpa menggangu aktivitas atau kepentingan lainnya.

Remaja adalah masa transisi yang sangat rentan dengan berbagai pengaruh baik positif maupun negatif. Salah satunya yang mampu menarik perhatian para remaja yakni keberadaan game online. Sebagian remaja akan tertarik dengan jenis game tertentu di media online dan kemudian akan sulit untuk berhenti. Berikut ini adalah pertanda bahwa anak remaja pembaca mengalami kecanduan game online :

  • Tidak lepas dari akses game, monitor maupun ponsel
  • Lebih tertutup
  • Pendiam
  • Menolak kegiatan outdoor
  • Mulai melalaikan tugas untuk game
  • Melewatkan banyak waktu untuk game

Ketika hal semacam ini terjadi maka harus ada tindakan dari orang  tua untuk mengarahkannya. Memilih cara yang tepat untuk menghadapi kelakuan remaja memang harus diambil dengan hati-hati. Hal ini berkaitan dengan karakteristik usia remaja yang sensitif dan sangat rawan salah paham. Maka dari itu sejak awal menjelang usia remaja anak-anak setidakanya harus diperhatikan dengan lebih.

Tetapi hal ini dipastikan sulit jika kedua orang tua merupakan pelaku karir yang sibuk. Maka dari itu hal seperti ini sebaiknya di jadikan sebagai kebiasaan sejak dini, terutama terkait filter pada anak agar dapat memanage dengan baik hal yang didapatkan dari luar. Pendekatan semacam itu dapat dijadikan langkah preventif atau pencegahan.

Tidakan yang dapat dilakukan para orang tua untuk mneghadapi anak remaja yang kecanduan game online diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Luangkan waktu bersama anak untuk sekedar mengobrol hal kecil
  • Pantau kegiatan belajarnya dengan benar
  • Untuk mengarahkannya, hindari melarang secara frontal. Hal ini untuk menghindari dampak psikis dari sang anak, mengingat diusia remaja mereka memiliki sensitifitas yang tinggi, begitu pula dengan amarahnya
  • Adakan agenda berlibur atau buatkan sang anak kesibukan lain sehingga dapat mengalihkan perhatiannya dari game tersebut
  • Bernegosiasilah dengan anak terkait waktu bermain dan terapkan kedisiplinan didalamnya dengan pemberian Reward & Punishment

Menanamkan kepedulian dan juga kedisiplinan menjadi point penting untuk dapat mengatasi anak remaja yang memiliki kesenangan game berlebih atau kecanduan. Dan cara terbaik dari orang tua dapat membuat anak berfikir lebih baik. Jangan patahkan keinginannya tapi cobalah berikan ia pilihan. (WDA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here