SILINDRIS

DEFINISI
Silindris adalah hal yang umum dan lembut diamana ketidaksempurnaan yang mudah diobati dalam kelengkungan mata Anda. Kondisi dapat menyebabkan penglihatan kabur. Silindris terjadi ketika permukaan depan mata Anda (kornea) atau lensa, di dalam mata Anda, memiliki kelengkungan permukaan sedikit berbeda dalam satu arah dari yang lain. Seharusnya halus dalam semua arah, namun terdapat permukaan menyanjung atau curam.

Silindris mengaburkan pandangan Anda dalam semua jarak. Silindris sering hadir pada saat lahir dan mungkin terjadi dalam kombinasi dengan rabun dekat atau farsightedness. Seringkali dikatakan tidak memerlukan tindakan korektif. Pada saat itu, pilihan pengobatan Anda termasuk lensa korektif dan operasi.

GEJALA
Tanda dan gejala silindris dapat mencakup:

  • Penglihatan kabur atau distorsi
  • Kelelahan mata
  • Sakit kepala

Kapan Anda harus menemui dokter
Jika kualitas pandangan dapat mengurangi kenikmatan kegiatan atau mengganggu kemampuan Anda untuk melakukan tugas-tugas sehari-hari, segera temui dokter mata. Dokter mata dapat menentukan apakah Anda memiliki silindris beserta tingkatannya. Ia dapat menasihati tentang pilihan Anda untuk memperbaiki pengihatan Anda.

Jika Anda orang dewasa yang sehat yang berusia lebih dari 40, periksalah mata Anda sekitar setiap dua sampai empat tahun sampai usia 55. Setelah umur 55 tahun, apakah mereka memeriksa setiap satu hingga tiga tahun untuk tanda-tanda penyakit mata atau masalah dan setelah usia 65, setiap satu sampai dua tahun.

Jika Anda memiliki masalah mata, seperti silindris, Anda mungkin perlu untuk memeriksa mata lebih sering dari sebelumnya Jika Anda berada pada risiko penyakit mata tertentu, seperti glaukoma, atau Anda memiliki diabetes, periksalah dengan dokter Anda untuk melihat seberapa sering Anda harus melakukan pemeriksaan mata.

PENYEBAB
Mata Anda memiliki dua bagian yang fokus terhadap gambar, kornea dan lensa. Pada mata yang berbentuk sempurna, masing-masing elemen fokus memiliki kelengkungan sempurna yang halus, seperti permukaan bola halus. Kornea atau lensa dengan permukaan seperti kelengkungan tikungan (yang terpantul) semua cahaya masuk dengan cara yang sama dan membuat gambar yang tajam terfokus di belakang mata Anda (retina).

Namun, jika kornea atau lensa tidak merata dan melengkung dengan halus, kemudian menyebabkan sinar cahaya untuk merata menjadi fokus. Hal ini menyebabkan bias kesalahan. Silindris adalah jenis bias kesalahan.

Pada mata silindris, kornea atau lensa melengkung lebih tajam dalam satu arah daripada yang lain. Anda memiliki kornea silindris jika kornea Anda memiliki bentuk terdistorsi. Anda memiliki lenticular silindris jika lensa Anda terdistorsi. Salah satu jenis silindris dapat menyebabkan penglihatan kabur. Penglihatan kabur dapat terjadi lebih dalam satu arah, baik horisontal, vertikal atau diagonal.

Silindris dapat terjadi dalam kombinasi dengan kesalahan lain bias, yang meliputi:

  • Rabun dekat (miopia). Hal ini terjadi ketika kornea melengkung terlalu banyak atau lebih lama dari biasanya. Bukan sedang difokuskan tepatnya pada retina Anda, cahaya difokuskan di depan retina, mengakibatkan penampilan buram untuk objek yang jauh.
  • Farsightedness (hyperopia). Hal ini terjadi ketika kornea melengkung terlalu sedikit atau lebih pendek dari normal. Efeknya adalah kebalikan dari rabun dekat. Ketika mata Anda santai, cahaya difokuskan di belakang punggung mata, sehingga membuat objek dekat terlihat kabur.

Silindris mungkin hadir dari lahir, atau ini mungkin berkembang setelah mata Anda luka, karena penyakit atau pembedahan. Silindris tidak disebabkan atau diperburuk karena membaca ditempat yang kurang cahaya, duduk terlalu dekat ke televisi atau menyipitkan mata.

PERSIAPAN SEBELUM KONSULTASI
Anda mungkin untuk memulai dengan melihat dokter keluarga Anda atau dokter umum. Namun, dalam beberapa kasus ketika Anda menelepon untuk mengatur janji temu, Anda dapat dirujuk ke dokter mata (dokter spesialis mata).

Karena waktu yang singkat, dan banyak hal yang membatasi, alangkah baiknya jika Anda mempersiapkan diri dengan baik. Berikut adalah beberapa informasi untuk membantu Anda bersiap-siap dan mengetahui apa yang bisa Anda harapkan dari dokter.

Apa yang dapat Anda lakukan

  • Tuliskan gejala yang Anda alami, termasuk apapun yang mungkin tampak tidak terkait dengan alasan konsultasi.
  • Tuliskan informasi penting mengenai kesehatan Anda, termasuk besar tekanan atau perubahan dalam hidup Anda.
  • Membawa daftar semua obat-obatan, vitamin atau suplemen yang Anda pakai.
  • Menuliskan pertanyaan untuk ditanyakan kepada dokter.

Waktu Anda dengan dokter terbatas, sehingga menyiapkan daftar pertanyaan akan membantu Anda berkonsultasi secara efektif. Urutkan daftar pertanyaan dari yang paling penting. Untuk silindris, beberapa pertanyaan dasar yang dapat Anda tanyaka kepada dokter meliputi:

  • Apa penyebab utama gejala yang Saya milik?
  • Adakah penyebab lainya?
  • Jenis tes apa yang saya butuhkan?
  • Apakah kondisi saya berlangsung sementara atau kronis?
  • Apa tindakan terbaik yang dapat Saya lakukan?
  • Apakah pendekatan utama alternative yang Anda rekomendasikan untuk Saya?
  • Saya memiliki kondisi kesehatn lainya, bagaimana cara saya menanganinya secara bersamaan?
  • Apakah ada batasan yang perlu Saya ikuti?
  • Apakah Saya harus melihat spesialis?
  • Adakah brosur atau bahan cetak serta website yang dapat Saya pedoamni?

Selain pertanyaan-pertanyaan yang sudah Anda siapkan, jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan lainnya selama konsultasi.

Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter
Dokter cenderung menanyakan beberapa pertanyaan. Jika Anda siap untuk menjawabnya, maka Anda dapat membahas petanyaan lain secara lebih dalam. Dokter mungkin bertanya:

  • Kapan Anda pertama kali mulai mengalami gejala?
  • Apakah Gejala-gejala Anda berlangsung secara terus-menerus, atau hanya kadang-kadang?
  • Seberapa parahkah gejala Anda?
  • Apa yang tampaknya untuk mengurangi gejala Anda?
  • Apa yang tampaknya memperburuk gejala Anda?

TES DAN DIAGOSIS
Untuk mendiagnosa kondisi Anda, dokter mata (dokter spesialis mata) dapat meninjau gejala Anda dan melakukan pemeriksaan mata yang komprehensif.

Pemeriksaan mata dapat mencakup beberapa tes, seperti:

  • Tes penglihatan. Dokter Anda mungkin meminta Anda untuk membaca surat-surat pada grafik untuk menguji pengihatan Anda.
  • Pengujian untuk mengukur kelengkungan kornea Anda. Dengan mengukur cahaya yang tercermin dari permukaan kornea Anda, alat yang disebut keratometer mengukur jumlah kelengkungan permukaan kornea Anda dan dapat mengkonfirmasi kehadiran silindris. Tes ini disebut keratometry. Kelengkungan kornea Anda adalah bagian penting dari informasi untuk lensa kontak pas. Kelengkungan cenderung tidak teratur di silindris. Untuk mengukur variasi dalam kelengkungan permukaan kornea, dokter mungkin menggunakan proses yang disebut pemetaan kornea terkomputerisasi. Pemetaan kornea terkomputerisasi menggunakan keratoscope yang dilengkapi dengan kamera video (videokeratoscope) untuk membuat peta permukaan kornea Anda.
  • Pengujian untuk mengukur fokus cahaya. Untuk mengukur seberapa mata Anda fokus cahaya, dokter mata Anda dapat menempatkan lensa yang berbeda di depan mata Anda menggunakan alat yang disebut phoropter. Dokter Anda juga dapat menggunakan alat yang disebut retinoscope, yang mengarahkan seberkas cahaya ke dalam mata Anda, untuk menentukan bagaimana mata Anda memfokuskan cahaya. Prosedur ini dapat menilai derajat bias kesalahan Anda dan membantu menghitung resep kacamata dan lensa kontak.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN
Tujuan dari pengobatan silindris adalah untuk kelengkungan tidak merata yang menyebabkan penglihatan Anda kabur dan meningkatkan kualitas penglihatan Anda.

Perawatan termasuk lensa korektif dan bias operasi.
Lensa korektif
Memakai lensa korektif memperlakukan silindris dengan menangkal kelengkungan kornea Anda yang tidak merata. Jenis lensa korektif meliputi:

  • Kacamata. Kacamata dapat dilakukan dengan lensa khusus yang membantu mengimbangi bentuk mata tidak merata. Selain memperbaiki silindris, kacamata juga dapat memperbaiki kesalahan bias lain, seperti rabun dekat atau farsightedness.
  • Lensa kontak. Seperti kacamata, lensa kontak dapat memperbaiki silindris. Berbagai lensa kontak tersedia, termasuk keras, lunak, diperpanjang, kontak lensa sekali pakai, kaku, gas permeabel dan berpolarisasi. Tanyakan kepada dokter mata Anda tentang Pro dan kontra dari masing-masing lensa kontak dan yang terbaik bagi Anda. Lensa kontak juga digunakan dalam prosedur yang disebut orthokeratology. Dalam orthokeratology, Anda memakai lensa kontak kaku selama beberapa jam selama satu sehari sampai kelengkungan mata Anda meningkatkan. Kemudian, Anda memakai lensa kurang sering untuk menjaga bentuk baru. Jika Anda menghentikan perawatan ini, mata Anda kembali ke bentuk sebelumnya. Memakai lensa kontak untuk waktu yang lama meningkatkan risiko infeksi di mata.

Operasi Bias
Metode pengobatan silindris ini memperbaiki masalah pembentukan permukaan mata Anda kembali. Sebelum operasi, dokter akan mengevaluasi dan menentukan jika Anda kandidat untuk operasi bias. Metode bedah bias meliputi:

  • Operasi LASIK. Keratomileusis laser in-situ (LASIK) adalah prosedur di mana dokter menggunakan alat yang disebut keratome untuk menjadikan kornea tipis, melingkar memotong. Atau, ini memotong bagian yang sama yang dapat dilakukan dengan laser khusus. Ahli bedah mengangkat lipatan dan kemudian menggunakan laser excimer untuk memahat bentuk kornea di bawah lipatan. Laser excimer berbeda dari laser lain, karena tidak menghasilkan panas.
  • Photorefractive keratectomy (Utara). Di bagian Utara, dokter bedah menghilangkan lapisan pelindung luar kornea sebelum menggunakan laser excimer untuk mengubah kelengkungan kornea.
  • Bedah LASEK. Dalam laser in-situ subepithelial keratomileusis (LASEK) banyak lapisan tipis kornea dilipat kembali, yang membuat mata Anda kurang rentan terhadap kerusakan karena cedera. LASEK mungkin pilihan yang lebih baik jika Anda memiliki kornea yang tipis atau jika Anda berada pada risiko tinggi cedera mata di tempat kerja atau bermain olahraga.