Simak Metode Sunat pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Metode sunat pada anak tidak jarang mengakibatkan phobia yang berlebihan. Berbagai macam kasus kelainan pada organ kelamin anak laki-laki ialah ditemukannya penyakit fimosis, penyempitan ujung kulit depan dan forskin penis.

Metode Sunat Pada Anak yang Perlu Diketahui Orangtua

Banyak anak laki-laki yang ketakutan saat hendak disunat. Sebagai orangtua, sudah seharusnya kita mengetahui prosesnya sehingga bisa menjaga anaknya dengan baik ketika proses itu tiba.

  • Tradisional

Teknik tradisional saat ini memang sudah jarang kita temukan di area perkotaan. Teknik sunat dengan cara tradisional biasanya dilakukan oleh dukun sunat memakai silet, pisau dan bambu. Peralatan perlu disterilkan menggunakan alkohol. Proses kitan dilakukan tanpa pembiusan, kulit penis dijepit lalu dipotong. Kemudian bekas luka ditaburi dengan obat antiinfeksi kemudian dibalut tanpa proses jahit.

Kelebihannya bisa dilakukan dengan proses yang cepat. Kekurangannya ialah  resiko perdarahan dan infeksi akan terjadi jika tidak dirawat dengan benar dan steril. Resiko terpotongnya saraf di area penis akan mempengaruhi kehidupan seksual jika sudah dewasa nantinya.

  • Konvensional

Proses sunat konvensional kini bisa dilakukan oleh tenaga dokter serta mantri sunat. Alat sunat sudah sesuai standar medis. Pemotongan kulit penis juga dilakukan dengan pembiusan, lalu kulit penis diiris dengan gunting atau pisau bedah. Kemudian kulit penis disatukan dengan menjahit hingga hasilnya bisa lebih baik.

Kelebihannya ialah rasa sakit yang mulai berkurang karena diberi dengan bius lokal. Risiko infeksi sangat kecil karena alat sesuai standar medis. Biaya sangat terjangkau. Cara ini cocok digunakan untuk anak yang hiperaktif dan autis.

Kekurangannya ialah pengerjaan lama yaitu 30-50 menit, penyembuhan cukup lama dan luka jangan sampai kena air sehingga cepat sembuh.

  • Electric cauter

Metode sunat laser menggunakan alat cauter khusus untuk memotong kulit penis. Alat tersebut bentuknya mirip pistol yang dialiri dengan listrik. Ujung logamnya bisa memanas dan memerah. Alat ini dapat memotong kulit penis tanpa berdarah, karena sangat panas.

Kelebihannya ialah cocok untuk anak usia 3 tahun ke bawah karena pembuluh darahnya masih kecil. Waktu penyembuhan lebih cepat. Waktu pengerjaan juga lebih cepat. Kekurangannya ialah bau menyengat, bagai daging terbakar.

  • Klem

Klem ialah tabung plastik khusus dengan ukuran bervariasi dengan ukuran penis. Metode klem bervariasi alat yang digunakan. Kulit penis (kulup) dipotong dengan pisau bedah,. Klem  dipasang mengering hingga 3-6 hari. Kelebihannya ialah dengan perdarahan minimal dan tidak dijahit. Luka khitan bisa terkena air. Proses cepat butuh waktu 7-10 menit. Biayanya lebih mahal.

Dengan demikian Anda bisa memutuskan kira-kira metode sunat mana yang paling cocok untuk anak Anda. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here