SINDROM BRUGADA

DEFINISI
Sindrom Brugada adalah sindrom yang berpotensi mengancam kehidupan irama jantung yang kadang-kadang diwariskan dalam keluarga. Orang dengan sindrom Brugada memiliki peningkatan risiko irama jantung yang tidak normal dari bilik-bilik jantung yang rendah (ventrikel aritmia).

Kebanyakan orang yang memiliki sindrom Brugada tidak memiliki gejala, dan begitu juga mereka tidak menyadari kondisi mereka. Tanda Kelainan disebut pola Brugada ECG tipe 1 yang terdeteksi oleh tes Elektrokardiogram (ECG). Sindrom Brugada jauh lebih umum pada pria.

Sindrom Brugada dapat diobati dengan langkah-langkah preventif seperti menghindari obat-obatan tertentu, mengurangi demam dan, bila perlu, menggunakan perangkat medis yang disebut implan cardioverter defibrillator (ICD).

GEJALA
Kebanyakan orang yang memiliki sindrom brugada terdiagnosis karena kondisi yang sering tidak menimbulkan gejala apapun. Tanda sindrom brugada paling penting adalah pola abnormal pada Elektrokardiogram (ECG) yang disebut pola Brugada ECG tipe 1. Anda tidak bisa merasakan tanda Brugada, namun hanya terdeteksi pada EKG.

Dimungkinkan untuk memiliki tanda atau pola Brugada, tanpa sindrom Brugada. Namun, tanda-tanda dan gejala yang bisa berarti Anda memiliki sindrom Brugada termasuk:

  • Pingsan (pingsan)
  • Denyut jantung tidak teratur atau palpitasi
  • Detak jantung sangat cepat dan kacau (serangan jantung mendadak)

Tanda dan gejala sindrom brugada mirip dengan beberapa irama masalah jantung lainnya, jadi sangat penting menemui melihat untuk mengetahui jika sindrom bruganda atau masalah irama jantung lainnya yang menyebabkan gejala-gejala yang Anda miliki.

Kapan Anda harus menemui dokter
Jika Anda memiliki jantung berdebar-debar atau detak jantung tidak teratur (aritmia), segeralah membuat janji dokter. Masalah Anda bisa disebabkan oleh masalah irama jantung, tapi tes dapat menentukan jika penyebab masalah jantung Anda adalah sindrom Brugada.

Jika Anda menjadi lemah dan Anda menduga hal itu mungkin karena kondisi jantung, segera mencari perhatian medis darurat. Jika orang tua, saudara kandung atau anak Anda didiagnosa dengan sindrom Brugada, Anda mungkin ingin membuat janji dengan dokter. Dokter bisa mendiskusikan Apakah Anda harus melakukan tes genetik untuk melihat jika Anda berada pada risiko sindrom Brugada.

PENYEBA
Sindrom bruganda adalah gangguan irama jantung. Setiap detak jantung Anda dipicu oleh impuls listrik yang dihasilkan oleh sel-sel khusus di ruang kanan atas jantung Anda. pori-pori yang kecil yang disebut saluran, pada masing-masing sel-sel ini berlangsung kegiatan listrik, yang membuat jantung berdetak.

Dalam sindrom Brugada, suatu kecacatan dalam saluran ini dapat menyebabkan detak jantung yang tidak normal dan memutar elektrik di luar kendali dalam irama cepat yang tidak normal dan berbahaya (fibrilasi ventrikel).

Sebagai akibatnya, jantung tidak memompa secara efektif dan mengalirkan darah yang tidak cukup ke seluruh tubuh. Ini akan menyebabkan Anda pingsan jika irama yang berlangsung hanya dalam waktu singkat atau kematian jantung mendadak jika jantung tetap dalam irama yang buruk.

Sindrom Brugada sering diwarisi dalam keluarga, tapi mungkin juga hasil dari kelainan jantung yang sulit dideteksi, ketidakseimbangan dalam zat kimia yang membantu mengirimkan sinyal-sinyal listrik melalui tubuh Anda (elektrolit), atau efek dari obat resep tertentu atau kokain. Sindrom Brugada biasanya didiagnosis pada orang dewasa dan kadang-kadang juga terjadi pada remaja. Namun jarang didiagnosis pada anak-anak.

FAKTOR RESIKO
Faktor-faktor risiko sindrom Brugada meliputi:

  • Riwayat Keluarga sindrom Brugada. Jika anggota keluarga lainnya pernah memiliki sindrom brugada, Anda berada pada peningkatan risiko memiliki kondisi ini.
  • Laki-laki. Laki-laki dewasa lebih sering didiagnosis daripada wanita. Pada anak-anak dan remaja, namun, anak laki-laki dan perempuan yang didiagnosis pada tingkat yang sama.
  • Ras. Sindrom Brugada lebih sering terjadi di Asia daripada di ras lain.
  • Demam. Sementara demam tidak menyebabkan sindrom Brugada dengan sendirinya, demam dapat mengganggu jantung dan merangsang Brugada, yang dipicu pingsan atau gagal jantung secara tiba-tiba, terutama pada anak-anak.

KOMPLIKASI
Komplikasi sindrom Brugada memerlukan pelayanan gawat darurat. Yang termasuk:

  • Serangan jantung mendadak. Jika tidak ditangani segera, ini akan menyebabkan kehilangan fungsi jantung secara tiba-tiba, pernapasan dan kesadaran, yang sering terjadi saat tidur, ini berakibat sangat fatal. Perawatan medis dengan dan cepat akan meningkatkan keselamatan. Mengelola resusitasi kardiopulmoner (CPR), penekanan ke dada dengan cepat dan kejutan eksternal dari defibrilator eksternal otomatis (AED) dapat meningkatkan kemungkinan bertahan hidup sampai anggota darurat tiba.
  • Pingsan (pingsan). Jika Anda memiliki sindrom Brugada dan Anda pingsan, segeralah mencari perhatian medis darurat.

PERSIAPAN SEBELUM MENEMUI DOKTER
Jika dokter berpikir Anda memiliki sindrom Brugada, Anda mungkin memerlukan beberapa janji temu untuk mengkonfirmasikan diagnosis dan mencari tahu seberapa serius kondisi Anda. Dokter harus memberikan instruksi setiap sebelum konsultasi mengenai persiapan khusus yang perlu Anda lakukan.

Berikut adalah beberapa informasi untuk membantu Anda bersiap-siap untuk konsultasi, dan untuk mengetahui apa yang bisa Anda harapkan dari dokter.

Apa yang dapat Anda lakukan

  • Menyadari batasan pra-janji. Pada saat Anda membuat janji, pastikan untuk bertanya apakah ada sesuatu yang perlu Anda lakukan sebelumnya. Misalnya, jika Anda memiliki sebuah tes untuk melihat aktivitas listrik jantung Anda (studi elektrofisiologinya), Anda akan perlu bersiap selama delapan sampai 12 jam sebelum tes Anda.
  • Tuliskan gejala yang Anda alami, termasuk apapun yang mungkin tampak tidak terkait dengan sindrom Brugada.
  • Tuliskan informasi penting mengenai diri Anda, terutama riwayat keluarga Anda apbila memiliki serangan jantung mendadak atau kondisi jantung lainya, dan sejarah pingsan atau jantung aritmia.
  • Buatlah daftar semua obat-obatan, vitamin atau suplemen Anda ambil.
  • Ajaklah salah seorang anggota keluarga teman Anda saat konsultasi karena mereka bida membantu Anda menyampaikan keluhan dan mendengarkan semua informasi yang disampaikan oleh dokter
  • Menuliskan pertanyaan untuk ditanyakan kepada dokter.

Mempersiapkan daftar pertanyaan akan membantu berkonsultasi secara efektif. Untuk Sindrom Brugada, beberapa pertanyaan dasar yang dapat Anda tanyakan meliputi:

  • Apa penyebab utama gejala atau kondisi saya?
  • Adakah penyebab lainya?
  • Jenis tes apa yang butuhkan?
  • Apakah saya perlu pengobatan untuk sindrom Brugada?
  • Apa pengobatan terbaik yang dapat saya lakukan?
  • Apa tingkat aktivitas fisik yang boleh saya lakukan?
  • Seberapa sering saya harus melakukan kunjungan tindak lanjut untuk memantau kondisi Saya?
  • Saya memiliki kondisi kesehatan lainnya, jadi bagaimana cara Saya menanganinya secara bersamaan?
  • Apakah ada batasan yang perlu Saya ikuti?
  • Apakah Saya harus menemui spesialis?
  • Adakah brosur atau bahan cetak serta website yang dapat Saya pedomani?
  • Apakah keluarga saya perlu di skrining?

Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan lainya selama konsultasi.

Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter
Dokter cenderung menanyakan beberapa pertanyaan, seperti:

  • Apakah Anda memiliki riwayat keluarga dengan sindrom Brugada atau masalah irama jantung lainya?
  • Kapan gejala mulai terlihat?
  • Apakah gejala berlangsung secara terus-menerus atau hanya sesekali?
  • Seberapa sering Anda memiliki gejala, seperti pingsan?

TES DAN DIAGNOSIS
Selain pemeriksaan fisik, mendengarkan jantung Anda dengan stetoskop, dan standar 12-lead ECG, tes lainnya untuk melihat apakah Anda memiliki sindrom Brugada meliputi:

  • Elektrokardiogram (ECG) dengan obat. Dalam tes non-invasif ini, seorang teknisi menempatkan probe pada dada Andauntuk merekaman impuls listrik yang membuat jantung berdaetak. EKG ini akan mencatat sinyal listrik dan dapat membantu dokter mendeteksi penyimpangan dalam struktur dan irama jantung Anda.
    Namun, karena ritme jantung Anda dapat berubah, Elektrokardiogram dengan sendirinya tidak dapat mendeteksi irama jantung yang tidak normal. Dokter Anda mungkin memberikan Anda obat yang dapat membuka kedok pola Brugada ECG tipe 1 pada orang yang pernah mengalami sindrom Brugada. Obat biasanya disuntikkan pada barisan intravena (IV).
  • Tes elektrofisiologinya (EP). Jika ECG Anda menunjukkan bahwa Anda memiliki sindrom Brugada, dokter Anda juga dapat merekomendasikan tes EP dalam upaya untuk melihat betapa mudahnya bagi jantung untuk masuk ke dalam irama Brugada yang tidak normal. Dalam tes EP, kateter dimasukan melalui vena di pangkal paha ke dalam jantung, yang mirip dengan kateterisasi jantung. Elektroda kemudian melewati kateter, ke titik berbeda dalam jantung. Elektroda kemudian memetakan setiap denyut jantung yang tidak teratur. Elektroda tidak mengejutkan jantung, mereka hanya mendeteksi sinyal-sinyal listrik yang berjalan melalui jantung.
  • Pengujian genetik. Sementara pengujian genetik tidak diperlukan untuk mendiagnosa sindrom Brugada, dokter dapat merekomendasikan tes genetik untuk anggota keluarga yang lain jika Anda didiagnosis dengan sindrom Brugada.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN
Pengobatan sindrom Brugada tergantung pada risiko detak jantung yang tidak normal (aritmia). Orang-orang yang dianggap beresiko tinggi memiliki:

  • Pernah mengalami gangguan irama jantung yang serius
  • Pernah mengalami pingsan
  • Pernah selamat dari serangan jantung mendadak

Karena sifat kelainan irama jantung, obat biasanya tidak digunakan untuk mengobati sindrom Brugada. Perangkat medis yang disebut implan cardioverter-defibrilator adalah pengobatan utama.

Implan cardioverter-defibrillator (ICD). Bagi individu yang berisiko tinggi, pengobatan mungkin termasuk implan cardioverter defibrillator (ICD). Perangkat kecil ini terus-menerus memonitor irama jantung Anda dan memberikan kejutan listrik ketika diperlukan untuk mengontrol detak jantung yang tidak normal. Untuk menempatkan ICD, yang fleksibel, kawat terisolasi (memimpin) dimasukkan ke dalam vena utama di bawah atau dekat tulang selangka Anda dan dipandu dengan bantuan X-ray gambar jantung.

Ujung mengarah ke bawah jantung diamankan untuk memompa bilik jantung (ventrikel), sedangkan ujung yang lain yang melekat pada generator pengejut, yang biasanya tertanam di bawah kulit di bawah tulang selangka Anda. Prosedur untuk implan ICD memerlukan rawat inap untuk satu atau dua hari. ICD dapat menyebabkan komplikasi, beberapa diantaranya mengancam kehidupan, sehingga sangat penting untuk mempertimbangkan manfaat dan risiko.

Orang yang memiliki ICD ditanamkan sebagai pengobatan untuk sindrom Brugada dilaporkan menerima guncangan dari ICD bahkan ketika detak jantung mereka dalam keadaan normal. Dokter akan memogram ICD Anda untuk mengurangi risiko ini. Jika Anda memiliki ICD yang ditanamkan sebagai bagian dari pengobatan sindrom Brugada, konsultasikan dengan dokter Anda tentang cara untuk menghindari kejutan yang tidak seharusnya.

Terapi obat. Kadang-kadang, obat-obatan seperti quinidine digunakan untuk mencegah jantung masuk ke ritme yang berpotensi berbahaya. Ini juga mungkin berguna sebagai terapi tambahan bagi orang yang sudah memiliki ICD. Namun, jika pasien berisiko tinggi karena serangan jantung sebelumnya atau pingsan, pengobatan utama adalah implantasi ICD.

CARA MENGATASI DAN DUKUNGAN
Mengetahui bahwa Anda memiliki sindrom bruganda akan menimbulkan rasa kecewa dan kekhawatiran. Anda akan khawatir jika pengobatan Anda bekerja atau jika anggota keluarga lainya berada pada resiko yang sama. Ada beberapa cara untuk mengatasi rasa cemas karena kondisi Anda, termasuk:

  • Grup pendukug. Mengetahui jika Anda otau orang yang Anda cintai memeiliki sindrom bruganda cukup menakutkan. Berbicara dengan keluarga atau teman Anda akan meringakan ketakutan Anda, tapi jika Anda membutuhkan bantuan lebih, konsultasikan kepada dokter bahwa Anda membutuhkan bantuan berupa grup pendukung. Anda bisa berbagi rasa cemas Anda dengan orang-orang yang mengalami hal yang sama dengan Anda.
  • Lakukan pemeriksaan berkala.
    Jika Anda memiliki sindrom bruganda, alangkah baiknya jika Anda untuk melakukan pemeriksaaan secara berkala dengan dokter untuk memastikan jika Anda mengelola kondisi jantung Anda dengan benar. Pemeriskaan ini berguna bagi dokter untuk menentukan jika Anda perlu merubah perawatan yang sesuai untuk kondisi Anda dan mengetahui masalah lainya secara dini.