SINDROM EISENMENGER

DEFINISI
Sindrom Eisenmenger adalah komplikasi dari cacat jantung saat Anda dilahirkan (kongenital). Cacat jantung yang menyebabkan lubang (shunt) diantara dua bilik jantung Anda adalah penyebab paling umum dari sindrom Eisenmenger. Lubang ini menyebabkan darah beredar normal dalam hati dan paru-paru. Meningkatkan aliran darah kembali ke paru-paru Anda bukannya pergi ke seluruh tubuh. Pembuluh darah di arteri paru-paru Anda menjadi kaku dan sempit, meningkatkan tekanan di arteri paru-paru Anda. Ini secara permanen merusak pembuluh darah di paru-paru Anda.

Sindrom Eisenmenger terjadi ketika tekanan peningkatan aliran darah di paru-paru menjadi begitu besar bahwa membalikkan arah aliran darah melalui lubang. Kekurangan oksigen dalam darah (biru) dari sisi kanan jantung mengalir ke dalam ventrikel kiri dan dipompa untuk tubuh Anda, sehingga membuat Anda tidak menerima oksigen yang cukup untuk semua organ dan jaringan. Sindrom Eisenmenger adalah suatu kondisi yang mengancam kehidupan yang memerlukan pengawasan medis secara hati-hati. Obat dapat memperbaiki gejala dan prognosis.

GEJALA
Tanda dan gejala sindrom Eisenmenger meliputi :

  • Warna kulit kebiruan atau keabu-abuan (sianosis)
  • Kuku yang besar dan bulat
  • Mudah lelah dan sesak napas saat melakukan kegiatan
  • Sesak napas saat istirahat
  • Nyeri atau sesak dada
  • Detak jantung yang cepat (palpitasi)
  • Pingsan (pingsan)
  • Pusing
  • Mati rasa atau kesemutan di jari tangan atau kaki
  • Sakit kepala

Kapan Anda harus menemui dokter
Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala sindrom Eisenmenger, segeralah membuat janji untuk bertemu dokter. Bahkan jika Anda belum perah didiagnosis dengan cacat jantung, gejala seperti sianosis dan sesak napas adalah tanda bahwa Anda memiliki masalah kesehatan yang membutuhkan perhatian medis.

PENYEBAB
Sindrom Eisenmenger berkembang paling sering karena lubang antara bilik-bilik jantung Anda. Untuk memahami bagaimana sindrom Eisenmenger mempengaruhi jantung dan paru-paru, sangat bermanfaat untuk mengetahui bagaimana jantung Anda bekerja.

Bagaimana jantung bekerja
Jantung terbagi menjadi empat kamar, dua di sebelah kanan dan dua di sebelah kiri. Dalam melaksanakan tugas dasarnya yaitu memompa darah ke seluruh tubuh dan jantung hAnda menggunakan sisi kiri dan kanan untuk tugas-tugas yang berbeda. Sisi kanan mengalirkan darah ke pembuluh yang mengarah ke paru-paru. Di paru-paru, oksigen memperkaya darah, yang beredar ke kiri jantung Anda. Sisi kiri jantung memompa darah ke dalam pembuluh besar yang disebut aorta, yang mengedarkan darah ke seluruh tubuh Anda. Katup mengontrol aliran darah ke dan dari bilik-bilik jantung Anda. Katup ini membuka untuk memungkinkan darah pindah ke ventrisel berikutnya atau untuk salah satu arteri, dan mereka menutup untuk mencegah darah mengalir ke belakang.

Bagaimana sindrom Eisenmenger berkembang
Bagi kebanyakan orang yang memiliki sindrom Eisenmenger, penyebab kondisi mereka adalah karena lubang (shunt) antara pembuluh darah utama atau bilik jantung. Shunt ini adalah kondisi jantung bawaan (kongenital). Cacat jantung yang dapat menyebabkan sindrom Eisenmenger meliputi :

  • Defek septum ventrikular. Shunt ini berada di dinding jaringan yang membagi sisi kanan dan kiri jantung Anda di ruang pemompaan utama (ventrikel) sebagai penyebab paling umum dari sindrom Eisenmenger.
  • Cacat septum atrium. Cacat septum atrium adalah shunt di dinding jaringan yang membagi sisi kanan dan kiri dari ruang atas jantung Anda (atria).
  • Patent ductus arteriosus. Cacat jantung ini membuka antara arteri paru-paru yang membawa darah yang kurang akan oksigen ke paru-paru dan arteri yang membawa darah kaya oksigen ke seluruh tubuh Anda (aorta).
  • Cacat atrioventrikular kanal. Dalam hal ini, ada lubang besar di pusat jantung dimana dinding antara bilik-bilik atas (atria) dan ventrikel lebih rendah bertemu. Beberapa katup jantung Anda juga tidak dapat berfungsi dengan benar.

Untuk setiap cacat ini, peningkatan tekanan darah yang mengalir melalui shunt meningkatkan tekanan di arteri paru-paru Anda. Seiring waktu, tekanan ini meningkatkan kerusakan pembuluh darah kecil di paru-paru Anda. Dinding pembuluh darah yang rusak menimbulkan kesulitan bagi sel-sel darah merah untuk mengambil oksigen. Sindrom Eisenmenger terjadi ketika darah mengalir ke belakang melalui shunt, menyebabkan darah kaya oksigen dan kurang oksigen bercampur. Hal ini akan menurunkan tingkat oksigen dalam darah Anda (sianosis), dan meningkatkan jumlah sel darah merah untuk mencoba dan menyebabkan kekurangan oksigen.

FAKTOR RESIKO
Sindrom Eisenmenger terjadi ketika sebuah cacat jantung bawaan tidak terdeteksi cukup dini untuk dirawat sebelum terjadi kerusakan arteri paru-paru. Jika Anda atau anak Anda menerima diagnosis jantung bawaan, penting untuk memulai perawatan sesegera mungkin, termasuk memiliki operasi atau prosedur yang dilakukan untuk membantu memperbaiki cacat.

Riwayat Keluarga cacat jantung juga meningkatkan risiko mengembangkan sebuah cacat jantung bawaan, termasuk kemungkinan mengembangkan sindrom Eisenmenger padabayi. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang skrining anggota keluarga lainnya untuk Cacat jantung jika Anda telah didiagnosa dengan sindrom Eisenmenger atau cacat jantung.

KOMPLIKASI
Tanpa perawatan yang tepat dan pemantauan , Anda dapat mengembangkan komplikasi sindrom Eisenmenger, termasuk :

  • Tingkat rendah oksigen dalam darah (sianosis). Aliran darah terbalik melalui jantung Anda menurunkan jumlah jaringan oksigen yang diterima tubuuh. Hal ini menyebabkan Anda untuk memiliki toleransi yang rendah akan aktivitas fisik dan kulit Anda untuk memiliki warna kebiruan atau keabu-abuan. Sianosis akan memburuk dari waktu ke waktu.
  • Jumlah sel darah merah yang tinggi (erythrocytosis). Karena Anda tidak mendapatkan cukup darah yang kaya akan oksigen yang beredar di seluruh tubuh Anda, ginjal mengeluarkan hormon yang meningkatkan jumlah sel darah merah, sel-sel yang membawa oksigen di seluruh tubuh. Memiliki terlalu banyak sel-sel darah merah dapat mengurangi aliran darah ke organ lain dan meningkatkan risiko mengembangkan pembekuan darah.
  • Aritmia. Pembesaran dan penebalan dinding di jantung, bersama dengan kadar oksigen yang rendah dapat menyebabkan irama jantung yang tidak teratur (aritmia). Beberapa jenis aritmia dapat menyebabkan darah dalam bilik jantung Anda dapat membeku. Jika pembekuan bergerak dari hati Anda dan memblokir arteri, Anda dapat memiliki serangan jantung atau stroke.
  • Serangan jantung mendadak. Jika Anda mengembangkan aritmia sebagai komplikasi dari sindrom Eisenmenger, sangat mungkin aritmia bisa menghentikan detak jantung Anda secara tiba-tiba. Serangan jantung mendadak secara tiba-tiba adalah hilangnya fungsi jantung, pernapasan dan kesadaran tanpa terduga. Tanpa perhatian medis sesegera mungkin, Anda bisa meninggal karena serangan jantung mendadak dalam beberapa menit. Anda juga dapat pergi ke serangan jantung selama prosedur pembedahan, biasanya terkait dengan perubahan dalam tekanan darah yang disebabkan oleh anestesi.
  • Gagal jantung. Peningkatan tekanan di jantung Anda dapat menyebabkan otot-otot jantung untuk melemah, mengurangi efektivitas pemompaan. Akhirnya, hal ini dapat menyebabkan gagal jantung.
  • Batuk sampai berdarah (hemoptysis). Tekanan meningkat pada paru-paru dan masalah dengan darah Anda yang disebabkan oleh sindrom Eisenmenger yang dapat mengancam kehidupan yaitu perdarahan ke paru-paru dan alur udara, menyebabkan Anda mengalami batuk darah dan lebih lanjut menurunkan tingkat oksigen darah Anda. Perdarahan juga dapat terjadi di bagian tubuh lain.
  • Stroke. Stoke dapat terjadi apabila pembekuan darah berlanjut dari kanan ke kiri jantung tanpa disaring oleh paru-paru Anda. Bekuan darah ini kemudian dapat memblokir pembuluh darah di otak, menyebabkan stroke. Tingkat tinggi sel darah merah dalam sindrom Eisenmenger juga meningkatkan risiko pembekuan darah dan stroke.
  • Masalah ginjal. Tingkat rendah oksigen dalam darah Anda dapat menyebabkan masalah ginjal. Ini juga dapat meningkatkan risiko Anda mengembangkan asam urat.
  • Resiko Kehamilan. Karena tuntutan kehamilan menempatkan jantung dan paru-paru seorang ibu, wanita yang memiliki sindrom Eisenmenger seharusnya tidak diizinkan hamil. Kehamilan untuk seorang wanita yang memiliki sindrom Eisenmenger menimbulkan risiko tinggi kematian ibu dan bayi.

Sindrom Eisenmenger adalah suatu kondisi yang mengancam kehidupan. Prognosis untuk orang-orang yang didiagnosis dengan sindrom Eisenmenger tergantung pada jenis cacat jantung bawaan dan kondisi medis lainnya. Orang-orang yang didiagnosis dengan sindrom Eisenmenger dapat bertahan selama umur 50-60 tahun dan bahkan lebih lama.

PERSIAPAN SEBELUM KONSULTASI
Jika Anda didiagnosis dengan sindrom Eisenmenger, Anda akan dirujuk ke dokter spesialis jantung (dokter spesialis jantung). Hal ini penting bagi Anda untuk menemukan seorang ahli jantung yang memiliki pengalaman merawat orang-orang yang memiliki cacat jantung bawaan.

Gejala Sindrom Eisenmenger, seperti warna kulitbiru atau keabu-abuan (sianosis) dan sesak napas yang cukup berat. Bahkan jika Anda belum didiagnosis dengan cacat jantung sebelumnya, gejala-gejala ini membutuhkan perhatian medis segera mungkin.

Karena sindrom Eisenmenger adalah suatu kondisi yang rumit dan karena sering ada hal yang membatasi, alangkah baiknya jika Anda mempersiapakan dirir sebelum konsultasi. Berikut adalah beberapa informasi untuk membantu Anda bersiap-siap untuk konsultasi, dan mengetahui apa yang bisa Anda harapkan dari dokter.

Apa yang dapat Anda lakukan

  • Membuat catatan perawatan jantung apapun sebelumnya. Karena syndrom Eisenmenger paling sering berkembang sebagai komplikasi dari jantung bawaan, penting bahwa dokter Anda tahu tentang obat-obatan yang Anda gunakan, operasi atau prosedur yang Anda miliki jika Anda telah didiagnosis sebelumnya dengan cacat jantung.
  • Menyadari batasan pra-janji. Pada saat Anda membuat janji, pastikan untuk bertanya jika ada sesuatu yang perlu Anda lakukan sebelumnya, seperti mengisi formulir atau membatasi diet Anda. Untuk beberapa tes pencitraan, misalnya, Anda mungkin perlu untuk cepat untuk jangka waktu sebelumnya.
  • Tuliskan gejala yang Anda alami, termasuk apapun yang mungkin tampak tidak terkait dengan sindrom Eisenmenger. Cobalah untuk mengingat kapan mereka mulai terjadi. Tentukan secara rinci, seperti hari, Minggu, bulan, dan mencoba untuk menghindari istilah-istilah yang tidak jelas seperti “beberapa waktu yang lalu.”
  • Tuliskan informasi penting mengani diri Anda, termasuk riwayat keluarga Cacat jantung, hipertensi paru-paru, penyakit paru-paru, penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi atau diabetes, dan besar tekanan atau perubahan dalam hidup Anda.
  • Buatlah daftar semua obat, serta vitamin atau suplemen yang Anda pakai. Juga, pastikan untuk memberitahu dokter Anda jika Anda baru saja berhenti minum obat –obat tertentu.
  • Ajaklah salah sorang anggota keluarga atau teman Anda saat konsultasi. Mereka bisa membantu menyampaikan keluhan yang Anda lupakan dan membantu mendengarkan semua informasi penting yang disampiakan oleh dokter.
  • Menuliskan pertanyaan untuk ditanyakan kepada dokter.

Waktu Anda dengan dokter terbatas, sehingga menyiapkan daftar pertanyaan akan membantu Anda berkonsultasi secara efektif. Urutkan daftar pertanyaan dari yang paling penting. Untuk Sindrom Eisenmenger, beberapa pertanyaan dasar yang dapat Anda tanyakan meliputi :

  • Adakah penyebab lain dari kondisi yang Saya alami?
  • Jenis tes apa yang Saya butuhkan?
  • Perawatan apa yang Saya butuhkan?
  • Bagaimana dengan tingkat aktivitas fisik yang boleh Saya lakukan?
  • Seberapa sering harus saya disaring untuk perubahan dalam kondisi saya?
  • Apakah alternatif pendekatan utama yang Anda sarankan untuk Saya?
  • Saya memiliki kondisi kesehatan lainnya. Bagaimana cara saya menanganinya secara bersamaan?
  • Apakah ada batasan yang perlu Saya ikuti?
  • Bisakah Anda merekomendasikan spesialis yang memiliki pengalaman menangani sindrom Eisenmenger?
  • Adakah obat-obatan generik alternatif yang Anda resepkan untuk Saya?
  • Adakah brosur atau bahan cetak serta website yang dapat Saya pedomani?

Selain pertanyaan-pertanyaan yang Anda sudah siapkan, jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan lain selama konsultasi.

Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter
Dokter cenderung menanyakan beberapa pertanyaan. Jika Anda siap menjawabnya, Anda bisa membahas pertanyaan lain secara lebih mendalam. Dokter mungkin akan menanyakan :

  • Pernahkah Anda didiagnosa dengan cacat jantung atau hipertensi paru-paru? Jika demikian, perawatan apa yang Anda terima untuk kondisi tersebut?
  • Pernahkah Salah satu dokter mengatakan bahwa Anda memiliki sebuah murmur jantung, namun bukanlah sebuah diagnosis? Jika demikian, Kapan ?
  • Kapan Anda pertama kali mulai mengalami gejala ini?
  • Apakah gejala-gejala Anda berlangsung secara terus-menerus atau hanya sesekali?
  • Seberapa parahkah gejala Anda?
  • Apa yang tampaknya mengurangi gejala Anda?
  • Apa yang tampaknya memperburuk gejala Anda?

TES DAN DIAGNOSIS
Untuk mendiagnosa sindrom eisenmenger, dokter Anda akan mendiskusikan riwayat kesehatan Anda, melakukan pemeriksaan fisik dan memesan tes diagnostik yang sesuai. Tes ini dapat mencakup :

  • Elektrokardiogram (ECG). Tes ini mencatat aktifitas elektrik jantung melalui elektroda yang melekat pada kulit. Tes ini membantu mendiagnosa Cacat jantung yang menyebabkan sindrom Eisenmenger.
  • X-ray Dada. Dokter Anda dapat memesan x-ray untuk mencari pembesarn jantung dan arteri paru-paru.
  • Echocardiogram. Selama ekokardiogram (USG jantung), gelombang suara membuat gambar rinci jantung Anda. Hal ini memungkinkan dokter untuk melihat struktur jantung dan darah Anda mengalir melalui jantung untuk mencari Cacat jantung.
  • Tes darah. Tes darah dapat dilakukan untuk memeriksa jumlah sel darah Anda yang seringkali tinggi dalam sindrom Eisenmenger. Fungsi ginjal dan jantung dan tingkat zat besi juga mungkin bisa diukur dengan tes darah.
  • Computerized tomography (CT) scan. Dalam tes ini, Anda akan berbaring di mesin yang mengambil gambar dari paru-paru Anda sehingga dokter dapat melihat penampang dari mereka. Anda mungkin juga akan diberi pewarna yang membuat gambar-gambar menunjukkan paru-paru Anda lebih jelas.
  • Magnetic resonance imaging (MRI). Tes ini, yang menggunakan sinar-x tidak, kadang-kadang digunakan untuk mendapatkan gambar dari pembuluh darah di paru-paru Anda. Komputer menciptakan jaringan “Iris” dari data yang dihasilkan oleh medan magnet dan gelombang radio yang kuat.
  • Kateterisasi jantung. Dalam tes ini, dokter memasukkan tabung tipis, fleksibel (kateter yang) ke dalam arteri di pangkal paha dan memanda kateter jantung Anda menggunakan X-ray. Dokter menggunakan kateterisasi jantung untuk mengukur tekanan darah dalam pembuluh darah atau bilik jantung, ukuran setiap cacat septum, tekanan, dan jumlah darah dalam jantung dan paru-paru. Jika Anda perlu memiliki kateterisasi jantung, pastikan Anda memilih ahli jantung yang memiliki keahlian mendiagnosa dan mengobati sindrom Eisenmenger.
  • Tes Berjalan. Dokter dapat memesan tes enam menit untuk memeriksa toleransi Anda terhadap tingkat latihan yang ringan.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN
Perawatan sindrom Eisenmenger bertujuan untuk mengontrol gejala dan mengelola kondisi. Meskipun tidak ada obat yang dapat menyembuhkan, namun obat-obatan dapat membantu Anda merasa lebih baik, meningkatkan kualitas hidup Anda dan mencegah komplikasi serius. Dokter tidak menyarankan operasi untuk memperbaiki lubang di jantung Anda setelah sindrom Eisenmenger berkembang, dan operasi apapun mungkin mengancam kehidupan. Penting bahwa Anda dirawat oleh seorang dokter yang memiliki keahlian dalam sindrom Eisenmenger.

Pengamatan dan pengawasan
Anda akan dipantau melalui kunjungan dokter spesialis penyakit jantung bawaan. Anda harus memiliki janji dengan dokter jantung Anda setidaknya sekali setahun. Sebuah evaluasi yang khas biasanya mencakup Tinjauan menyeluruh dari keluhan dan gejala, pemeriksaan fisik, dan tes darah.

Obat
Obat-obatan adalah pilihan utama pengobatan untuk sindrom Eisenmenger. Anda akan perlu dipantau secara ketat oleh dokter ketika mengambil obat-obatan untuk setiap perubahan tekanan darah, volume cairan atau denyut nadi.

Pengobatan untuk sindrom Eisenmenger meliputi :

  • Obat untuk mengontrol aritmia. Jika Anda memiliki aritmia, Anda mungkin menerima obat untuk mengontrol irama jantung Anda.
  • Suplemen zat besi. Dokter mungkin meresepkan suplemen zat besi jika ia menemukan tingkat zatbesi Anda terlalu rendah. Jangan mulai mengambil suplemen zat besi tanpa persetujuan dokter.
  • Aspirin atau obat pengencer darah lainnya. Jika Anda memiliki stroke, bekuan darah atau jenis tertentu dari irama jantung yang tidak teratur, dokter Anda dapat merekomendasikan aspirin atau pengencer darah lainnya seperti warfarin (Coumadin, Jantoven). Namun, orang yang memiliki sindrom Eisenmenger yang juga berada pada peningkatan risiko perdarahan saat mengambil obat-obatan ini, jadi jangan mengambil pengencer darah apapun kecuali dokter Anda memberitahu Anda untuk melakukannya. Anda tidak boleh mengambil obat tanpa resep, seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB) atau naproxen (Aleve), tanpa berbicara dengan dokter Anda.
  • Endotelin reseptor antagonis. Obat-obat ini membalikkan efek dari endotelin, suatu zat dalam dinding-dinding pembuluh darah yang menyebabkan mereka untuk mempersempit. Salah satu obat-obat ini, bosentan (Tracleer), dapat meningkatkan tingkat energi dan gejala dengan menurunkan perlawanan di arteri paru-paru Anda. Jika Anda mengambil bosentan, Anda akan memerlukan pemantauan jantung bulanan karena obat dapat merusak jantung Anda.
  • Sildenafil dan tadalafil. Sildenafil (Revatio, Viagra) dan tadalafil (Cialis, Adcirca) kadang-kadang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi di arteri paru-paru Anda yang disebabkan oleh sindrom Eisenmenger. Obat ini bekerja dengan membuka pembuluh darah di paru-paru untuk memungkinkan darah mengalir lebih mudah. Efek samping termasuk masalah perut, pusing dan penglihatan yang kurang baik.
  • Antibiotik. Tergantung pada kondisi Anda, Anda mungkin perlu untuk mengambil antibiotik sebelum memiliki pengobatan tertentu. Prosedur ini dapat memungkinkan bakteri untuk memasuki aliran darah Anda. Antibiotik yang diambil sebelum prosedur ini bisa menghancurkan atau mengontrol bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan infeksi dari jaringan jantungAnda (Endokarditis). Antibiotik disarankan hanya sebelum prosedur gigi tertentu (orang-orang yang memotong jaringan gusi atau bagian dari gigi) dan prosedur yang melibatkan saluran pernapasan, kulit yang terinfeksi atau jaringan yang menghubungkan otot untuk tulang.

Menggambar darah (proses mengeluarkan darah)
Jika jumlah sel darah merah menjadi terlalu tinggi, dokter dapat merekomendasikan pengambilan darah untuk membantu menormalkan sel darah Anda. Anda juga harus menerima cairan intravena (IV) ketika memiliki darah yang diambil untuk membantu menggantikan cairan yang hilang.

Transplantasi jantung-paru-paru
Beberapa orang yang memiliki sindrom Eisenmenger akhirnya mungkin perlu transplantasi jantung dan paru-paru atau transplantasi paru-paru dengan perbaikan lubang di jantung jika tidak ada perawatan lain yang terbukti efektif.

Pengendalian kelahiran dan kehamilan
Jika Anda memiliki sindrom Eisenmenger, hamil akan menimbulkan risiko kesehatan yang serius dan dapat berakibat fatal untuk ibu dan bayi. Sangat penting bahwa wanita yang memiliki sindrom Eisenmenger menghindari kehamilan. Dokter Anda dapat merekomendasikan pengendalian kelahiran nonreversible, seperti Essure. Essure adalah logam coil yang dimasukkan melalui vagina untuk tuba yang menyebabkan jaringan parut untuk mengembang. Ini memblok tuba falopi. Pengikatan tuba (tubal ligasi) kurang sering dianjurkan karena resiko memiliki pembedahan bahkan kecil.

Pil yang mengandung estrogen tidak dianjurkan untuk wanita yang memiliki sindrom Eisenmenger. Estrogen meningkatkan risiko Anda mengembangkan gumpalan darah yang berpotensi dapat memblokir arteri ke jantung, otak atau paru-paru. Gunakan hanya metode penghalang, seperti kondom atau diafragma, tidak dianjurkan karena risiko metode tersebut gagal.

GAYA HIDUP DAN PERAWATAN DI RUMAH
Jika Anda sedang didiagnosis dengan sindrom Eisenmenger, Anda masih dapat memimpin kehidupan yang aktif dengan perawatan yang tepat dan tindakan pencegahan.

  • Periksa dengan dokter Anda tentang pembatasan latihan. Sementara Anda tidak boleh melakukan latihan atau olahraga berat, Anda dapat melakukan aktivitas fisik yang kurang intens. Berbicara dengan dokter Anda tentang jenis aktivitas fisik yang sesuai untuk Anda.
  • Hindari ketinggian. Karena tingkat rendah oksigen di ketinggian, American College of Cardiology dan American Heart Association merekomendasikan terhadap hidup pada ketinggian 5,000 kaki (1,524 meter) atau lebih tinggi di atas permukaan laut. Membahas perjalanan dengan pesawat udara atau untuk ketinggian tinggi dengan dokter jantung Anda untuk rekomendasi khusus.
  • Menghindari situasi yang dapat menurunkan tekanan darah secaar berlebihan. Ini termasuk duduk di hot tub atau sauna atau mengambil bak mandi atau shower terlau lama. Kegiatan ini menurunkan tekanan darah Anda dan menyebabkan Anda pingsan bahkan kematian. Anda juga harus menghindari aktivitas yang menyebabkan mengedan berkepanjangan, seperti mengangkat benda berat atau beban.
  • Berhati-hati dengan obat-obatan dan suplemen, banyak resep dan obat tanpa resep atau suplemen yang dapat meningkatkan atau menurunkan tekanan darah, meningkatkan risiko perdarahan atau gumpalan darah atau mempengaruhi fungsi ginjal pada pasien yang memiliki sindrom Eisenmenger. konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengambil suplemen atau obat apapun.
  • Menghindari asap rokok dan berhenti menggunakan produk-produk tembakau. Asap rokok dan produk tembakau lainnya dapat menyebabkan kerusakan pada arteri paru-paru Anda lebih lanjut dan meningkatkan risiko terkena komplikasi.

CARA MENGATASI DAN DUKUNGAN
Didiagnosa sindrom Eisenmenger cenderung akan membuat Anda khawatir tentang masalah kesehatan, bahkan setelah pengobatan. Meskipun perawatan dapat membantu gejala-gejala dan memperbaiki prognosis Anda, Anda mungkin merasa stres atau gugup tentang kondisi Anda. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat untuk membantu Anda mengatasi diagnosis dan pengobatan Eisenmenger sindrom :

  • Kesulitan emosional. Didiagnosa menderita Sindrom Eisenmenger dapat mengubah hidup. Anda mungkin perlu untuk mengubah rencana Anda untuk memiliki keluarga, dan Anda dapat cemas bahwa kondisi Anda akan memburuk. Jika anak Anda telah didiagnosa dengan sindrom Eisenmenger, dia mungkin merasa tidak aman dan mungkin memiliki kesulitan emosional ketika ia mencapai usia sekolah. Bicaralah dengan dokter atau dokter anak Anda tentang cara-cara yang Anda dapat lakukan dalam mengatasi masalah ini, yang mungkin termasuk kelompok dukungan, atau kunjungan ke terapis atau psikolog.
  • Kesulitan Perkembangan untuk anak-anak. Karena beberapa anak-anak yang memiliki cacat jantung bawaan dan sindrom Eisenmenger mungkin memiliki waktu pemulihan yang panjang dari operasi atau prosedur, perkembangannya mereka mungkin tertinggal dibandingkan dengan anak-anak lain seusia mereka. Kesulitan beberapa anak-anak dapat berlangsung ditahun-tahun sekolah mereka, dan mereka mungkin memiliki kesulitan belajar untuk membaca atau menulis. Berbicara dengan dokter anak Anda tentang cara untuk membantu anak Anda melalui kesulitan perkembangannya.
  • Kelompok-kelompok Mendukung. Masalah medis serius untuk diri sendiri atau anak Anda tidak mudah, tergantung pada tingkat keparahan kondisi Anda, mungkin sangat sulit dan menakutkan. Anda mungkin merasakan bahwa berbicara dengan orang lain yang telah melalui situasi yang sama membawa kenyamanan dan dukungan bagi Anda. Tanyakan kepada dokter Anda atau dokter anak Anda jika ada kelompok-kelompok dukungan local disekitar daerah Anda.