SINDROM GANGGUAN PENAPASAN AKUT

DEFINISI
Sindrom Gangguan Pernapasan Akut (ARDS) terjadi ketika cairan terkumpul pada kantung udara kecil (alveolus) yang yang elastis di paru-paru Anda. Semakin banyak cairan di paru-paru Anda berarti berkurang oksigen yang dapat mencapai aliran darah Anda. Ini menghalangi organ Anda mendapatkan oksigen yang mereka butuhkan.

ARDS biasanya terjadi pada orang yang sudah sakit kritis atau yang memiliki cedera berat. Risiko ARDS adalah seak nafass yang parah, biasanya berkembang dalam beberapa jam beberapa hari setelah penyakit asli atau trauma.

Kebanyakan orang yang mengembangkan ARDS tidak bertahan. Risiko kematian meningkat seiring usia dan keparahan penyakit. Beberapa orang bertahan akan ARDS, beberapa yang lainya pulih sepenuhnya sementara beberapa lainnya mengalami kerusakan paru-paru untuk selamanya.

GEJALA
Tanda dan gejala dari ARDS dapat bervariasi dalam intensitas, tergantung pada penyebab dan keparahanya, serta adanya penyakit jantung atau paru-paru yang mendasari. Mereka termasuk :

  • sesak napas parah
  • bernapas luar biasa cepat
  • Tekanan darah rendah
  • Kebingungan dan kelelahan ekstrim

Kapan Anda harus menemui dokter
ARDS biasanya mengikuti penyakit atau cedera utama, dan kebanyakan orang yang terkena dampak telah dirawat di rumah sakit.

PENYEBAB
Penyebab mekanis ARDS adalah cairan yang bocor dari pembuluh darah terkecil di paru-paru ke dalam kantung udara kecil di mana darah yang mengadung oksigen. Biasanya, membran pelindung menyimpan cairan ini dalam pembuluh. Penyakit parah atau cedera, namun, dapat menyebabkan peradangan yang merusak integritas membran, mengarah ke kebocoran cairan ARDS.

Penyebab paling umum ARDS meliputi :

  • Sepsis. Penyebab paling umum ARDS adalah sepsis, infeksi serius dan luas aliran darah.
  • Inhalasi zat-zat berbahaya. Konsentrasi Pernapasan asap asap atau zat kimia yang tinggi dapat mengakibatkan ARDS, bisa menghirup muntah (aspirating).
  • Pneumonia berat. Kasus pneumonia yang parah biasanya mempengaruhi kelima lobus paru-paru.
  • Kepala, dada atau cedera utama lainnya. Kecelakaan, seperti di air terjun atau mobil, langsung dapat merusak paru-paru atau bagian otak yang mengontrol pernapasan.

FAKTOR RESIKO
Kebanyakan orang yang mengembangkan ARDS sudah dirawat di rumah sakit untuk kondisi lain, dan banyak karena sakit kritis. Anda berada pada risiko tinggi jika Anda memiliki infeksi yang menyebar di aliran darah Anda (sepsis).

Orang yang memiliki sejarah pecandu alkohol kronis memiliki risiko lebih tinggi mengembangkan ARDS. Mereka juga sudah lebih cenderung mati karena ARDS.

KOMPLIKASI
ARDS berdampak sangat serius, tetapi berkat pengobatan yang lebih baik, lebih banyak orang yang selamat. Namun, banyak korban berakhir dengan potensi serius dan kadang-kadang memiliki komplikasi yang kekal, termasuk :

  • Jaringan parut pada paru-paru (fibrosis paru). Bekas luka dan penebalan jaringan antara kantung udara dapat terjadi dalam beberapa minggu dari timbulnya ARDS. Ini menyebabkan paru-paru tegang, membuatnya bahkan lebih sulit untuk oksigen mengalir dari kantung udara ke dalam aliran darah Anda.
  • Paru-paru Runtuh (Pneumotoraks). Dalam kebanyakan kasus ARDS, Mesin pernapasan yang disebut ventilator digunakan untuk meningkatkan oksigen dalam tubuh dan memaksa cairan keluar dari paru-paru. Namun, volume tekanan dan ventilator udara dapat memaksa gas untuk pergi melalui sebuah lubang kecil di luar paru-paru dan menyebabkan paru-paru runtuh.
  • Gumpalan darah. Saat masih berbaring di rumah saki ventilator dapat meningkatkan risiko Anda mengembangkan pembekuan darah, terutama di vena dalam di kaki Anda. Jika membentuk gumpalan darah di kaki, sebagian dapat mematahkan dan bergerak ke salah satu atau kedua paru-paru Anda (paru emboli) yang dapat memblok aliran darah.
  • Infeksi. Karena ventilator ini disambungkan langsung ke sebuah tabung yang dimasukkan ke dalam tenggorokan Anda, hal ini membuatmya lebih mudah untuk kuman untuk menginfeksi dan melukai lebih lanjut paru-paru Anda.
  • Fungsi paru-paru yang abnormal. Banyak orang dengan ARDS pulih dengan sebagian besar fungsi paru-paru mereka dalam waktu beberapa bulan sampai dua tahun, tetapi orang lain mungkin memiliki masalah pernapasan selama sisa hidup mereka. Bahkan orang-orang yang juga biasanya memiliki sesak napas dan kelelahan dan mungkin perlu tambahan oksigen di rumah selama beberapa bulan.
  • Memori, masalah kognitif dan emosional. Obat penenang dan tingkat rendah oksigen dalam darah dapat menyebabkan kehilangan memori dan masalah kognitif setelah ARDS. Dalam beberapa kasus, efek dapat berkurang dari waktu ke waktu, tetapi pada orang lain, kerusakan mungkin permanen. Kebanyakan korban ARDS juga melaporkan akan melalui suatu periode depresi, yang dapat diobati.

TES DAN DIAGNOSIS
Tidak ada tes khusus untuk mengidentifikasi ARDS. Penegakan diagnosa didasarkan pada tes fisik, x-ray dada dan kadar oksigen dan mengeluarkan penyakit dan kondisi lainnya misalnya, masalah jantung tertentu yang dapat menghasilkan gejala yang sama.

Pencitraan

  • X-ray. Tes ini dapat mengungkapkan bagian mana dari paru-paru Anda dan berapa banyak paru-paru memiliki cairan di dalamnya dan apakah jantung Anda diperbesar.
  • Computerized tomography (CT). Sebuah CT scan menggabungkan gambar X-ray yang diambil dari berbagai arah ke pemandangan penampang organ-organ internal. CT scan dapat memberikan informasi rinci tentang struktur dalam jantung dan paru-paru.

Tes laboratorium
Tes menggunakan darah dari arteri di pergelangan tangan Anda dapat mengukur kadar oksigen. Jenis tes darah dapat memeriksa tanda-tanda infeksi atau anemia. Jika dokter mencurigai bahwa Anda memiliki infeksi paru, sekresi dari aliran udara Anda dapat diuji untuk menentukan penyebab infeksi.

Tes jantung
Karena tanda-tanda dan gejala ARDS mirip dengan masalah penyakit jantung tertentu, dokter dapat merekomendasikan tes jantung seperti :

  • Elektrokardiogram. Tes ini menggunakan aktivitas listrik dalam jantung. Ini melibatkan melampirkan beberapa kabel sensor untuk tubuh Anda.
  • Echocardiogram. Sonogram jantung, tes ini dapat mengungkapkan masalah dengan struktur dan fungsi jantung Anda.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN
Tujuan pertama dalam mengobati ARDS adalah untuk meningkatkan tingkat oksigen dalam darah Anda. Tanpa oksigen, organ tubuh Anda tidak dapat berfungsi dengan baik.

Oksigen
Untuk mendapatkan lebih banyak oksigen ke dalam aliran darah Anda, dokter akan cenderung menggunakan :

  • Tambahan oksigen. Untuk gejala ringan atau sebagai langkah sementara, oksigen dapat disampaikan melalui sebuah perangkat hidung yang cocok diatas hidung dan mulut.
  • Ventilasi mekanis. Kebanyakan orang dengan ARDS akan perlu bantuan dari mesin untuk bernapas. Ventilator mekanis mendorong udara ke dalam paru-paru dan memaksa beberapa cairan keluar dari kantung udara.

Cairan
Cara mengelola jumlah cairan infus sangat penting. Cairan terlalu banyak dapat meningkatkan penumpukan cairan di paru-paru. Terlalu sedikit cairan dapat meletakkan beban pada jantung dan organ lain dan menyebabkan syok.

Obat
Orang-orang dengan ARDS biasanya diberi obat untuk :

  • Mencegah dan mengobati infeksi
  • Meredakan nyeri dan ketidaknyamanan
  • Mencegah gumpalan di kaki dan paru-paru
  • Meminimalkan refluks lambung
  • Tenang

GAYA HIDUP DAN PERAWAAN DI RUMAH
Jika Anda pulih dari ARDS, saran berikut dapat membantu melindungi paru-paru Anda :

  • Berhenti Merokok. Jika Anda Merokok, mencari bantuan untuk berhenti, dan menghindari asap rokok bila memungkinkan.
  • Berhenti mengkonsumsi alkohol. Alkohol dapat tertinggal di saluran pernapasan atas Anda yang membuat bahan asing memasuki paru-paru Anda (aspirasi).
  • Mendapatkan vaksinasi. Semprotan Flu tahunan (influenza), serta vaksin pneumonia setiap lima tahun, dapat mengurangi risiko infeksi paru-paru.

CARA MENGATASI DAN PENGOBATAN
Pemulihan dari ARDS bisa berlangsung lama, dan Anda akan memerlukan banyak dukungan. Meskipun pemulihan setiap orang berbeda, mengeetahui kesulitan fisik dan mental secara umum yang dihadapi oleh orang lain dengan gangguan dapat membantu. Pertimbangkan tips berikut :

  • Meminta bantuan. Terutama setelah Anda keluar dari rumah sakit, pastikan Anda mendapatkan bantuan dengan tugas sehari-hari sampai Anda tahu apa yang Anda dapat mengelola sendiri.
  • Menghadiri rehabilitasi paru-paru. Banyak pusat medis yang menawarkan program rehabilitasi paru-paru, yang menggabungkan latihan pelatihan, pendidikan dan konseling untuk membantu Anda belajar bagaimana untuk kembali ke kegiatan normal dan mencapai berat badan ideal Anda.
  • Bergabung dengan kelompok pendukung. Ada kelompok-kelompok dukungan untuk orang dengan masalah paru-paru kronis. Temukan apa yang tersedia di komunitas Anda atau secara online dan mempertimbangkan bergabung dengan orang lain dengan pengalaman yang sama.
  • Mencari bantuan profesional. Jika Anda memiliki gejala depresi, seperti keputusasaan dan penurunan ketertarikan pada aktivitas seperti biasa, beritahu dokter Anda atau hubungi profesional kesehatan mental. Depresi adalah hal yang umum pada orang yang telah memiliki ARDS, dan pengobatan dapat membantu mengatasinya.