SINDROM KARSINOID

DEFINISI
Sindrom Karsinoid terjadi ketika tumor kanker langka yang disebut tumor karcinoid mengeluarkan bahan kimia tertentu ke dalam aliran darah Anda, menyebabkan berbagai tanda-tanda dan gejala. Tumor karcinoid terjadi paling sering pada saluran cerna atau paru-paru.

Sindrom Karsinoid biasanya terjadi pada orang yang dengan tumor karsinoid dengan kemajuan yang besar. Pengobatan untuk sindrom carcinoid biasanya melibatkan pengobatan kanker. Namun, karena kebanyakan tumor karsinoid tidak menyebabkan sindrom carcinoid sampai mereka sedang maju, obattkan bisa saja tidak mungkin. Dalam kasus tersebut, obat dapat menghilangkan gejala sindrom carcinoid dan membuat Anda lebih nyaman.

DEFINISI
Tanda dan gejala sindrom karsinoid tergantung pada bahan kimia yang dikeluarkan tumor karsinoid ke dalam aliran darah Anda. Tanda-tanda dan gejala yang paling umum dari sindrom carcinoid meliputi :

  • Kulit kemerahan. Kulit wajah dan dada bagian atas terasa panas dan perubahan warna mulai dari merah muda dan ungu. Lamanya dapat berlangsung dari beberapa menit sampai beberapa jam atau lebih. Flushing mungkin terjadi tanpa alasan yang jelas, meskipun kadang-kadang dapat dipicu oleh stres, latihan atau minum alkohol.
  • Lesi kulit wajah. Bidang keunguan vena seperti jarig laba-laba mungkin muncul di hidung dan bibir.
  • Diare. Tinja berair, sering kadang-kadang disertai oleh perut kram dapat terjadi pada orang yang memiliki sindrom carcinoid.
  • Kesulitan bernapas. Tanda-tanda dan gejala seperti asma, seperti mengi dan sesak napas, dapat terjadi pada saat yang sama Anda mengalami kemerahan pada kulit.
  • Detak jantungnya semakin denyut jantung cepat bisa menjadi tanda dari sindrom carcinoid.

Kapan Anda harus menemui dokter
Segeralah membuat janji temu dengan dokter jika Anda melihat tanda-tanda atau gejala diatas.

PENYEBAB
Sindrom carcinoid disebabkan oleh tumor carcinoid yang mengeluarkan serotonin atau bahan kimia lainnya ke dalam aliran darah Anda. Tumor Carcinoid terjadi umumnya di saluran pencernaan Anda, termasuk perut, usus kecil, pangkreas, usus besar dan rektum, atau di paru-paru Anda.

Hanya persentase kecil dari tumor carcinoid yang mengeluarkan bahan kimia yang menyebabkan sindrom carcinoid. Dalam kebanyakan kasus, hati secara efektif menetralkan zat kimia sebelum mereka memiliki kesempatan untuk melakukan perjalanan melalui tubuh Anda dan menyebabkan gejala.

Namun, ketika tumor menyebar (metastasizes) ke hati itu sendiri, tumor ini dapat mengeluarkan bahan kimia yang tidak dinetralisir sebelum mencapai aliran darah. Kebanyakan orang yang mengalami sindrom karsinoid memiliki lanjutan kanker yang telah menyebar ke hati.

Beberapa karsinoid tumor tidak harus maju untuk menyebabkan sindrom karsinoid. Sebagai contoh, karsinoid tumor paru yang mengeluarkan bahan kimia ke dalam darah melakukan begitu jauh hulu dari hati, tidak langsung ke hati, dimana bahan kimia diproses dan dihilangkan.

Carcinoid tumor pada usus, di sisi lain, mengeluarkan bahan-bahan kimia ke dalam darah yang pertama harus melewati hati sebelum mencapai seluruh tubuh. Hati biasanya menetralkan zat kimia sebelum mereka dapat mempengaruhi seluruh tubuh. Penyebab pasti tumor karsinoid ini tidak jelas.

KOMPLIKASI
Memiliki sindrom carcinoid dapat menyebabkan komplikasi berikut :

  • Penyakit jantung carcinoid. Beberapa orang dengan sindrom carcinoid mengembangkan penyakit jantung carcinoid. Sindrom carcinoid menyebabkan penebalan katup jantung, sehingga sulit bagi mereka untuk berfungsi dengan baik. Akibatnya, katup jantung dapat bocor. Tanda-tanda dan gejala dari penyakit jantung carcinoid termasuk kelelahan dan sesak napas selama kegiatan fisik. Penyakit jantung carcinoid akhirnya dapat menyebabkan gagal jantung. Dokter Anda dapat merekomendasikan obat bagi jantung Anda. Perbaikan bedah katup jantung yang rusak bisa menjadi pilihan pada penyakit jantung carcinoid yang telah berkembang ke tahap lanjut.
  • Obstruksi usus. Kanker yang menyebar ke kelenjar getah bening di usus kecil Anda dapat menyebabkan penyempitan dan anti kerut usus, menyebabkan obstruksi usus. Tanda dan gejala obstruksi usus termasuk sakit perut yang parah, kram dan muntah. Bedah mungkin diperlukan untuk mengurangi obstruksi.
  • Krisis carcinoid. Carcinoid krisis menyebabkan episode yang parah pembilasan, tekanan darah rendah, kebingungan dan kesulitan bernapas. Krisis karsinoid dapat terjadi pada orang dengan tumor karsinoid ketika mereka terkena pemicu tertentu, termasuk anestesi yang digunakan selama operasi. Krisis karsinoid dapat berakibat fatal. Dokter Anda mungkin memberikan Anda obat sebelum operasi untuk mengurangi risiko Krisis karsinoid.

PERSIAPAN SEBELUM KONSULTASI
Anda dapat memulai dengan melihat dokter keluarga atau dokter umum jika Anda memiliki tanda-tanda dan gejala sindrom carcinoid. Berdasarkan apa yang dokter temukan, Anda dapat dirujuk ke dokter yang mengkhususkan diri dalam mengobati kanker (Onkologis), gangguan sistem endokrin (endokrinologi) atau dokter bedah.

Karena waktu konsultasi yang tidak banyak dan seringkali karena banyaka alsan yang membatasi, alangkah baiknya jika Anda mempersiapkan diri dengan baik. Berikut adalah beberapa informasi untuk membantu Anda bersiap-siap, dan mengetahui apa yang bisa Anda harapkan dari dokter.

Apa yang dapat Anda lakukan

  • Menyadari batasan pra-janji. Pada saat Anda membuat janji, pastikan untuk bertanya jika ada sesuatu yang perlu Anda lakukan sebelumnya, seperti membatasi diet Anda.
  • Tuliskan gejala yang Anda alami, termasuk apapun yang mungkin tampak tidak terkait dengan alasan konsultasi.
  • Tuliskan informs penting mengenai diri Anda, termasuk besar tekanan atau perubahan hidup.
  • Buatlah daftar semua obat-obatan, vitamin atau suplemen yang Anda pakai.
  • Ajaklah anggota keluarga atau teman Anda saat konsultasi karena mereka dapat membantu menyampaikan keluhan yang Anda lupakan dan mengingat informasi penting yang disampiak oleh dokter.
  • Menuliskan pertanyaan untuk ditanyakan kepada dokter.

Waktu Anda dengan dokter terbatas, jadi mempersiapkan daftar pertanyaan dapat membantu Anda berkonsultasi secara efektif. Urutkan daftar pertanyaan dari yang paling penting. Untuk sindrom karssinoid pertanyaan dasar yang dapat Anda tanyakan meliputi :

  • Apa penyebab utama gejala yang Saya alami?
  • Adakah kemungkinan penyebab lainya?
  • Jenis tes apa yang saya butuhkan?
  • Apakah kondisi Saya berlangsung sementara atau kronis?
  • Apa tindakan terbaik yang dapat Saya lakukan?
  • Apa pendekatan alternative utama yang Anda sarankan untuk Saya?
  • Saya mempunyai kondisi kesehatan lainya, jadi bagaimana cara saya mengatasinya secara bersamaan?
  • Apakah ada batasan yang perlu Saya ikuti?
  • Apakah Saya harus melihat spesialis? Bagaimana dengan biayanya, apakah asuransi akan menutupinya?
  • Apakah ada obat-obatan generik alternatif yang Anda resepkan untuk Saya?
  • Adakah brosur atau bahan cetak serta website yangd apat Saya pedomani?
  • Apa yang akan menentukan apakah saya harus merencanakan untuk kunjungan tindak lanjut?

Selain pertanyaan-pertanyaan yang Anda sudah siapkan, jangan ragu mengajukan pertanyaan lain selama konsultasi.

Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter
Dokter cenderung menanyakan beberapa pertanyaan. Jika Anda siap untuk menjawabnya Anda bisa membahas pertanyaan lain secara lebih mendalam. Dokter mungkin menanyakan :

  • Kapan Anda pertama kali mulai mengalami gejala?
  • Apakah Gejala-gejala berlangsung secara terus-menerus atau hanya sesekali?
  • Seberapa parahkah gejala Anda?
  • Apa yang tampaknya untuk mengurangi gejala Anda?
  • Apa yang tampaknya memperburuk gejala Anda?

TES DAN DIAGNOSIS
Dokter Anda akan menilai gejala dan tanda-tanda Anda untuk menyingkirkan penyebab lain dari kulit pembilasan dan diare. Jika penyebab lainnya tidak ditemukan, dokter mungkin menduga sindrom carcinoid.

Untuk konfirmasi diagnosis, dokter dapat merekomendasikan tes lebih lanjut, termasuk :

  • Tes urine. Urin Anda mungkin mengandung zat yang dibuat ketika tubuh Anda rusak seperti serotonin. Jumlah kelebihan zat ini bisa menunjukkan bahwa tubuh Anda adalah pengolahan tambahan serotonin kimia umumnya dikeluarkan oleh carcinoid tumor.
  • Tes darah. Darah Anda mungkin berisi tingkat tinggi zat tertentu, termasuk protein chromogranin A, yang dikeluarkan oleh beberapa tumor carcinoid.
  • Tes pencitraan. Tes pencitraan juga dapat digunakan untuk menemukan tumor carcinoid utama dan menentukan apakah itu telah menyebar. Dokter Anda mungkin mulai dengan computerized tomography (CT) scan dari perut Anda, karena kebanyakan tumor carcinoid terdapat dalam saluran pencernaan. Scan lainnya, seperti MRI atau scan Kedokteran nuklir, dapat membantu dalam kasus tertentu.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN
Mengobati sindrom carcinoid melibatkan mengobati kanker Anda dan dapat juga melibatkan penggunaan obat untuk mengontrol gejala dan tanda-tanda khusus.

Perawatan termasuk :

  • Bedah. Operasi untuk menghilangkan kanker atau sebagian besar kanker mungkin menjadi pilihan. Jika operasi bukan pilihan karena kanker Anda terlalu luas, dokter dapat merekomendasikan perawatan untuk mengecilkan tumor Anda. Hal ini dapat mengurangi tanda dan gejala sindrom carcinoid.
  • Obat untuk memblokir sel-sel kanker dari mensekresi bahan kimia. Suntikan obat octreotide (Sandostatin) dan lanreotide (Somatuline Depot) dapat mengurangi tanda dan gejala sindrom carcinoid, termasuk kemerahan pada kulit dan diare. Octreotide juga dapat memperlambat pertumbuhan tumor carcinoid. Efek samping dari octreotide dan lanreotide termasuk diare, sakit perut dan kembung, yang dapat mereda seiring waktu.
  • Terapi biologi. Obat suntik yang disebut interferon alfa, yang merangsang sistem kekebalan tubuh untuk bekerja lebih baik, kadang-kadang digunakan untuk memperlambat pertumbuhan tumor carcinoid dan untuk meringankan gejala. Interferon alfa dapat menyebabkan efek samping yang signifikan, termasuk kelelahan dan flu-gejala.
  • Menghentikan suplai darah ke tumor hati. Dalam prosedur yang disebut embolisasi arteri hati, dokter memasukkan kateter melalui jarum di dekat pangkal paha dan benang ke arteri utama yang membawa darah ke hati Anda (arteri hati). Dokter menyuntikkan partikel yang dirancang untuk menyumbat arteri hati, memotong suplai darah ke sel-sel kanker yang telah menyebar ke hati. Sel-sel sehat hati bertahan hidup dengan mengandalkan darah dari pembuluh darah lainnya. Embolisasi arteri hati dapat berisiko dan prosedur ini biasanya dilakukan hanya di pusat-pusat medis yang khusus. Diskusikan manfaat dan risiko dengan dokter Anda.
  • Membunuh sel kanker di hati dengan panas atau dingin. Radiofrequency ablation memberikan panas melalui jarum untuk sel-sel kanker di hati, menyebabkan sel-sel mati. Terapi cryohampir sama, tetapi bekerja dengan membekukan tumor. Radiofrequency ablation dan terapi cryo yang umumnya aman, meskipun ada resiko kecil kehilangan darah dan infeksi.
  • Kemoterapi. Obat kemoterapi mungkin mengecilkan tumor carcinoid. Efek samping yang mungkin Anda alami akan tergantung pada obat kemoterapi yang Anda terima. Diskusikan rejimen kemoterapi tertentu Anda dengan dokter.

GAYA HIDUP DAN PERAWATAN DI RUMAH
Diskusikan dengan dokter Anda tentang langkah-langkah perawatan diri yang mungkin dapat memperbaiki gejala dan tanda-tanda Anda. Langkah-langkah perawatan diri tidak dapat menggantikan perawatan, tapi mereka bisa melengkapi itu. Tanyakan kepada dokter Anda jika Anda harus :

  • Menghindari hal-hal yang menyebabkan kulit kemerahan. Zat atau situasi tertentu dapat memicu kemerahan, seperti alkohol atau makan besar. Beberapa orang mengalami kemerahan ketika mereka merasa stres atau marah. Melacak apa yang menyebabkan kemerahan Anda, dan mencoba untuk menghindari situasi yang memicu kemerahan tersebut.
  • Mempertimbangkan untuk mengambil multivitamin. Diare kronis membuat sulit bagi tubuh Anda untuk memproses vitamin dan nutrisi dalam makanan yang Anda makan. Tanyakan kepada dokter Anda Apakah mengambil multivitamin mungkin ide yang baik untuk Anda.

CARA MENGATASI DAN DUKUNGAN
Anda mungkin lega untuk akhirnya menemukan jawaban untuk apa telah menyebabkan tanda-tanda dan gejala, tetapi diagnosis penyakit langka seperti sindrom carcinoid, dapat menimbulkan stres. Ketika Anda mengembangkan cara mengatasi dengan diagnosis kanker, berbicara dengan tim perawatan kesehatan Anda tentang bagaimana perasaan Anda dan pertimbangkan berusaha untuk :

  • Mempelajari tentang sindrom carcinoid untuk membuat keputusan mengenai perawatan Anda. Mengajukan pertanyaan kepada dokter tentang kondisi Anda. Meminta anggota tim perawatan kesehatan Anda untuk merekomendasikan sumber-sumber di mana Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut. Mengetahui tentang kondisi Anda dapat memungkinkan Anda untuk lebih berpartisipasi dalam keputusan mengenai perawatan Anda.
  • Berbicara dengan orang lain dengan sindrom carcinoid. Kelompok dukungan untuk orang dengan sindrom carcinoid menempatkan Anda berhubungan dengan orang-orang yang menghadapi tantangan yang sama yang Anda hadapi. Tanyakan kepada dokter tentang groups di wilayah Anda. Sindrom carcinoid adalah gangguan langka, meskipun begitu, jadi Anda mungkin perlu untuk berhubungan dengan orang di luar wilayah Anda segera.
  • Mengurus diri sendiri. Pertahankan gaya hidup sehat. Makan diet yang penuh dengan buah dan sayuran. Ketika Anda merasa untuk itu, masukan latihan cahaya ke dalam rutinitas harian Anda. Memotong tekanan hidup Anda bila memungkinkan. Bersitirahat yang cukup. Merawat tubuh dan pikiran Anda sehingga Anda lebih baik dapat untuk tetap berpegang pada rencana pengobatan kanker.