SINDROM PARU HANTAVIRUS

DEFINISI
Sindrom paru hantavirus adalah penyakit menular yang ditandai dengan gejala flu yang dapat berkembang dengan cepat dan berpotensi mengancam masalah pernapasan.

Beberapa jenis hantaviruses dapat menyebabkan sindrom hantavirus paru. Mereka yang dibawa oleh beberapa jenis tikus, terutama tikus rusa. Anda menjadi terinfeksi terutama karena menghirup udara yang terinfeksi dengan hantaviruses yang dicurahkan kencing dan kotoran tikus.

Karena pilihan pengobatan terbatas, perlindungan terbaik terhadap sindrom paru hantavirus adalah untuk menghindari tikus dan habitat mereka.

GEJALA
Sindrom paru hantavirus berkembang melalui dua tahap yang berbeda. Pada tahap pertama, Anda mungkin mengalami flu seperti tanda-tanda dan gejala yang mungkin termasuk :

  • Demam dan menggigil
  • Sakit kepala dan nyeri otot
  • Muntah, diare, atau sakit perut

Dalam tahap awal, infeksi hantavirus sulit untuk dibedakan dari influenza, radang paru-paru atau kondisi virus lainya. Setelah empat sampai 10 hari, tanda dan gejala yang lebih serius mulai terjadi. Mereka biasanya mencakup :

  • Batuk yang menghasilkan sekresi
  • Sesak napas
  • Cairan yang terakumulasi dalam paru-paru
  • Tekanan darah rendah
  • Efisiensi jantung yang berkurang

Kapan Anda harus menemui dokter
Tanda dan gejala sindrom paru hantavirus dapat semakin memburuk secara tiba-tiba dan dapat dengan cepat menjadi ganas. Jika Anda berada sekitar tikus atau kotoran hewan pengerat dan memiliki tanda-tanda dan gejala demam, menggigil, nyeri otot atau kesulitan bernapas, segeralah mencari perhatian medis.

PENYEBAB
Setiap jenis hantavirus memiliki pilihan pembawa hewan pengerat. Tikus rusa merupakan maskapai utama dari virus yang bertanggung jawab untuk kebanyakan kasus sindrom paru hantavirus di Amerika Utara. Maskapai hantavirus lainnya termasuk tikus berekor putih, tikus kapas dan tikus sawah.

Inhalasi: Rute utama transmisi
Hantaviruses ditularkan kepada orang-orang terutama melalui “aerosol” dari sekret trakeal virus gudang yang terinfeksi kotoran, urin atau air liur tikus. Aerosolization terjadi ketika virus bergerak ke luar udara bebas, sehingga mudah bagi Anda untuk menghirupnya. Sebagai contoh, sapu digunakan untuk membersihkan kotoran tikus di sebuah loteng mungkin membawa partikel kecil air kotoran yang mengandung hantaviruses, yang Anda mudah terhirup.

Setelah Anda menghirup hantaviruses, mereka mencapai paru-paru Anda dan mulai menyerang pembuluh darah kecil yang disebut kapiler, yang akhirnya menyebabkan mereka bocor. Paru-paru Anda kemudian dibanjiri dengan cairan, yang dapat memicu salah satu masalah pernapasan yang terkait dengan sindrom hantavirus paru.

Transmisi dari orang ke orang
Orang yang memiliki sindrom paru hantavirus jenis Amerika Utara tidak menular kepada orang lain. Namun, berbagai jenis dari Amerika Selatan lebih ringan dari penyakit yang dapat ditularkan dari orang ke orang.

FAKTOR RESIKO
Sindrom paru hantavirus paling umum di daerah pedesaan di Barat Amerika Serikat selama musim semi dan musim panas. Sindrom paru hantavirus juga terjadi di Amerika dan Kanada. Hantaviruses lain terjadi di Asia, dimana mereka lebih menyebabkan gangguan ginjal daripada masalah paru-paru.

Kesempatan untuk mengembangkan Sindrom paru hantavirus lebih besar bagi orang-orang yang bekerja, tinggal atau bermain di ruang tempat tinggal tikus. Faktor dan kegiatan yang meningkatkan risiko termasuk :

  • Membuka dan membersihkan bangunan lama tidak terpakai atau gudang
  • Membersihkan rumah, khususnya di loteng atau area berlalu lintas rendah lainnya
  • Memiliki ruang rumah atau tempat kerja yang penuh dengan tikus
  • Memiliki pekerjaan yang melibatkan paparan tikus, konstruksi, pekerjaan utilitas dan kontrol hama
  • Berkemah, hiking atau berburu

KOMPLIKASI
Sindrom paru hantavirus dapat dengan cepat menjadi ganas. Selama paru-paru mengisi dengan cairan, itu menjadi lebih sulit untuk bernapas. Penurunan tekanan darah dan organ tubuh mulai gagal, terutama jantung. Tergantung pada serangan hantavirus, tingkat kematian untuk berbagai sindrom paru hantavirus Amerika Utara adalah lebih dari 30 persen.

PERSIAPAN SEBELUM KONSULTASI
Anda mungkin akan melihat dokter keluarga Anda saat pertama kali. Namun, ketika Anda menelepon untuk mengatur janji, dokter dapat merekomendasikan perawatan medis. Jika Anda memiliki kesulitan bernapas yang berat, segeralah mencari perhatian medis darurat.

Apa yang dapat Anda lakukan
Sebelum wawancara, Anda mungkin ingin menulis daftar jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan berikut :

  • Apa sajakah gejala yang Anda alami? Kapan mereka mulai terjadi?
  • Apakah Anda baru saja membersihkan kamar atau bangunan yang jarang digunakan?
  • Pernahkan Anda terpapar tikus setiap hari?
  • Apakah Anda memiliki masalah medis lainnya?
  • Apa obat-obatan dan suplemen yang secara rutin Anda gunakan?

Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter
Dokter cenderung menanyakan beberapa pertanyaan. Jika Anda siap, Anda bisa membahas pertanyaan lain secara lebih mendalam. Dokter mungkin menanyakan :

  • Apakah tanda-tanda dan gejala Anda termasuk flu seperti ketidaknyamanan, seperti demam, nyeri otot dan kelelahan?
  • Apakah Anda memiliki masalah pencernaan, seperti diare atau muntah?
  • Pernahkah Anda memperhatikan detak jantung Anda yang lebih cepat dari biasanya?
  • Apakah Anda mengalami kesulitan bernapas? Jika demikian, apakah semakin parah?
  • Adakah anggota keluarga Anda yang lain yang memiliki gejala yang sama?

TES DAN DIAGNOSIS
Tes darah dapat mengungkapkan jika tubuh Anda telah membuat antibodi hantavirus. Dokter Anda dapat memesan tes laboratorium lainnya untuk menyingkirkan kondisi lain dengan gejala yang sama.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN
Pilihan pengobatan khusus untuk sindrom paru hantavirus terbatas. Tetapi meningkatkan prognosis dengan pengakuan awal, rawat inap segera dan dukungan yang cukup untuk bernapas.

Terapi suportif
Orang-orang dengan kasus yang parah memerlukan pengobatan langsung di unit perawatan intensif. Dibantu dengan respirasi, baik melalui intubasi atau ventilasi mekanik, dapat membantu dengan pernapasan dan menangkal edema paru. Intubasi melibatkan menempatkan sebuah tabung bernapas melalui hidung, mulut atau trakea untuk membantu menjaga saluran udara Anda membuka dan berfungsi.

Oksigenasi darah
Dalam kasus yang paru tertekan sangat parah, Anda akan memerlukan metode yang disebut oksigenasi membran extracorporeal untuk membantu memastikan Anda mempertahankan pasokan cukup oksigen. Ini melibatkan terus memompa darah melalui sebuah mesin yang menghilangkan karbon dioksida dan menambahkan oksigen. Oksigen darah kemudian dikembalikan ke tubuh Anda.

PENCEGAHAN
Menjaga tikus dari rumah dan tempat kerja Anda dapat membantu mengurangi risiko infeksi hantavirus. Cobalah tips-tips berikut :

  • Memblokir akses. Tikus dapat memeras melalui lubang sekecil 1/4 inci (6 milimeter). Segel lubang dengan skrining kawat, logam atau semen.
  • Tutup makanan. Mencuci piring segera, membersihkan counter dan lantai, dan menyimpan makanan termasuk makanan hewan peliharaan dalam wadah rodent. Gunakan penutup samapah yang erat dan ketat.
  • Mengurangi tempat yang dapat dijadikan sarang. Membersihkan sikat, rumput, dan sampah dari fondasi bangunan.
  • Menggunakan perangkap. Berhati-hati saat menggunakan jebakan umpan racun, racun juga dapat membahayakan orang-orang dan hewan peliharaan.

Prosedur pembersihan yang aman
Basahi area yang dilalui tikus dengan alkohol, disinfektan rumah tangga atau pemutih. Ini membunuh virus dan membantu mencegah debu terinfeksi terbang udara. Setelah semuanya basah, gunakan handuk basah untuk mengambil bahan terkontaminasi. Kemudian lap atau spons daerah dengan disinfektan.

Mengambil tindakan pencegahan khusus, seperti memakai alat bantu pernafasan, ketika membersihkan bangunan yang terinfeksi tikus.