Sindrom POEMS

Definisi

Sindrom POEMS adalah gangguan darah langka yang merusak saraf dan mempengaruhi bagian tubuh yang lain. POEMS adalah singkatan dari tanda-tanda dan gejala berikut:

  • Polineurophaty. Mati rasa, kesemutan, dan kelemahan pada bagian kaki dari waktu ke waktu, dan terkadang juga terjadi pada tangan yang juga disertai dengan kesulitan bernapas.
  • Organomegaly. Pembesaran limpa, hati atau kelenjar getah bening.
  • Endocrinophaty. Kadar hormon tidak normal yang dapat memicu aktifnya kelenjar tiroid (hipotiroidisme), menyebabkan diabetes, masalah seksual, kelelahan, pembengkakan pada tungkai dan gangguan metabolisme dan fungsi penting lainnya.
  • Monoclonal plasma-proliferative disorder (gangguan plasma-poliferasi monoklonal). Sel-sel sumsum tulang yang abnormal (sel plasma) yang menghasilkan protein (protein monoklonal) ditemukan dalam darah.
  • Skin changes (perubahan kulit). Kulit lebih berwarna dari kulit normal, lebih tebal dan diikuti dengan bertambahnya rambut pada wajah atau kaki.

Sindrom POEMS bisa salah didiagnosis karena tanda-tanda dan gejalanya yang menyerupai gangguan medis lainnya. Sindrom POEMS berkembang dengan cepat dan bisa mengancam jiwa, sehingga deteksi dini sangatlah penting.

Pengobatan untuk sindrom POEMS dapat meringankan gejalanya, namun tidak dapat menyembuhkan kondisi. Pilihan pengobatan penyakit ini meliputi terapi radiasi, kemoterapi, dan transplantasi sel induk darah perifer.