SINDROM REYE

DEFINISI

Sindrom reye adalah sindrom langka dan berbahaya yang menyebabkan pembengkakan di hati dan otak. Sindrom Reye paling sering mempengaruhi anak-anak dan remaja yang sembuh dari infeksi virus, biasanya flu atau cacar air.

Tanda-tanda dan gejala seperti kebingungan, kejang, dan penurunan kesadaran yang membutuhkan perawatan darurat. Diagnosis dan pengobatan dini dapat menyelamatkan kehidupan seorang anak.

Aspirin telah dikaitkan dengan sindrom Reye, jadi gunakan secara hati-hati ketika memberikan aspirin untuk anak-anak atau remaja. Meskipun aspirin telah disetujui untuk digunakan pada anak-anak yang lebih tua dari usia 2 tahun, anak-anak dan remaja yang sembuh dari gejala cacar air atau flu seharusnya tidak ernah menggunakan aspirin. Bicarakan dengan dokter jika Anda memiliki masalah.

GEJALA

Dalam sindrom Reye, tingkat gula darah anak biasanya menetes sementara tingkat amonia dan keasaman dalam darah meningkat. Pada saat yang sama, hati mungkin membengkak dan mengembangkan lemak. Pembengkakan dapat juga terjadi di otak, yang dapat menyebabkan kejang atau kehilangan kesadaran.

Tanda dan gejala sindrom Reye biasanya muncul sekitar tiga sampai lima hari setelah terjadinya infeksi virus, seperti flu (influenza) atau cacar air, atau infeksi pernapasan atas, seperti flu.

Tanda dan gejala awal

Untuk anak-anak lebih muda dari usia 2 tahun, tanda-tanda pertama sindrom Reye termasuk:

  • Diare
  • Cepat bernapas

Untuk anak-anak dan remaja, gejala dan tanda-tanda awal dapat mencakup:

  • Muntah terus-menerus
  • Kantuk yang tidak biasa atau kelesuan

 Tanda dan gejala tambahan

Selama kondisi berlangsung, tanda-tanda dan gejala dapat menjadi lebih serius, termasuk:

  • Iritasi, agresif atau perilaku tidak rasional
  • Kebingungan, disorientasi atau halusinasi
  • Kelemahan atau kelumpuhan di lengan dan kaki
  • Kejang
  • Kelesuan berlebihan
  • Penurunan tingkat kesadaran

Tanda-tanda dan gejala ini memerlukan perawatan darurat.

Kapan Anda harus menemui dokter

Diagnosis dan pengobatan sindrom Reye secara dini dapat menyelamatkan kehidupan seorang anak. Jika Anda menduga bahwa anak Anda memiliki sindrom Reye, sangat penting untuk bertindak dengan cepat.

Segeralah mencari bantuan medis darurat jika anak Anda:

  • Mengalami kejang
  • Kehilangan kesadaran

Hubungi dokter jika anak Anda mengalami hal berikut setelah flu atau cacar air:

  • Muntah berulang kali
  • Rasa kantuk yang luar biasa
  • Perubahan perilaku secara mendadak

PENYEBAB

Penyebab sindrom Reye tidak diketahui secara jelas, meskipun beberapa faktor mungkin memainkan peran dalam perkembangannya. Sindrom Reye tampaknya dipicu oleh penggunaan aspirin untuk mengobati penyakit virus atau infeksi, khususnya flu (influenza) dan cacar air pada anak dan remaja yang memiliki gangguan oksidasi asam lemak yang mendasari.

Gangguan oksidasi asam lemak adalah sekelompok gangguan metabolik yang diwariskan, di mana tubuh tidak mampu memecah asam lemak karena kehilangan enzim atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Tes skrining diperlukan untuk menentukan jika anak Anda mempunyai kelainan oksidasi asam lemak.

Dalam beberapa kasus, sindrom Reye mungkin mendasari kondisi metabolik yang diketahui karena penyakit virus. Terkena racun tertentu  seperti insektisida, herbisida dan cat tipis juga dapat berkontribusi untuk sindrom Reye.

 FAKTOR RESIKO

Faktor-faktor berikut biasanya ketika mereka terjadi bersama dapat meningkatkan risiko anak Anda mengembangkan sindrom Reye:

  • Menggunakan aspirin untuk mengobati infeksi virus, seperti flu, cacar air, atau infeksi pernapasan atas
  • Memiliki gangguan oksidasi asam lemak yang mendasari

KOMPLIKASI

Kebanyakan anak-anak dan remaja yang memiliki sindrom Reye bertahan, meskipun terjadi beberapa kemungkinan kerusakan otak permanen. Tanpa diagnosa yang tepat dan pengobatan, sindrom Reye dapat berakibat fatal dalam beberapa hari.

PERSIAPAN SEBELUM KONSULTASI

Sindrom Reye sering didiagnosis dalam situasi darurat karena tanda-tanda serius dan gejala, seperti kejang atau kehilangan kesadaran. Dalam beberapa kasus, gejala dan tanda-tanda awal harus diperiksa dokter dengan cepat. Mungkin Anda akan dirujuk ke dokter yang mengkhususkan diri dalam kondisi otak dan sistem saraf (saraf).

Karena waktu konsultasi yang singkat  dan seringkali ada berbagai alasan yang menutupi, mempersiapkan diri akan sangat membantu. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda bersiap-siap sebelum konsultasi.

 Apa yang dapat Anda lakukan

  • Menyadari batasan pra-janji. Pada saat Anda membuat janji temu, menanyakan apakah ada hal-hal yang perlu Anda laukan sebelumnya.
  • Tuliskan gejala anak Anda, termasuk apapun yang mungkin tampak tidak terkait dengan alasan konsultasi.
  • Buatlah daftar semua obat-obatan, termasuk vitamin, suplemen dan obat tanpa resep yang digunakan anak Anda, terutama apapun yang mengandung aspirin. Bahkan lebih baik, mengambil botol asli dan daftar dosis dan petunjuk tertulis.
  • Mengajak anggota keluarga atau teman Anda saat konsultasi karena mereka dapat membantu Anda menyampaikan keluhan yang terlupakan dan mendengarkan smeua informasi yang disampaikan oleh dokter.
  • Menuliskan pertanyaan untuk menanyakan dokter. Jangan takut untuk bertanya atau untuk berbicara ketika Anda tidak memahami sesuatu yang disampaikan dokter.

Urutkan daftar pertanyaan Anda dari yang paling penting. Untuk sindrom Reye beberapa pertanyaan dasar yang dapat Anda tanyakan kepada dokter meliputi:

  • Apa kemungkinan penyebab lain dari gejala anak saya?
  • Tes apa yang diperlukan untuk memastikan diagnosis gejala ini?
  • Apakah pilihan perawatan dan pro dan kontra untuk masing-masing perawatan tersebut?
  • Apa hasil yang bisa saya harapkan?
  • Apa jenis tindak lanjut yang harus saya harapkan?

Selain pertanyaan-pertanyaan yang sudah anda siapkan jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan lainnya selama konsultasi.

 Apa yang diharapkan dari dokter Anda

Ahli saraf mungkin bertanya tentang gejala dan riwayat penyakit virus anak Anda. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan medis dan menjadwalkan tes untuk mengumpulkan informasi tentang kondisi anak Anda dan untuk mengesampingkan penyakit lainnya, seperti meningitis atau ensefalitis.

TES DAN DIAGNOSIS

Tidak ada tes khusus untuk sindrom Reye. Sebaliknya, skrining untuk sindrom Reye biasanya dimulai dengan tes darah dan urine serta pengujian untuk gangguan oksidasi asam lemak dan gangguan metabolik lainnya.

Kadang-kadang tes diagnostik yang lebih invasif diperlukan untuk mengevaluasi kemungkinan penyebab lain masalah hati dan menyelidiki kelainan neurologis. Sebagai contoh:

  • Spinal tap (pungsi lumbal). Keran tulang belakang dapat membantu dokter mengidentifikasi atau mengesampingkan penyakit lain yang memiliki tanda-tanda dan gejala yang sama, seperti infeksi lapisan yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang (meningitis) atau radang atau infeksi otak (encephalitis). Selama prosedur ini, jarum dimasukkan melalui punggung menjadi ruang di bawah ujung saraf tulang belakang. Contoh kecil dari cairan serebrospinal diambil dan dikirim ke laboratorium untuk analisis.
  • Biopsi hati. Biopsi hati dapat membantu dokter mengidentifikasi atau mengesampingkan kondisi lain yang mungkin mempengaruhi hati. Selama biopsi hati, jarum dimasukkan melalui kulit pada sisi kanan atas perut dan ke dalam hati. Contoh kecil dari jaringan hati diambildan dikirim ke laboratorium untuk analisis.
  • Computerized tomography (CT) scan atau Pencitraan Resonansi Magnetis (MRI). CT atau MRI scan dapat membantu dokter mengidentifikasi atau mengesampingkan penyebab lain dari perubahan perilaku atau menurun kewaspadaan. Sebuah CT scan menggunakan mesin pencitraan canggih yang terhubung ke komputer untuk menghasilkan gambar rinci, 2-D otak. MRI scan menggunakan medan magnet yang kuat dan gelombang radio dari sinar-x untuk menghasilkan gambar dari otak.
  • Biopsi kulit. Pengujian untuk gangguan oksidasi asam lemak atau gangguan metabolik mungkin memerlukan biopsi kulit. Selama biopsi kulit, dokter mengambil sampel kulit (biopsi) untuk analisa di laboratorium. Biopsi biasanya dapat dilakukan di kantor dokter menggunakan anestesi lokal.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN

Sindrom Reye biasanya dirawat di rumah sakit. Kasus yang parah dapat dirawat di unit perawatan intensif. Para staf rumah sakit akan terus memantau tekanan darah anak Anda dan tanda-tanda vital lain. Perawatan khusus termasuk:

  • Cairan infus. Glukosa dan elektrolit adalah solusi yang dapat diberikan melalui jalur intravena (IV).
  • Obat-obat ini dapat digunakan untuk mengurangi tekanan intrakranial dan meningkatkan kehilangan cairan melalui buang air kecil.
  • Obat untuk mencegah perdarahan. Pendarahan akibat kelainan hati mungkin memerlukan pengobatan dengan vitamin K, plasma dan trombosit.

Jika anak Anda mengalami kesulitan bernapas, dia mungkin perlu bantuan dari mesin pernapasan (ventilator).

PENCEGAHAN

Gunakan hati-hati ketika memberikan aspirin untuk anak-anak atau remaja. Meskipun aspirin telah disetujui untuk digunakan pada anak-anak yang lebih tua dari usia 2 tahun, anak-anak dan remaja yang sembuh dari cacar air atau gejala flu seharusnya tidak pernah menggunakan aspirin. Ini termasuk aspirin dan obat-obatan yang mengandung aspirin.

Beberapa rumah sakit dan fasilitas medis melakukan pemutaran bayi untuk gangguan oksidasi asam lemak untuk menentukan jika anak-anak berada pada risiko lebih besar terkena sindrom Reye. Anak-anak dengan gangguan oksidasi yang dikenal sebagai asam lemak tidak boleh mengambil aspirin atau produk yang mengandung aspirin.

Selalu periksa label sebelum Anda memberikan anak Anda obat-obatan, termasuk obat tanpa resep dan obat alternatif lainya. Aspirin dapat muncul di beberapa tempat yang tak terduga, seperti Alka Seltzer.

Kadang-kadang aspirin tersedia dengan nama lain, seperti:

  • Asam Asetilsalisilat
  • Acetylsalicylate
  • Asam salisilat
  • Salisilat

Jika anak Anda memiliki flu, cacar air, atau penyakit virus lain, gunakan obat-obatan lain seperti asetaminofen (Tylenol,), ibuprofen (Advil, Motrin anak-anak, Motrin IB) atau naproxen (Aleve) untuk mengurangi demam tinggi atau mengurangi rasa sakit.

Namun Ada satu pengecualian dari aturan aspirin. Anak-anak dan remaja yang memiliki penyakit kronis tertentu, seperti penyakit Kawasaki, mungkin perlu pengobatan dengan obat-obatan yang mengandung aspirin dalam jangka panjang.

Jika anak Anda membutuhkan terapi aspirin, pastikan dia mendapat vaksin saat ini termasuk dua dosis vaksin VARISELA (cacar air) dan vaksin flu tahunan. Menghindari dua penyakit virus ini dapat membantu mencegah sindrom Reye.