Sindrom Ruminasi

Definisi

Sindrom ruminasi adalah kondisi medis di mana seseorang berulang-ulang dan tidak sengaja memuntahkan makanan yang tidak tercerna dari perut, mengunyah kembali dan kemudian menelan atau memuntahkan makanan tersebut. Ruminasi ini bersifat refleks, bukan dilakukan dengan sengaja atau secara sadar. Sindrom ruminasi ini umumnya tidak terdiagnosa karena gejalanya seringkali mirip dengan penyakit lain.

Orang-orang dengan sindrom ruminasi berulang kali memuntahkan sebagian makanan dari lambung tanpa sengaja atau berusaha melakukannya. Sebagian makanan tersebut kemudian dikunyah kembali dan selanjutnya ditelan atau dimuntahkan. Makanan yang dikunyah kembali nelum dicerna oleh tubuh sehingga seringkali menurut mereka dengan sindrom ruminasi rasa makanan tersebut masih normal dan tidak asam seperti muntah.

Sindrom ruminasi ini seringkali tercampur dengan sindrom bulimia nervosa, penyakit gastroesophageal reflux (GERD) dan gastro paresis. Kondisi ini diketahui terjadi pada bayi dan orang-orang dengan cacat perkembangan. Tetapi juga dapat terjadi pada anak-anak, remaja dan orang dewasa.

Penyebab pasti dari sindrom ruminasi tidak diketahui. Ruminasi dilakukan di luar kesadaran, yang umumnya diawali dengan sendawa refleks. Jika tidak diobati, sindrom ruminasi dapat merusak tabung antara mulut dan perut (esofagus) dan menyebabkan berat badan tidak sehat.