SINDROM TOURETTE

DEFINISI

Sindrom Tourette adalah gangguan sistem saraf yang dimulai pada masa kanak-kanak. Ini melibatkan gerakan berulang yang tidak biasa atau yang tidak diinginkan dan tidak dapat dikontrol. Misalnya, Anda mungkin mengedipkan mata Anda berulang kali, mengangkat bahu atau kepala Anda. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin tidak sengaja menyemburkan kata-kata ofensif.

Tanda dan gejala sindrom Tourette biasanya muncul antara usia 2 dan 12, dengan rata-rata usia sekitar 7 tahun. Laki-laki sekitar tiga sampai empat kali lebih mungkin dibandingkan perempuan untuk mengembangkan sindrom Tourette.

Meskipun tidak ada obatnya, Anda dapat hidup normal dengan Sindrom Tourette, dan banyak orang dengan sindrom Tourette tidak perlu perawatan ketika gejala tidak merepotkan. Gejala Sindrom Tourette sering berkurang atau menjadi tenang dan terkendali setelah masa remaja.

GEJALA

Tics yaitu gerakan secara tiba-tiba, singkat, intermiten atau suara-suara tanda ciri dari sindrom Tourette. Gejala berkisar dari ringan sampai parah. Gejala yang parah secara signifikan dapat mengganggu komunikasi, fungsi sehari-hari dan kualitas hidup.

Tics diklasifikasikan sebagai :

  • Tics sederhana, yang tiba-tiba, singkat dan berulang-ulang, melibatkan sejumlah kelompok otot
  • Tics yang kompleks, yang berbeda, pola pergerakan terkoordinasi yang melibatkan beberapa kelompok otot

Tics yang melibatkan gerakan (motor tics) tics seringkali pada wajah, seperti berkedip biasanya mulai sebelum tics vokal dilakukan. Tetapi spektrum tics yang dialami orang-orang beragam, dan tidak ada kasus yang khas.

Gerakan tics yang umum yang terlihat dalam sindrom Tourette

 

Tics sederhana Tics kompleks
Mata berkedip Menyentuh hidung
Kepala menyentak Menyentuh orang lain
Bahu terangkat Mencium bau
Mata melesat Isyarat cabul
Peregangan jari Mengepakan tangan
Lidah menjulur keluar Hopping

Tics vokal yang umum dilihat di sindrom Tourette

Tics sederhana Tics kompleks
Cegukan Nada suara berbeda
Berteriak Mengulang kata-kata
pembersuhan kerongkongan Mengulang kata-kata
Menggonggong Menggunakan kata-kata cabul, vulgar umpatan

Selain itu, jika Anda memiliki Tourette sindrom, tics Anda dapat:

  • Bervariasi dalam jenis, frekuensi dan tingkat keparahan
  • Memburuk jika Anda sakit, stres, cemas, lelah atau bersemangat
  • Terjadi selama tidur
  • Berkembang menjadi tics berbeda dari waktu ke waktu
  • Memburuk selama tahun-tahun remaja dan meningkatkan selama transisi ke masa dewasa

Sebelum awal motor atau vokal tics, Anda mungkin akan mengalami dorongan disebut dorongan pertanda. Dorongan pertanda adalah sensasi tubuh tidak nyaman, seperti gatal, menggelitik, atau ketegangan. Ekspresi tic membutuhkan bantuan.

Dengan upaya besar, beberapa orang dengan sindrom Tourette sementara dapat menghentikan tic atau menahan tics sampai mereka menemukan tempat di mana itu kurang mengganggu.

Kapan Anda harus menemukan bantuan

Jika Anda melihat anak Anda menunjukan gerakan atau suara tak sadar, jadwalkan janji konsultasi dengan dokter anak Anda. Tidak semua tics menunjukkan sindrom Tourette. Banyak anak-anak mengembangkan tics yang berlangsung selama beberapa minggu atau bulan yang pergi dengan sendirinya. Tapi setiap kali anak menunjukkan perilaku yang tidak biasa, sangat penting untuk memiliki evaluasi medis untuk mengidentifikasi penyebab dan menyingkirkan masalah kesehatan yang serius.

PENYEBAB

Penyebab pasti sindrom Tourette tidak diketahui, dan tidak ada cara yang dikenal untuk mencegahnya. Tourette adalah sindrom kompleks, kemungkinan besar disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan. Teori-teori tentang penyebab Tourette meliputi:

  • Sindrom Tourette mungkin dengan gangguan keturunan. Gen tertentu yang terlibat dalam sindrom Tourette masih sedang didefinisikan, meskipun satu mutasi genetik telah diidentifikasi sebagai penyebab sindrom Tourette yang langka.
  • Kelainan otak. Kimia tertentu dalam otak yang mengirimkan impuls saraf (neurotransmiter) mungkin memainkan peran, termasuk dopamin dan serotonin.

FAKTOR RESIKO

Faktor risiko untuk Sindrom Tourette meliputi :

  • Sejarah keluarga. Memiliki riwayat keluarga sindrom Tourette atau gangguan tic lain dapat meningkatkan risiko mengembangkan sindrom Tourette.
  • Laki-laki. Laki-laki sekitar tiga sampai empat kali lebih mungkin dibandingkan perempuan untuk mengembangkan sindrom Tourette.

KOMPLIKASI

Orang dengan sindrom Tourette memiliki kehidupan yang normal dan sering menyebabkan kehidupan yang sehat dan aktif. Namun, memiliki sindrom Tourette dapat meningkatkan risiko tantangan belajar, perilaku dan sosial, yang dapat merugikan citra diri Anda.

Selain itu, memiliki sindrom Tourette berarti Anda cenderung memiliki kondisi terkait lainnya, seperti:

  • Kurangnya perhatian/hyperactivity disorder (ADHD)
  • Obsessive-Compulsive disorder (OCD)
  • Ketidakmampuan belajar
  • Gangguan tidur
  • Depresi
  • Gangguan kecemasan

PERSIAPAN SEBELUM KONSULTASI

Anda mungkin akan mulai dengan melihat dokter keluarga atau dokter anak Anda. Namun, dalam beberapa kasus ketika Anda menelepon untuk mengatur janji temu, Anda dapat dirujuk segera ke dokter yang mengkhususkan diri dalam kondisi dari sistem saraf (saraf).

Berikut adalah beberapa informasi untuk membantu Anda mempersiapkan diri untuk konsultasi.

Apa yang dapat Anda lakukan

  • Tuliskan gejala-gejala yang Anda alami, termasuk apapun yang mungkin tampak tidak terkait dengan alasan yang Anda jadwalkan janji temu.
  • Tuliskan informasi penting mengenai pribadi Anda, termasuk besar tekanan atau perubahan hidup.
  • Buatlah daftar semua obat-obatan, vitamin atau suplemen yang diambil saat ini.
  • Menuliskan pertanyaan untuk ditanyakan kepada dokter.
  • Membuat video rekaman, jika Anda memiliki kamera video, tic khas untuk ditunjukan kepada dokter.

Menyiapkan daftar pertanyaan untuk ditanyakan kepada dokter Anda dapat membantu Anda berkonsultasi secara efektif. Urutkan daftar pertanyaan Anda dari yang paling penting. Mengenai Sindrom Tourette, beberapa pertanyaan dasar yang dapat Anda tanyakan meliputi:

Ini kondisi mungkin sementara, jangka panjang atau seumur hidup?

  • Apa tindakan terbaik yang dapat Saya lakukan?
  • Apakah ada brosur atau bahan cetak serta website yang dapat Anda lakukan?
  • Adakah keluarga dan kelompok-kelompok pendukung pasien di daerah saya untuk orang-orang dengan diagnosis ini?

Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan lainnya selama konsultasi.

Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter

Dokter mungkin akan menanyakan beberapa pertanyaan, termasuk :

  • Kapan gejala mulai?
  • Apakah gejala berlangsung secara terus-menerus atau hanya sesekali?
  • Seberapa parahkah gejala Anda?
  • Apa yang tampaknya mengurangi gejala Anda?
  • Apa yang tampaknya memperburuk gejala?

TES DAN DIAGNOSIS

Tidak ada tes khusus yang dapat mendiagnosa sindrom Tourette. Sebaliknya, dokter harus mengandalkan sejarah gejala untuk mendiagnosa gangguan. Diagnostik dan statistik Manual of Mental Disorders (DSM) menentukan kriteria untuk diagnosis sindrom Tourette. Diterbitkan oleh American Psychiatric Association, DSM ITB digunakan oleh profesional kesehatan mental untuk mendiagnosa kondisi tertentu dan perusahaan asuransi untuk mengembalikan pengobatan.

Kriteria untuk mendiagnosa sindrom Tourette termasuk :

  • Motor tics dan vokal tics harus hadir, meskipun belum tentu pada waktu yang sama.
  • Tics terjadi beberapa kali sehari, hampir setiap hari atau sebentar-sebentar, selama lebih dari setahun. Tics tidak berhenti selama lebih dari periode tiga bulan.
  • Onset tics terjadi sebelum usia 18.
  • Tics tidak disebabkan oleh obat-obatan, bahan lain atau kondisi medis lainnya.

Diagnosis sindrom Tourette mungkin tertunda karena keluarga dan dokter bahkan kadang-kadang tidak terbiasa dengan gejala, atau gejala yang dapat meniru masalah lain. Mata berkedip mungkin awalnya terkait dengan masalah penglihatan, misalnya, sementara terisak mungkin dikaitkan dengan alergi.

Karena kondisi kesehatan yang serius lainnya dapat menyebabkan motor atau vokal tics, dokter mungkin menyarankan tes untuk menyingkirkan penyebab lainnya. Tes ini termasuk tes darah atau studi neuroimaging, seperti magnetic resonance imaging (MRI).

PERAWATAN DAN PENGOBATAN

Tidak ada obat untuk sindrom Tourette. Pengobatan ini dimaksudkan untuk membantu kontrol tics yang mengganggu kegiatan sehari-hari dan berfungsi. Ketika tics tidak parah, pengobatan mungkin tidak diperlukan.

 Obat

Obat-obatan tidak membantu semua orang yang menderita Sindrom Tourette, tidak benar-benar menghilangkan gejala, dan mereka semua memiliki efek samping peningkatan berat badan.

Obat-obatan yang tersedia untuk membantu mengontrol atau meminimalkan tics atau untuk mengurangi gejala kondisi terkait seperti kurangnya perhatian/hyperactivity disorder (ADHD) atau obsessive-compulsive disorder (OCD) termasuk:

  • Obat yang memblok atau menguras dopamin neurotransmitter di otak, seperti fluphenazine, haloperidol (Haldol) atau pimozide (Orap). Digunakan untuk mengontrol tics, obat-obat ini mungkin memiliki efek samping seperti berat badan dan menumpulkan pikiran.
  • Suntikan Toksin botulinum tipe A (Botox). Untuk tics sederhana atau vokal, suntikan ke dalam otot yang terkena dapat membantu meringankan tic.
  • Obat-obatan stimulan, seperti methylphenidate (konser, Ritalin) dan mereka yang mengandung dextroamphetamine (Adderall XR, Dexedrine). Ini digunakan untuk membantu meningkatkan perhatian dan konsentrasi untuk orang dengan ADHD.
  • Pusat Adrenergik inhibitor, seperti clonidine (Catapres) atau guanfacine (Tenex). Biasanya resep untuk tekanan darah tinggi, obat ini dapat membantu mengontrol gejala perilaku, seperti masalah kontrol impuls dan kemarahan. Efek samping termasuk kantuk.
  • Antidepresan, seperti fluoxetine (Prozac, Sarafem). Ini dapat membantu mengontrol gejala kesedihan, kecemasan dan OCD.

Terapi

  • Selain membantu Anda mengatasi sindrom Tourette, psikoterapi atau terapi wicara dapat membantu dengan masalah, seperti ADHD, obsesi, depresi atau kecemasan yang menyertainya.
  • Terapi perilaku. Bentuk terapi perilaku yang disebut pelatihan pembalikan kebiasaan dapat membantu untuk mengurangi tics. Dengan terapi ini, Anda memantau tics dan mengidentifikasi pertanda mendesak seperti sensasi yang tidak nyaman yang terjadi sebelum tic. Anda belajar untuk menanggapi hal yang mendesak dengan sukarela bergerak dengan cara yang bertentangan dengan tic, yang menekan tic.
  • Stimulasi otak dalam. Untuk tics parah yang tidak menanggapi pengobatan lain, Stimulasi otak dalam (DBS) dapat membantu. DBS terdiri dari menanamkan baterai perangkat medis (neurostimulator) di otak untuk memberikan stimulasi listrik ke daerah-daerah sasaran yang mengontrol gerakan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah DBS manfaat orang dengan sindrom Tourette.

CARA MENGATASI DAN DUKUNGAN

Harga diri Anda mungkin terasa rendah sebagai akibat dari sindrom Tourette. Anda mungkin akan malu tentang tics yang Anda miliki. Anda mungkin ragu-ragu untuk terlibat dalam kegiatan sosial, seperti kencan atau pergi keluar di depan umum. Sebagai hasilnya, Anda berada pada peningkatan risiko depresi dan penyalahgunaan zat.

Untuk mengatasi sindrom Tourette :

  • Ingat bahwa tics biasanya membaik ketika Anda beranjak tua. Tics biasanya mencapai puncaknya di awal remaja untuk pertengahn remaja.
  • Menjangkau orang lain yang berurusan dengan sindrom Tourette untuk informasi, mengatasi dan dukungan terhadap tips.

Anak-anak dengan sindrom Tourette

Sekolah dapat menimbulkan tantangan khusus untuk anak-anak dengan sindrom Tourette.

Untuk membantu anak Anda:

  • Menggali informasi. Belajar sebanyak mungkin mengenai sindrom Tourette. Berbicara dengan dokter Anda tentang pertanyaan yang Anda miliki.
  • Memelihara diri anak Anda. Mendukung anak Andauntuk kepentingan pribadi dan persahabatan keduanya dapat membantu membangun penghargaan akan dirinya sendiri.
  • Menjadi advokat anak Anda. Membantu mendidik guru, sopir bus sekolah dan lain-lain dengan siapa anak Anda berinteraksi secara teratur.
  • Menemukan kelompok pendukung. Untuk membantu Anda mengatasi, carilah lokal sindrom Tourette untuk dukungan kelompok. Jika tidak ada, pertimbangkan untuk memulainya.