Solusi Alami Redakan Sakit Gigi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Siapa yang pernah sakit gigi? Bagi orang yang pernah mengalaminya pasti setuju kalau sakit gigi itu menjengkelkan dan membuat frustrasi. Pasalnya, rasa nyeri karena sakit gigi mengakibatkan hilangnya selera makan hingga marah-marah tidak karuan. Sakit gigi terjadi ketika pulpa (area tengah gigi yang terdiri dari beberapa ujung saraf) teriritasi atau meradang. Penyebabnya beragam, antara lain gigi berlubang, infeksi, penyakit gusi, gigi tanggal, dan gangguan sendi rahang. Ketika mengalami sakit gigi, Anda bisa memanfaatkan bahan alami yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya:

  • Bawang putih. Bawang putih memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk meredakan sakit gigi. Senyawa allicin yang terkandung dalam bawang putih berperan sebagai antibiotik. Cukup haluskan bawang putih dan beri sedikit garam lalu oleskan pasta bawang putih tersebut langsung pada gigi yang sakit. Untuk hasil maksimal, lakukan secara teratur selama beberapa hari.
  • Cengkeh. Cengkeh juga merupakan bahan alami yang efektif meredakan sakit gigi karena mengandung eugenol, yaitu senyawa yang bersifat anestesi, antibakteri, dan anti-inflamasi. Untuk mengatasi sakit gigi, Anda bisa menggunakan 2-4 tetes minyak cengkeh yang dioleskan pada area gigi yang sakit dengan bola kapas atau dicampur seperempat gelas air untuk digunakan sebagai obat kumur.
  • Kunyit. Kunyit telah lama dikenal bermanfaat bagi kesehatan karena memiliki kandungan senyawa antibakteri dan antiseptik yang kuat. Kandungan utamanya, yaitu kurkumin dapat memberikan bantuan dalam meredakan nyeri ketika sakit gigi. Satu sendok teh bubuk kunyit cukup dicampur dengan sedikit air hingga berbentuk pasta. Aplikasikan pasta kunyit tersebut pada gigi yang sakit secara langsung atau dengan bola kapas.
  • Garam. Berkumur dengan air garam hangat juga cukup efektif meredakan sakit gigi. Garam membantu menetralkan asam laktat yang diproduksi bakteri dalam mulut. Dengan kata lain, air garam dapat membantu meredakan peradangan dan melawan bakteri penyebab sakit gigi sehingga rasa nyeri pada gigi pun akan mereda.
  • Daun jambu. Tak hanya sebagai obat sakit perut, daun jambu juga dapat membantu mengatasi sakit gigi akibat kebersihan mulut yang kurang terawatt dan infeksi bakteri. Daun jambu mengandung flavonoid yang memiliki sifat antibakteri dan sifat anti-inflamasi. Caranya cukup mudah, cukup rebus beberapa lembar daun jambu dan beri sedikit garam lalu. Air rebusan daun jambu tersebut digunakan sebagai obat kumur.

Bahan-bahan alami di atas pada dasarnya memang bermanfaat. Namun, tetap saja Anda perlu memeriksakan sakit gigi Anda ke dokter jika:

  • Nyeri pada gigi berlangsung selama lebih dari dua hari
  • Nyeri gigi disertai demam
  • Muncul gejala infeksi, seperti pembengkakan, nyeri ketika menggigit makanan, gusi merah atau bernanah
  • Kesulitan menelan

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY