Solusi dan Tips Mengatasi Maag saat Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Maag kambuh ketika sedang puasa memang menjadi masalah yang menyebalkan dan bisa menjadi suatu halangan menjalankan ibadah di bulan Ramadan. Gejala maag yang biasanya ditandai dengan perut nyeri, kembung, mual, dada terasa perih, memang sering menjadi alasan bagi Anda untuk berbuka puasa sebelum waktunya.

Namun, sebenarnya maag bukanlah menjadi penghalang yang dijadikan alasan untuk tidak memaksimalkan anda dalam menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan. Dengan catatan, Anda tahu tips dan solusi aman untuk mencegah dan mengatasi maag kambuh saat puasa. Apa saja solusi dan tipsnya? Berikut ulasannya:

  1. Usahakan selalu sahur

Kondisi maag saat puasa umumnya dapat dicegah apabila Anda selalu mengusahakan sahur sebelum menjalankan ibadhah puasa, jangan biasakan puasa tanpa makan sahur. Mungkin masih tidak apa-apa jika anda lupa satu atau dua kali tidak sahur karena berbagai alasan. Namun, apabila hal ini berlangsung secara terus-menerus, kondisi ini akan meningkatkan risiko mengalami maag kambuh saat puasa.

Biasanya maag dapat kambuh pada jam-jam puasa terutama ketika siang hari, pukul 10.00 hingga 12.00 siang. Untuk itu, selalu usahakan saat sahur, Anda menghindari makanan yang dapat menimbulkan risiko meningkatkan maag kambuh.

  1. Berbuka tepat waktu

Kesibukan Anda dalam bekerja atau kondisi kemacetan parah dijalanan saat perjalanan pulang, terkadang menjadi alasan untuk Anda menunda buka puasa. Berbuka puasa tepat waktu sangat penting dilakkan bagi anda yang memiliki riwayat penyakit maag, hal ini untuk mencegah maag anda kambuh, jadi jangan membiasakan menunda-nunda waktu berbuka puasa.

Anda dapat menghindari minuman berkafein saat berbuka puasa. Buatlah jadwal makan khusus selama menjalani puasa di bulan ramadhan. Jika sebelumnya anda makan tiga kali sehari, pada saat puasa anda bisa mengubahnya menjadi empat atau bahkan lima kali dari waktu berbuka puasa hingga saat sahur, tentu dengan porsi yang tak terlalu berlebihan, agar perut anda tidak kekenyangan.

  1. Konsumsi makanan yang kaya serat saat sahur

Ketika sahur pastikan jika anda telah mengonsumsi makanan yang kaya serat. Jenis makanan yang banyak mengandung serat bisa anda temukan pada sayur, beras merah, buah, kacang-kacangan, agar-agar dan gandum. Makanan yang tinggi serat biasanya juga banyak mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk diserap ke dalam sistem tubuh.

Makanan tinggi serat ini dapat memperlambat pengosongan lambung atau menambah rasa kenyang perut anda. Sehingga maag anda tak akan mudah kambuh ketika puasa. Karena jika lambung penderita maag dalam keadaan kosong, maka asam lambung dapat mengiritasi dinding lambung dan akan mengakibatkan rasa perih, kondisi ini bisa meningkatkan risiko maag kambuh ketika menjalani ibadah puasa.

  1. Menghindari makanan pemicu maag

Ketika makan sahur dan berbuka puasa, penderita maag harus menghindari makanan yang dapat membuat maag kambuh saat puasa kambuh. Untuk itu, anda harus menghindari makanan yang banyak megandung lemak, karena makanan berlemak dapat meningkatkan peradangan pada selaput lambung, sehingga maag bisa dengan mudah kambuh ketika berpuasa. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here