Solusi Keram Perut Saat Menstruasi

SehatFresh.com РBerdasarkan data The American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), lebih dari 50% perempuan mengalami kram perut selama satu dua hari pertama menstruasi. Gangguan kram ini umumnya dialami pada tahun-tahun pertama  mendapatkan menstruasi, di usia awal 20-an, atau setelah berusia matang (lebih dari 35 tahun). Dipastikan nyaris satu dari 10 perempuan yang mengalami nyeri menstruasi parah, sehingga terganggu rutinitasnya.

Kerap kali kram menstruasi digambarkan sebagai rasa nyeri atau tekanan yang sangat intens pada perut bagian bawah. Rasa nyeri yang dialami cenderung beragam pada setiap perempuan yang mengalaminya, bahkan hingga memicu gejala lain seperti mual, muntah dan diare.

Kejadian seperti ini merupakan kejadian yang tidak disukai oleh kalangan wanita, untuk itu marilah kita cari tahu, cara mengatasi keram perut ketika menstruasi

  • Lakukan kopres air panas

Dokter menyarankan panas sebagai cara untuk meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh kram menstruasi yang juga dapat membantu meredakan kram itu sendiri. Biasanya perawatan ini seperti mengompres perut dengan air hangat. Tujuannya untuk melemaskan otot-otot keram.

  • Olahraga

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang berolahraga secara teratur mengalami rasa sakit menstruasi yang lebih sedikit. Bahkan jika hanya 30 menit berjalan lima kali dalam seminggu, olahraga ringan lebih baik daripada tidak sama sekali. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak berolahraga.

  • Minum obat Anti Inflamasi Non Steroid atau AINS untuk segera meredakan rasa sakit Anda

AINS adalah obat yang sangat efektif untuk meredakan sakit yang disebabkan oleh kram menstruasi. Obat ibuprofen tersedia dalam bentuk yang dijual bebas dengan beberapa merek, seperti Advil, Genpril, IBU-200, dan lain-lain. Merek generiknya “Ibuprofen” dan jauh lebih murah harganya.

  • Gunakan obat herbal untuk mengurangi nyeri menstruasi

Banyak herbal (yang dikenal selama bertahun-tahun) berguna untuk mengurangi rasa sakit menstruasi yang dikenal dengan dysmenorrhea. Penelitian ilmiah dari herbal ini juga mendukung efektivitasnya dalam mengurangi rasa sakit menstruasi. Seorang konsultan ayurvedik bisa membantu Anda memilih kombinasi herbal yang tepat dan membimbing Anda untuk menyiapkan formulasinya untuk mengendalikan rasa sakit menstruasi Anda.

  • Hindari kafein

Cobalah untuk menghindari kopi, karena kandungan kafeinnya dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Dengan mengurangi konsumsi kafein dapat membantu Anda mengurangi kram ini.

  • Yoga

Tidak hanya untuk relaksasi atau menenangkan diri, beberapa gerakan yoga ternyata dapat membantu mengurangi kram perut. Coba Anda googling tentang gerakan-gerakan yoga yang bisa meringankan kram. Lalu Anda dapat mencobanya dan rasakan gerakan apa saja yang paling bisa menurunkan rasa sakit Anda.

Jika cara diatas sudah Anda lakukan, namun tidak behasil. Segera konsultasikan ke dokter terdekat.

Sumber gambar : kesehatanaz.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY