Sterilkan Botol Susu Si-Kecil Ala Ibu Pintar

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penggunaan botol susu untuk anak harus dilakukan secara selektif dengan berbagai pertimbangan penting seperti jenis bahan, ukuran, sampai pada cara merawatnya. Tentu saja para ibu akan sangat memperhatikan hal ini, karena akan memberi pengaruh pada si-kecil. Seperti misalnya memilih botol susu untuk bayi di carikan dengan ukuran secukupnya, gunakan bagian karet yang sesuai dengan bentuk puting. Selain itu berkaitan dengan bahan maka harus dilihat terlebih dahulu kode yang tertera pada botol, kode tersebut yang akan menunjukan kandungan apa saja yang menjadi komposisi botol tersebut. Oleh karena itu ibu yang cerdas akan memilih standar tinggi untuk botol susu yang digunakan untuk si-kecil bahakan dari cara membersihkannya. Terdapat cara mensterilkan botol susu bayi yang sederhana dan tepat. Semua ibu dapat melakukannya untuk memproteksi keamanan dan kenyamanan si-kecil saat menggunakan botol susu nya.

Seorang ibu harus cerdas dalam mengurus buah hati bahkan untuk hal-hal kecil, ibu pintar memberikan asupan nutrisi secara tepat pada bayinya. Ketika menggunakan botol susu untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya maka bukan hanya susunya yang dipastikan baik berupa ASI cadangan maupun susu formula. Pilihan ini ditentukan berdasarkan kebutuhan nutrisi si-kecil. Cara memberikan susu melalui botol juga harus dipastikan keadaan botolnya terutama kebersihannya. Mengingat terkadang pemakaian botol terjadi beberapa kali dalam rentang yang singkat. Hal ini sebaiknya disiasati dengan memiliki botol tersebut dengan jumlah lebih dari satu. Dalam membersihkan dan juga cara mensterilkan botol susu bayi yang telah digunakan memang membutuhkan beberapa waktu tetapi ini harus tetap di lakukan demi kondisi terbaik untuk sang anak.

Berikut ini rangkaian cara membersihkan botol susu sampai dengan cara mensterilkan botol susu bayi dengan tepat:

  1. Sediakan air hangat dengan suhu sedikit lebih panas
  2. Pisahkan bagian botol sesuai jenisnya
  3. Siram bagian dalam botol dengan air dingin untuk menghilangkan noda susunya
  4. Bersihkan karet botol dengan air dingin
  5. Cucilah dengan sabun khusus untuk peralatan bayi
  6. Pastikan tidak ada noda dan bau sabun yang tertinggal
  7. Untuk mensterilkan maka rendamlah botol sampai terdapat uap didalamnya
  8. Hindari mengenai panas pada bagian karet nya karena akan menjadikannya bau dan berubah ukuran
  9. Jangan rebus botol dengan api menyala
  10. Tiriskan hingga kering sebelum digunakan

Ada beberapa kesalahpahaman yang selama ini terjadi dikalangan ibu berkaitan dengan kebersihan botol susu untuk si-kecil. Hal ini terjadi akibat kurangnya pengetahuan ibu mengenai jenis botol susu, terutama untuk kode material botol tertentu. Karena hal ini sebenarnya menentukan cara pemakaian bahkan juga pada perawatannya. Diantaranya untuk botol berbahan kaca  jelas berbeda perlakuan atau  cara mensterilkan botol susu bayi berbahan plastik. Selain itu pada botol plastik juga kan terdapat kode perlakuan di bagian bawahnya, ini dapat ibu jadikan sebagai acuan. Lantas sampai kapan ibu cerdas melakukan aktivitas ini? Tentu saja sampai si-kecil berumur 12 bulan setidaknya sampai dengan kondisi stabilnya sistem imun yang dimiliki. Pada usia ini bayi sudah mulai memiliki sistem imun yang lebih baik sehingga dapat dikurangi rasa kekhawatiran ibu terhadap si-kecil. (WDA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY