STILLS DISEASE

DEFINISI

Stills Disease adalah penyakit langka sejenis arthritis dengan sakit tenggorokan, ruam berwarna kehitaman, dan demam tinggi yang sangat mencengkram sekali atau dua kali sehari. Nyeri sendi cenderung terjadi beberapa minggu setelah awal tanda dan gejala ini.

Penyebab orang dewasa dengan penyakit di masih tidak diketahui, tetapi para peneliti sedang menyelidiki kemungkinan bahwa itu mungkin dipicu oleh beberapa jenis infeksi. Beberapa orang mengalami hanya satu episode. Namun, untuk orang lain kondisi menetap atau berulang.

Stills Disease adalah penyakit adalah sejenis arthritis, mirip dengan rheumatoid arthritis inflamasi. Peradangan ini dapat merusak sendi yang terkena dampaknya, terutama pergelangan tangan. Perawatan melibatkan obat-obatan, seperti prednison, yang membantu mengendalikan peradangan.

 GEJALA

Kebanyakan orang dengan dewasa yang memiliki Still disease mengalami kombinasi dari tanda-tanda dan gejala berikut :

  • Sakit tenggorokan. Salah satu gejala pertama penyakit ini adalah sakit tenggorokan. Kelenjar getah bening di leher Anda juga mungkin menjadi bengkak dan lunak.
  • Demam. Anda mungkin mengalami demam harian setidaknya 102 f (38.9 C) selama seminggu atau lebih. Demam biasanya meuncak di sore atau awal malam. Kadang-kadang, Anda mungkin mengalami dua demam yang tajam setiap hari. Antara episode, suhu Anda kemungkinan besar akan kembali normal.
  • Ruam. Ruam dapat datang dan pergi dengan demam. Ruam biasanya muncul pada leher, lengan atau kaki. Kontak fisik, seperti menggosok kulit Anda, mungkin memicu ruam untuk muncul.
  • Sakit dan bengkak pada sendi. Anda mungkin menemukan bahwa sendi Anda terutama lutut, pergelangan tangan, pergelangan kaki, siku, tangan dan bahu kaku, menyakitkan, dan meradang. Biasanya, ketidaknyamanan sendi berlangsung setidaknya dua minggu.
  • Nyeri otot. Nyeri otot yang terkait dengan penyakit ini biasanya surut dan mengalir dengan demam, tapi rasa sakit mungkin cukup parah sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Memiliki salah satu tanda-tanda atau gejala tidak selalu berarti bahwa Anda memiliki penyakit ini. Tanda dan gejala gangguan ini bisa meniru kondisi lain, termasuk mononukleosis dan jenis kanker yang disebut limfoma.

Kapan Anda harus menemui dokter

Jika Anda memiliki demam tinggi, ruam dan sakit sendi, segera menemui dokter Anda untuk menentukan apa yang mungkin menjadi penyebab. Dan juga, jika Anda memiliki still disease dan mengalami batuk, kesulitan bernapas, nyeri dada atau gejala lain yang tidak biasa, segera hubungi dokter Anda.

PENYEBAB

Meskipun tidak diketahui penyebab pasti gejala ini, gangguan ini mungkin dipicu oleh sebuah virus atau infeksi bacteri.

 FAKTOR RESIKO

Usia adalah faktor utama dalam gangguan stills disease, dengan insiden yang memuncak dua kali. Pertama, pada antara usia 15 sampai 25 tahun. Kedua, pada usia 36 sampai 46 tahun. Laki-laki dan perempuan memiliki resiko yang sama dalam gangguan ini. Beberapa kasus gejala ini bersifat kurang umum, sehingga kemungkinan ini bukanlah kondisi turunan.

KOMPLIKASI

Kebanyakan komplikasi dari penyakit stills disease timbul dari peradangan kronis dari organ-organ tubuh dan sendi.

  • Penghancuran sendi. Peradangan kronis dapat merusak sendi Anda. Sendi paling sering terlibat adalah lutut dan pergelangan tangan. Leher, kaki, jari dan sendi pinggul juga mungkin akan terpengaruh, tetapi lebih sering.
  • Peradangan jantung. Stills disease adalah penyakit yang dapat menyebabkan radang tutup kantung seperti jantung (pericarditis) atau bagian otot jantung Anda (myocarditis).
  • Kelebihan cairan di paru-paru. Peradangan dapat menyebabkan cairan mengumpul di sekitar paru-paru Anda, yang dapat membuat sulit untuk bernapas lebih dalam.

PERSIAPAN SEBELUM KONSULTASI

Anda cenderung memulia pengobatan dengan mencari nasihat dari dokter keluarga, tapi ia mungkin merujuk Anda ke spesialis dalam penyakit sendi (rheumatologist). Karena waktu konsultasi yang tidak banyak dan seringkali banyak alasan yang membatasi, alangkah baiknya jika Anda mempersiapakan diri dengan baik. Berikut adalah beberapa informasi untuk membantu Anda bersiap-siap dan mengatahui apa yang bisa Anda harapakan dari dokter.

Apa yang dapat Anda lakukan

  • Catat gejala Anda, termasuk kapan mereka pertama kali mulai dan seberapa sering mereka kambuh..
  • Menuliskan informasi penting mengenai kesehatan Anda, termasuk kondisi kesehatan lainnya yang telah didiagnosis.
  • Daftar obat-obatan yang saat ini Anda ambil, termasuk resep dan obat tanpa resep, vitamin atau suplemen.
  • Membawa naggota keluarga atau teman Anda saat konsultasi arena mereka dapat membantu menyampaiakn keluhan yang terlupakan dan mendengarkan semua informasi penting yag disampiakan oleh dokter.
  • Menuliskan pertanyaan untuk ditanyakan kepada dokter.

Apa yang bisa Anda harapakan dari dokter

Dokter cenderung menanyakan beberapa pertanyaan. Jika Anda siap, Anda bisa membahas pertanyaan lain secara lebih mendalam. Dokter Anda mungkin bertanya :

  • Apa sajakah gejala-gejala yang Anda alami, dan kapan mereka pertama kali muncul.
  • Apakah gejala Anda datang dan pergi, atau apakah mereka muncul secara terus-menerus?
  • Kapan kemungkinan mereka kambuh?
  • Apa perawatan atau langkah-langkah perawatan diri yang telah Anda coba sejauh ini?
  • Apakah perawatan atau langkah-langkah perawatan diri dapat membantu?
  • Apakah anda pernah didiagnosa dengan kondisi medis lainnya?

TES DAN DIAGNOSIS

Tidak ada satu tes tunggal yang dapat digunakan untuk diagnosis stills disease. Tes pencitraan dapat mengungkapkan kerusakan akibat gejala ini. Sementara tes darah dapat menyingkirkan gangguan dengan gejala yang sama.

PERAEATAN DAN PENGOBATAN

Dokter menggunakan berbagai obat-obatan untuk mengobati orang dengan penyakit still disease. Jenis obat yang Anda perlukan tergantung pada tingkat keparahan gejala dan apakah Anda mengalami efek samping.

  • Obat Non steroid anti-inflamasi (NSAID). NSAID tanpa resep, seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB) atau naproxen (Aleve), dapat membantu dengan nyeri sendi dan peradangan yang ringan. NSAID yang kuat tersedia dengan resep. OAINS dapat merusak hati, sehingga Anda mungkin perlu tes darah secara teratur untuk memeriksa fungsi hati.
  • Steroid. Kebanyakan orang yang memiliki penyakit ini memerlukan pengobatan dengan steroid, seperti prednison. Obat kuat ini mengurangi peradangan, tetapi dapat menurunkan resistensi tubuh terhadap infeksi dan meningkatkan risiko mengembangkan osteoporosis.
  • Methotrexate. Methotrexate obat (Rheumatrex, Trexall) sering digunakan dalam kombinasi dengan prednison, yang memungkinkan dosis prednison harus dikurangi.
  • Pengubah biologik respon. Obat-obatan seperti infliximab (Remicade), adalimumab (Humira) dan etanercept (Enbrel) telah menunjukkan beberapa bukti, tapi keuntungan jangka panjang mereka masih tidak diketahui. Jika obat lain belum bekerja, dokter mungkin menyarankan mencoba anakinra (Kineret) atau rituximab (Rituxan).

GAYA HIDUP DAN PENCEGAHAN

Berikut adalah beberapa cara untuk membantu Anda membuat sebagian besar kesehatan Anda jika Anda masih memiliki penyakit ini :

  • Memahami obat Anda. Bahkan jika Anda bebas dari gejala selama beberapa hari, sangat penting untuk mengambil obat-obatan sebagai yang direkomendasikan dokter Anda. Mengendalikan peradangan membantu mengurangi risiko komplikasi.
  • Suplemen diet. Jika Anda mengambil dosis tinggi prednison, berbicara dengan dokter Anda tentang mengambil suplemen kalsium dan vitamin D yang lebih untuk membantu mencegah osteoporosis.
  • Terus bergerak. Sementara Anda tidak mungkin merasa untuk latihan jika sakit sendi, latihan dapat membantu Anda mempertahankan rentang gerak dan meredakan nyeri dan kekakuan.