Strawberry Bisa Menangkal Asam Urat

Siapa sih yang tidak tahu dengan buah yang satu ini, seluruh orang pasti sudah tahu buah strawberry. Buah Strawberry dikenal sebagai buah  yang paling populer di dunia, hal tersebut dikarenakan  buah strawberry memiliki rasa yang lezat dan juga tampilan yang menawan. Karena kandungan vitamin C dan seng  dalam buah strawberry sangat tinggi maka tidak heran jika buah strawberry mampu meningkatkan  daya tahan tubuh secara menyeluruh sekaligus membantu tubuh melawan infeksi seperti pilek dan flu. Tapi tahukah Anda ternyata strawberry ini memberi manfaat tersendiri bagi penderita asam urat?

Penyakit asam urat merupakan akibat dari konsumsi zat purin secara berlebihan. Purin diolah tubuh menjadi asam urat, tapi jika kadar asam urat berlebih, ginjal tidak mampu mengeluarkannya sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. Hal inilah yang mengakibatkan sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang. Lalu bagaimana bisa strawberry mengobati asam urat?

Vitamin C

Secangkir strawberry mentah menyediakan 90 miligram vitamin C, sama dengan 149 persen dari tunjangan harian yang direkomendasikan. Berdasarkan penelitian terbaru, kandungan vitamin C dalam strawberry menunjukkan manfaat sebagai pengobatan dan pencegahan untuk gout. Studi tahun 2005 yang dilakukan oleh Johns Hopkins University peneliti dan diterbitkan dalam jurnal “Arthritis dan Rematik” menemukan bahwa suplemen vitamin C secara signifikan mengurangi kadar asam urat pada pasien dengan asam urat.

Folat

Strawberry merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin B folat. Satu cangkir strawberry mentah mengandung 40 mikrogram folat, setara dengan sepuluh persen dari tunjangan harian yang direkomendasikan dari 400 mikrogram. Penelitian menunjukkan hubungan antara rendahnya tingkat folat dan gejala awal asam urat. Studi tahun 2003 yang dilakukan oleh para peneliti Taiwan dan dipublikasikan dalam “American Journal of Clinical Nutrition” menemukan bahwa makanan tinggi folat seperti strawberry memiliki efek perlindungan terhadap asam urat.

Senyawa anti-inflamasi

Asam urat ditandai dengan peradangan dan nyeri, dan strawberry yang sarat dengan phytochemical dapat mengurangi peradangan tersebut. Fitokimia pada strawberry meliputi asam ellagic dan flavonoid quercetin, catechin, antosianin dan kaempferol. Senyawa-senyawa tersebut tidak hanya dapat menghentikan proses inflamasi, tapi juga mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung.

Oksalat

Strawberry juga mengandung oksalat, suatu senyawa kimia yang berasal dari asam oksalat. Menurut Columbia University Medical Center, ada hubungan antara oksalat, asam urat dan batu ginjal. Meski strawberry banyak mengandung zat gizi, namun tidak setiap orang dapat mengonsumsinya, makan strawberry dapat menyebabkan kekacauan fungsi lambung dan usus, selain itu bagi yang fungsi ginjalnya kurang baik dan mengidap batu pada saluran kencing sebaiknya jangan berlebihan mengonsumsinya karena buah strawberry mengandung banyak asam oksalat. Maka dari itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika Anda ingin melakukan terapi penyembuhan asam urat dengan strawberry.

*pic lazyflowerisme.wordpress.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here