Apakah Stres Mengakibatkan Rambut Wanita Rontok?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kehilangan berhelai-helai rambut setiap hari adalah hal yang memang normal. Tetapi jika kita kehilangan rambut kita terus menerus sampai lebih dari 100 helai per hari ini adalah hal yang abnormal. Jika anda memperhatikan rambut yang sering anda sisir dan terjatuh di lantai ataupun di saluran pembuangan air di kamar mandi dan anda bahkan akan mulai menyadari rambut anda kian menipis.

Menurut para ahli mereka berpendapat beberapa hal yang dapat mengakibatkan rambut rontok berlebihan yaitu stres. Ketika seorang mengalami stres folikel rambut akan menajadi prematur dan di ikuti dengan kerontokan rambut anda. Tubuh anda yang mengalami stres akan mengalihkan sumber dayanya untuk beraktivitas dan melakukan hal-hal yang diperlukannya saja, hal ini berarti kurangnya perhatian kepada pertumbuhan dan pemeliaraan rambut anda dan tidak heran akan pasti akan mengalami kerontokan.

Jika rambut anda rontok hingga 100 hela perhari hal tersebut akan menimbulkan masalah dan akibatnya kepala anda akan mudah botak, karena pertumbuhan rambut bisa saja terganggudan terhentiakibatnya seorang wanita akan kehilangan mahkotanya yaitu rambut nya. Rambut yang rontok berlebihan disebut sebagai telogen efflivium. Kerontokan ini terjadi menyeluruh pada kulit kepala dan rambut akan tipis secara menyeluruh. Tapi jika rambut anda rontok akibat stres hal ini masih dapat diperbaiki dengan perawatan.

Terdapat perawatan terhadap rambut rontok akibat stres dengan menggunakan produk rambut untuk memperkuat rambut anda secara alamiah. Seperti dengan menggunakan minyak kelapa dan miyak jarak akan membantu dan memulihka rambut anda. Campuri bahan-bahan tersebut dalam jumlah yang sama oleskan campuran tersebut pada kulit kepala, biarkan semalam dan anda bisa membilas dengan air bersih dan mengalir. Hal ini cukup mejadi efek yang positif untuk penanganan rambut rontok akibat stres jika anda ingin melakukan setidanya sekali seminggu dan cara ini dapat membuat rambut lebih sehat setelah stres awal tubuh anda harus segera memulihkan pertumbuhan rambut normal dalam waktu 6 bulan sampai 1 tahun. Berikut cara anda untuk mengurangi stres emosional:

  1. Tidur yang cukup

Kekurangan tidur dapat membuat anda meningkatkan rasa stres khususnya jika berlangsung lama dan mengganggu pola makan dan dalam melakukan pekerjaan

  1. Jalani pola makan yang sehat

Makan makanan yang sehat akan membuat tubuh anda memiliki banyak energi sehingga lebih mampu mengatasi stress. Berawa dari pola makan yang sehat dapat meningkatkan kekuatan rambut.

  1. Tingkatkan olahraga

Olahraga merupakan hal yang perlu anda jalani jika anda merasa streskarena tubuh akan melepaskan endorfin yang dikenal sebagai hormon bahagia yang membnatu anda lebih tenang dan santai

  1. Kurangi terapis

Stres dapat bertambah parah jika anda memendam perasaan dan tidak mau membicarakan sumber stres anda yang salah satunya kan membuat rambut anda rontok.

  1. Sediakan waktu untuk perubahan diri setelah perubahan fiologis yang besar yang dapat memicu timbulnya stres

Stres dapat kita cegah dengan berbagai hal, karena jika nda terus menerus memikirkan masalh yang tiada ujungnya kan mempenharuhi fungsi hormon anda dan akan menimbulkan rambut anda menjadi rontok yang berlebihan. Cobalah untuk melakukan kegiatan yang positif agar anda terhindar dari stres dan rambut rontok. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here