Stres? Relaksasikan Tubuh dengan Konsumsi Buah Mangga

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Siapa yang tidak menyukai buah mangga, semua orang menyukainya mulai dari muda hingga yang tua. Di Indonesia, buah mangga sangat mudah ditemukan di supermarket hingga pasar tradisional. Peminat buah ini pun sangat banyak bahkan disebut- sebut merupakan buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Mangga merupakan salah satu buah tropis yang nikmat dikonsumsi langsung, dibuat jus atau sebagai campuran makanan misalnya puding mangga. Buah mangga terdiri dari beberapa jenis yang memiliki rasa dan harum yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Selain rasanya yang nikmat, ternyata buah mangga juga memiliki banyak manfaat. Mangga memiliki kandungan kalium, vitamin A serta vitamin C yang berguna bagi kesehatan tubuh. Mangga juga kaya antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh serta kesehatan gusi Anda. Vitamin B6 yang terkandung dalam buah mangga bermanfaat untuk membantu meningkatkan fungsi otak. Hal itu karena buah tropis tersebut mampu menjaga sistem syaraf secara efisien. Mangga juga mengandung zat besi dan kalium yang baik bagi penderita anemia serta wanita hamil dan menopause.

Lalu apa kaitannya mangga dengan relaksasi tubuh? Berita baik untuk Anda seorang yang aktif dan sibuk dengan berbagai aktifitas. Aktifitas yang padat, deadline yang ketat serta menghadapi banyak klien seringkali menjadi alasan untuk seseorang mengalami stres dan tekanan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Anda dapat mengonsumsi mangga untuk merelaksasikan diri dan mengurangi stres. Mangga mengandung senyawa linalool yang bermanfaat untuk membuat seseorang yang mengonsumsinya rileks lebih cepat. The Journal of Agricultural and Food Chemistry bahkan menyebutkan hanya dengan menghirup aroma makanan yang mengandung linalool akan mampu meredakan stres dan membantu kita menjadi lebih rileks. Selain itu, linalool juga bermanfaat untuk melawan peradangan dan depresi serta menginduksi tidur. Disarankan untuk mengonsumsi mangga secara langsung, karena jika disajikan dalam bentuk jus, akan mengurangi kandungan linaloolnya.

Jadi, bagi Anda yang ingin merelaksasikan tubuh dan meredakan stress dengan cara yang nikmat, segera konsumsi mangga. Di sela istirahat siang, setelah dari pagi hari melakukan pekerjaan Anda, mengonsumsi mangga akan membuat Anda merasa fresh untuk kembali melanjutkan pekerjaan.

Ada beberapa tips untuk memilih mangga yang baik yaitu pilihlah buah mangga dengan kulit yang licin dan mulus karena buah mangga yang matang memiliki ciri demikian. Kemudian tekanlah buah mangga tersebut, pilih yang terasa empuk, bukan yang lembek. Lalu ciumlah mangga tersebut, mangga yang matang menghasilkan bau yang harum. Yang terakhir adalah pilih mangga dengan bentuk pangkal yang membulat, warna kekuningan, terkadang dapat ditemukan bintik coklat. Namun jangan pilih mangga yang memiliki bintik hitam karena itu berarti buah mangga mulai membusuk.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here