STRETCH MARK

DEFINISI

Stretch Mark atau tanda Peregangan (striae) adalah goresan merah muda, merah atau ungu yang sering muncul di perut, dada, lengan atas, bokong dan paha dan akhirnya memudar putih atau abu-abu. Stretch Mark terutama umum pada wanita hamil, terutama selama paruh kedua kehamilan. Pengobatan dapat membuat stretch mark memudar, tetapi itu tidak akan benar-benar menghapusnya.

GEJALA

Stretch Mark tidak terlihat sama. Mereka bervariasi tergantung pada berapa lama Anda memilikinya, apa yang menyebabkan mereka dan dimana mereka berada pada tubuh Anda, serta pada jenis kulit yang Anda miliki. Variasi yang umum termasuk :

  • Garis-garis indentasi atau garis di kulit
  • Beberapa garis-garis berwarna merah muda, merah atau ungu
  • Goresan cerah yang memudar untuk warna merah muda, putih atau keabu-abuan terang

Stretch Mark umum di perut, dada, lengan atas, bokong dan paha. Kadang-kadang mereka dapat mencakup bagian besar pada tubuh.

Kapan Anda harus menemui dokter

Segera menemui dokter jika Anda khawatir tentang penampilan kulit Anda atau jika stretch mark mencakup daerah besar pada tubuh Anda. Dokter dapat membantu menentukan penyebab stretch mark dan bisa mendiskusikan pilihan penanganan yang tepat.

PENYEBAB

Stretch Mark tampaknya muncul dengan sebab tertentu, secara harfiah, oleh peregangan kulit. Stretch Mark lebih ekstrim ketika digabungkan dengan peningkatan kortison, suatu hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal. Kortison melemahkan serat-serat anjal di kulit.

Stretch Mark berkembang dalam berbagai keadaan, termasuk :

  • Kebanyakan wanita hamil mengembangkan stretch mark pada akhir kehamilan mereka. Peregangan kulit, serta faktor hormonal, mungkin memainkan peran.
  • Berat badan. Stretch Mark kadang-kadang terjadi selama penambahan berat badan. Angkat besi dapat mengembangkan stretch mark, terutama pada lengan. Remaja mungkin melihat stretch mark selama pertumbuhan menyembur.
  • Penggunaan obat. Krim kortikosteroid, lotion dan pil dan penggunaan steroid oral atau sistemik yang kronis dapat menyebabkan stretch mark.
  • Kondisi atau penyakit. Penyakit Cushing’s sindrom dan kelenjar adrenal dapat menyebabkan stretch mark yang luas, dan juga sindrom Marfan, sindrom Ehlers-Danlos dan gangguan keturunan lainnya (genetik).

FAKTOR RESIKO

Siapa pun bisa mendapatkan stretch mark, tetapi beberapa faktor meningkatkan kemungkinan untuk mendapatkan mereka, termasuk :

  • Perempuan
  • Memiliki sejarah keluarga stretch mark
  • Pernah hamil, terutama bagi perempuan muda
  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Dengan cepat memperoleh atau kehilangan berat badan, seperti dalam kasus kehamilan
  • Menggunakan obat kortikosteroid

PERSIAPAN SEBELUM KONSULTASI

Berikut adalah beberapa informasi untuk membantu Anda mempersiapkan diri untuk konsultasi.

Apa yang dapat Anda lakukan

Membuat daftar pertanyaan akan membantu Anda membuat Anda berkonsultasi secara efektif. Urutkan daftar pertanyaan Anda dari paling penting. Untuk stretch mark, beberapa pertanyaan dasar yang dapat Anda tanyakan, meliputi :

  • Apa yang mungkin menyebabkan stretch mark saya?
  • Selain kemungkinan besar penyebabnya, adakah penyebab lainya?
  • Apa tindakan terbaik yang dapat Saya lakukan?
  • Apa pilihan perawatan tersedia untuk saya dan pro dan kontra untuk masing-masing perawatan?
  • Apa hasil yang bisa saya harapkan?

Jangan ragu untuk bertanya pada setiap saat selama wawancara.

Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter

Dokter Anda mungkin untuk mengajukan beberapa pertanyaan, seperti :

  • Kapan Anda pertama kali melihat stretch mark?
  • Apakah Anda memiliki gejala lain?
  • Apa obat yang Anda ambil?
  • Apakah Anda secara teratur menggunakan krim kulit kortison?

TES DAN DIAGNOSIS

Stretch Mark biasanya didiagnosis berdasarkan pemeriksaan kulit dan meninjau riwayat kesehatan Anda. Dokter akan mengajukan pertanyaan tentang tanda-tanda dan gejala, obat-obatan yang Anda ambil dan kondisi medis lainya.

Jika dokter menduga Anda berada pada peningkatan produksi kortisol, ia dapat merekomendasikan tes tambahan.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN

Meskipun mereka bisa jadi karena kekhawatiran akan kosmetik, stretch mark tidak berbahaya dan sering memudar dari waktu ke waktu. Mereka tidak memerlukan pengobatan. Jika Anda mencari perawatan untuk stretch marks, perlu Anda ketahui bahwa hanya sebagian perawatan yang efektif dan tidak akan menghapus stretch mark sepenuhnya.

Perawatan berikut termasuk di antara mereka yang tersedia untuk membantu meningkatkan munculnya stretch mark. Tak satu pun terbukti lebih konsisten berhasil daripada yang lain.

  • Krim Tretinoin. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa krim tretinoin (Retin-A, Renova, Avita) mungkin meningkatkan munculnya stretch mark, orang-orang yang kurang dari beberapa bulan tua dan masih merah muda atau merah warna. Jika Anda hamil atau menyusui, dokter Anda dapat memilih untuk menunda terapi retinoid topikal atau memilih pengobatan alternatif. Tretinoin, ketika bekerja, membantu untuk membangun kembali kolagen, membuat tanda peregangan yang terlihat lebih seperti kulit normal. Tretinoin dapat mengiritasi kulit Anda. Perawatan ini tidak efektif pada stretch mark tua.
  • Terapi laser. Laser terapi menggunakan panjang gelombang cahaya yang intens untuk merangsang pertumbuhan produksi kolagen, elastin atau melanin dalam kulit Anda. Dokter dapat membantu Anda menentukan jenis teknologi laser yang sesuai untuk Anda, tergantung pada usia dan lokasi stretch mark dan warna kulit Anda.
  • Jenis pengobatan ini melibatkan perangkat genggam yang bertiup kristal ke kulit. Kristal ini mengikis lembut permukaan kulit. Kemudian, tabung vakum menghilangkan kristal dan sel-sel kulit. Mikrodermabrasi lembut menghilangkan lapisan paling atas kulit, mendorong pertumbuhan kulit baru yang lebih elastis. Terapi ini adalah pilihan untuk stretch mark tua.

Bekerja dengan dokter Anda untuk memilih perawatan yang paling sesuai. Faktor yang perlu dipertimbangkan termasuk :

  • Usia stretch mark
  • Kenyamanan terapi-terapi yang berbeda dalam jangka waktu dan frekuensi sesi
  • Biaya komestik pilihan dan biasanya tidak dilindungi oleh asuransi kesehatan
  • Harapan Anda, biasanya hanya sebagian perawatan yang efekif.

GAYA HIDUP DAN PERAWATAN DI RUMAH

Anda mungkin pernah melihat krim, salep, dan produk-produk lain yang mengklaim untuk mencegah atau mengobati stretch mark. Produk ini, sering mengandung mentega kakao, vitamin E atau Asam glikolat yang tidak berbahaya, tetapi mereka mungkin tidak akan membantu banyak. Stretch Mark biasanya memudar dan menjadi kurang terlihat dari waktu ke waktu dan tidak memerlukan perawatan diri tertentu atau rumahan.

PENGOBATAN ALTERNATIF

Banyak terapi alternatif mengklaim untuk mengobati stretch mark, termasuk tanaman ekstrak gotu kola, minyak zaitun, atau kombinasi dari tumbuhan, vitamin dan buah asam. Tidak ada bukti bahwa produk ini bekerja dengan baik. Jika Anda sedang hamil, periksa dengan dokter Anda sebelum menggunakan alternatif produk yang mengklaim untuk mengobati atau mencegah stretch mark.

PENCEHAGAN

Tidak ada cara untuk mencegah stretch mark, bahkan jika Anda menggosokan banyak krim, minyak dan lotion pada kulit Anda. Cara terbaik untuk mengurangi kemungkinan mendapatkan stretch mark adalah untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Selama kehamilan, Anda akan menambah berat badan selama waktu relatif singkat. Bekerja dengan dokter Anda untuk menghindari kenaikan berat badan berlebihan tidak hanya untuk mengurangi stretch mark, tetapi untuk memberikan kesehatan yang baik untuk Anda dan bayi Anda serta dengan makan baik dan berolahraga.