Sudah Pernah Dengar Hypno Birthing? Bagi Wanita Hamil, Yuk Cari Tahu!

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Anda pernah mendengar hypno birthing? Jika belum, ada baiknya Anda mencari tahu apa itu hypno birthing. Tak kenal, maka tak sayang, bukan?

Hypno birthing merupakan suatu metode bagi wanita hamil dengan melakukan relaksasi mendalam. Tujuannya untuk mempersiapkan proses kelahiran normal yang lancar, nyaman, dan rasa sakit yang minimum. Metode ini mengajarkan ibu hamil untuk menenangkan pikiran. Caranya dengan fokus dan konsentrasi. Pikiran manusia dapat dilatih untuk mengalihkan rasa ketidaknyamanan menjadi tekanan  ringan saja. Dalam proses persalinan, hal ini juga bisa digunakan.

Metode hypno birthing berisikan cara pernapasan yang tepat untuk mencapai kondisi rileks dan menyehatkan tubuh. Selain itu, metode ini juga menyertakan self-hypnosis dengan kalimat afirmasi dan sugesti di dalamnya. Dalam keadaan hipnosis, sugesti positif akan terekam di alam bawah sadar pelakunya.

Seorang ibu hamil bisa mempelajari hypno birthing melalui peragaan oleh hypnotherapist. Di samping itu, visualisasi melalui internet atau DVD juga bisa menjadi media pembelajaran. Hebatnya, metode ini bisa dilakukan seorang diri hampir di mana saja. Yang penting, lokasinya memiliki suasana yang nyaman dan cocok untuk melakukan relaksasi tanpa gangguan. Alunan musik tenang dan aromaterapi yang aman bagi janin bisa menambah kenyamanan ibu hamil kala melakukan hypno birthing.

Hypno birthing tidak memerlukan obat-obatan. Ingat, tujuan metode ini adalah agar ibu hamil dapat melahirkan dengan nyaman dan menghilangkan rasa sakit melahirkan tanpa bantuan obat bius apapun. Efektivitas hypno birthing tergantung pada niat si ibu, bukanlah obat-obatan.

Memang, rasa sakit kerap muncul saat kontraksi persalinan. Rasa sakit ini pula yang banyak menggelayuti pikiran ibu hamil menjelang persalinan. Tak sedikit ibu hamil yang kemudian stres atau merasa cemas yang berlebihan. Sebenarnya, kondisi ini bisa memperburuk keadaan.

Rasa sakit akan bertambah bila si ibu panik dan takut. Jika kepanikan dan ketakutan melanda ibu hamil, otot rahim akan menegang. Inilah yang menyebabkan rasa sakit semakin parah. Jadi, hypno birthing dapat membantu rileks-nya otot rahim sehingga meminimalisir rasa sakit yang terjadi, terlebih pada tahap pembukaan akhir. Namun perlu dicatat, keberhasilan menghilangkan rasa sakit akan berbeda pada setiap ibu.

Secara garis besar, manfaat hypno birthing adalah sebagai berikut:

  • Melatih ibu hamil untuk selalu rileks, bersikap tenang, dan mengendalikan emosi.
  • Ketenangan emosi ini tidak hanya bisa dirasakan saat hamil, tapi juga setelah melahirkan.
  • Emosi yang stabil akan berdampak positif pada orang-orang di sekitarnya.
  • Ikatan batin ibu dan janin akan terasa lebih erat karena adanya getaran gelombang pikiran ibu kepada janin.

Idealnya, hypno birthing dilakukan sejak awal masa kehamilan, yakni pada trimester pertama. Pada awal kehamilan, seorang ibu hamil mengalami perubahan hormonal yang sangat drastis. Dampak  perubahan hormonal ini dapat terkendali melalui hypno birthing. Meski paling tepat dilakukan sejak awal kehamilan, metode ini juga bisa diterapkan di trimester akhir. Tapi, waktu untuk berlatih hypno birthing akan lebih singkat mengingat masa kelahiran telah dekat.

Sebenarnya metode hypno birthing bisa dimulai dari keyakinan bahwa melahirkan itu tidak selamanya menakutkan. Dengan persiapan menyeluruh, baik dari segi fisik dan psikologis, dapat membantu si ibu hamil melahirkan dengan jauh lebih nyaman dan sekaligus memperkecil risiko gangguan pada saat persalinan. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY