Suka Mewarnai Rambut? Ini Tips untuk Merawatnya!

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Maksud hati ingin tampil trendi, tidak sedikit wanita yang mewarnai rambutnya. Sayangnya, terlalu sering mewarnai rambut mengandung risiko. Apalagi bila rambut tidak dirawat dengan benar.

Nah, kalau Anda sering mewarnai rambut, lakukanlah beberapa tips berikut ini untuk merawatnya:

  • Jangan keramas sebelumnya

Jangan keramas selama dua hari sebelum mewarnai rambut Anda. Hal ini bertujuan untuk menghindari kulit kepala teriritasi yang mungkin disebabkan oleh shampoo, hairspray, atau jari Anda.

  • Gunakan dry shampoo

Keramaslah hanya tiap dua sampai tiga kali dalam seminggu. Lebih jarang lebih bagus. Di hari lainnya, Anda bisa gunakan dry shampoo khusus rambut yang diwarnai. Jika Anda memang ingin keramas, gunakan air dingin dan gunakan shampoo bebas sulfat.

  • Pakai clarifying shampoo

Sebelum mengganti warna rambut baru, bersihkan rambut dengan clarifying shampoo.

  • Gunakan masker rambut

Aplikasikan masker rambut untuk menjaga kesehatan dan kelembaban rambut. Masker rambut juga berfungsi untu mencegah rambut bercabang.

  • Minimalkan alat penata rambut

Rambut yang diwarnai memang lebih rentan pada proses penataan rambut, terutama yang melibatkan panas, seperti hair dryer dan catok rambut. Jika tidak diperlukan, minimalkan penggunaan alat-alat tersebut.

  • Pakai minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung nutrisi untuk menjaga kesehatan rambut. Caranya cukup mudah, usapkan satu hingga dua sendok teh minyak zaitun ke kulit kepala. Pijat secara perlahan lalu diamkan 20 hingga 30 menit. Kemudian, cuci seperti biasa. Rambut jadi berkilau dan lembut.

  • Gunakan madu

Alpa merawat rambut yang diwarnai bisa membuat rambut jadi kering dan mudah rontok. Jika ini terjadi, coba atasi dengan menggunakan madu. Ambil dua hingga tiga tetes madu. Lalu, campurkan pada shampoo atau kondisioner. Usapkan merata ke seluruh rambut, diamkan sebentar lalu cuci bersih.

  • Pisang + yogurt

Selain sedap dikonsumsi langsung, pisang juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan rambut. Agar rambut bebas dari masalah rambut kering dan rusak karena penggunaan cat rambut, cukup campurkan pisang yang sudah dihaluskan dengan yogurt. Aplikasikan ke rambut secara merata, dari ujung hingga pangkal rambut. Kemudian, diamkan selama 20 menit. Selanjutnya, keramas seperti biasa. Lakukan secara teratur dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

  • Lindungi saat berolah raga

Anda suka hobi berenang atau rekreasi ke waterpark? Jika ya, lindungi rambut Anda. Kolam renang umum dan waterpark biasanya mengandung klorin di dalam airnya yang akan mempercepat lunturnya warna pada rambut. Kalau memang terpaksa harus ‘nyebur’ ke kolam renang atau waterpark, pakailah swimming cap untuk melindungi rambut Anda. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here