SUMBATAN KOTORAN DI TELINGA

DEFINISI

Penyumbatan Kotoran di telinga terjadi ketika kotoran di telinga (cerumen) terakumulasi atau menjadi sulit untuk dihapus secara alami. Kotoran telinga adalah berguna dan bagian alami dari pertahanan tubuh Anda. Itu membersihkan, melumasi dan melindungi saluran telinga Anda dengan menjebak kotoran dan memperlambat pertumbuhan bakteri.

Jika penyumbatan kotoran di telinga menjadi masalah, Anda atau dokter Anda dapat mengambil langkah-langkah sederhana untuk menghapus kotoran dengan aman.

GEJALA

Tanda dan gejala dari penyumbatan kotoran telinga dapat mencakup :

  • Sakit telinga
  • Perasaan kenyang di telinga
  • Dering atau suara-suara di telinga (tinnitus)
  • Penurunan mendengar di telinga yang terkena
  • Pusing
  • Batuk

Kapan Anda harus menemui dokter

Jika Anda mengalami tanda dan gejala dari penyumbatan kotoran di telinga, bicarakan dengan dokter Anda. Tanda dan gejala dapat menunjukkan kondisi lain. Anda mungkin berpikir Anda dapat menangani kotoran telinga Anda sendiri, tetapi tidak ada cara untuk mengetahui jika Anda memiliki kotoran telinga yang berlebihan tanpa seseorang, biasanya dokter melihat ke dalam telinga Anda. Memiliki tanda-tanda dan gejala, seperti sakit telinga atau penurunan kualitas pendengaran tidak selalu berarti Anda memiliki penumpukan kotoran. Ada kemungkinan Anda memiliki kondisi medis lain yang melibatkan telinga Anda yang mungkin perlu diperhatian.

Penghapusan kotoran paling aman dilakukan oleh dokter. Kanal dan gendang telinga Anda halus dan dapat rusak dengan mudah karena kelebihan kotoraa. Jangan mencoba untuk menghilangkan kotoran telinga sendiri dengan perangkat yang ditempatkan ke dalam saluran telinga Anda, terutama jika Anda pernah melakukan bedah telinga, memiliki lubang (perforasi) di gendang telinga, atau memiliki sakit telinga atau drainase. Anak-anak biasanya memeriksa telinga mereka sebagai bagian dari setiap pemeriksaan medis. Jika perlu, dokter dapat menghapus kelebihan kotoran telinga selama mengunjungi kantor.

PENYEBAB

Kotoran di telinga Anda dikeluarkan oleh kelenjar di kulit yang melapisi paruh luar kanal telinga Anda. Lilin dan rambut-rambut kecil dalam bagian ini menjebak debu dan partikel asing lainnya yang dapat merusak struktur yang lebih dalam, seperti gendang telinga Anda.

Pada kebanyakan orang, sejumlah kecil dari kotoran telinga secara teratur membuat jalan ke pembukaan telinga, dimana itu adalah dicuci pergi atau jatuh keluar seperti lilin yang baru dikeluarkan untuk menggantikannya. Jika Anda mengeluarkan jumlah berlebihan atau jika kotoran telinga tidak dibersihkan secara efektif, itu mungkin akan membangun dan memblokir saluran telinga Anda.

Penyumbatan Kotoran telinga sering terjadi ketika orang mencoba untuk membersihkan telinga mereka sendiri dengan menempatkan cotton Swab atau item lainnya di telinga mereka. Ini sering hanya mendorong kotoran lebih dalam, daripada menghapusnya.

PERSIAPAN SEBELUM KONSULTASI

Anda mungkin memulai dengan melihat dokter keluarga Anda atau dokter umum. Dalam beberapa kasus yang jarang, namun, Anda dapat dirujuk ke dokter spesialis dalam gangguan telinga (otolaryngologist).

Alangkah baik jika Anda mempersiapkan daftar pertanyaan. Dokter mungkin juga bertanya, seperti :

  • Berapa lama Anda telah mengalami gejala seperti sakit atau kesulitan mendengar?
  • Apakah Anda memiliki drainase apapun dari telinga Anda?
  • Pernahkah Anda mengalami sakit telinga, kesulitan mendengar atau drainase di masa lalu?
  • Apakah gejala Anda secara terus-menerus atau hanya sesekali?

 Apa yang dapat Anda lakukan sementara

Jangan mencoba untuk menggali kotoran telinga dengan cotton Swab atau item lainnya seperti jepit rambut atau tutup pena. Ini dapat mendorong kotoran lebih jauh ke dalam telinga dan menyebabkan cedera serius pada kanal atau gendang telinga.

TES DAN DIGANOSIS

Dokter dapat menentukan apakah Anda memiliki penyumbatan kotoran telinga dengan melihat di telinga Anda dengan alat khusus dan membersihkan telinga bagian dalam Anda (otoscope).

PERAWATAN DAN PENGOBATAN

Dokter dapat menghapus kelebihan lilin menggunakan alat kecil, melengkung yang disebut curet atau dengan menggunakan penghisap sementara memeriksa telinga. Dokter juga dapat membilas lilin dengan menggunakan memilih air atau karet bohlam jarum suntik yang penuh dengan air hangat.

Jika penumpukan kotoran telinga berulang, dokter dapat merekomendasikan Anda menggunakan obat penghapusan kotoran, seperti carbamide peroksida (Debrox, tumore penghapus kotoran telinga). Karena obat tetes ini dapat mengiritasi gendang telinga kulit halus dan telinga kanal, gunakan sesuai petunjuk.

GAYA HIDUP DAN PERAWATAN DI RUMAH

Jika gendang telinga Anda tidak berisi tabung atau memiliki lubang di dalamnya, langkah-langkah perawatan diri ini dapat membantu Anda menghapus kelebihan kotoran telinga yang memblokir saluran telinga Anda :

  • Melunakkan lilin. Menggunakan pipet untuk menerapkan beberapa tetes minyak bayi, minyak mineral, gliserin atau hidrogen peroksida di saluran telinga Anda.
  • Gunakan air hangat. Setelah beberapa hari, ketika lilin melunak, gunakan jarum suntik bohlam karet lembut untuk menyemprotkan air hangat ke saluran telinga Anda. Miringkan kepala Anda dan tarik telinga luar dan kembali untuk meluruskan saluran telinga Anda. Ketika selesai pengairan, miringkan kepala ke sisi untuk membiarkan air mengalir keluar.
  • Mengeringkan saluran telinga Anda. Ketika selesai, keringkan telinga luar perlahan-lahan dengan handuk atau pengering genggam.

Anda mungkin perlu untuk mengulang pelunak kotoran dan prosedur irigasi beberapa kali sebelum kelebihan kotoran telinga jatuh keluar. Namun, obat pelunak mungkin hanya melonggarkan lapisan luar lilin dan menyebabkannya semakin lebih dalam ke saluran telinga atau gendang telinga. Jika gejala-gejala Anda tidak berkurang setelah beberapa kali perawatan, segera hubungi dokter Anda.

Kotoran telinga kit pembersih tersedia di toko-toko dan dapat efektif menghilangkan penumpukan lilin. Mintalah dokter Anda untuk saran bagaimana cara yang benar memilih dan menggunakan metode alternatif memilih penghapus kotoran telinga.

Jangan mencoba untuk menggalinya

Jangan Pernah mencoba untuk menggali kotoran telinga berlebihan atau mengeras dengan item yang tersedia, seperti klip kertas, kapas atau jepit rambut. Anda dapat mendorong lilin lebih jauh ke dalam telinga dan menyebabkan kerusakan serius lapisan telinga kanal atau gendang telinga Anda.

PENGOBATA ALTERNATIF

Beberapa orang menggunakan candling telinga, teknik yang yang melibatkan menempatkan menyala lilin, berongga, berbentuk kerucut ke telinga, untuk mencoba untuk menghilangkan kotoran telinga. Teori adalah bahwa panas dari api akan membuat segel vakum dan kotoran telinga akan mematuhi lilin.

Namun, candling telinga bukanlah perawatan yang direkomendasikan untuk penyumbatan kotoran telinga. Penelitian telah menemukan bahwa candling telinga tidak bekerja, dan dapat mengakibatkan cedera, seperti luka bakar, penghalang telinga kanal dan bahkan perforasi. Berbicara dengan dokter Anda sebelum mencoba n pengobatan alternatifapapu untuk menghilangkan kotoran telinga.